Apa Obat Sakit Telinga Bagian Dalam
cloudfront

Apa Obat Sakit Telinga Bagian Dalam? Yuk Simak Rekomendasinya!

Sobat hawksedges kali ini akan merekomendasikan apa obat sakit telinga bagian dalam yang mudah untuk dicoba.

Selain nyeri, infeksi telinga juga menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, bahkan mempersulit aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada banyak obat kuping yang bisa Anda coba.

Infeksi kuping biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Risiko infeksi bahkan lebih tinggi jika Anda memiliki alergi, pilek, atau gangguan saluran pernapasan bagian atas.

Lebih dari sekadar rasa sakit, infeksi dapat menyebabkan demam, masalah keseimbangan, dan gangguan pendengaran.

Secara umum, anak-anak lebih rentan mengalami sakit telinga daripada orang dewasa. Soalnya, saluran kemih anak lebih pendek.

Apa Obat Sakit Telinga Bagian Dalam
media.lifepal

Apa Obat Sakit Telinga Bagian Dalam?

Untuk mencegah infeksi semakin parah, cobalah beberapa perawatan yang tersedia di rumah:

1. Kompres

Mengutip Singlecare.com, kompres dingin dan hangat bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati kuping.

Sebagai tip, gunakan kemasan dingin dan hangat secara bergantian setiap 10-15 menit. Cara ini cukup efektif terutama untuk anak-anak.

2. Vitamin D

Obat sakit telinga berikutnya yang bisa Anda coba adalah vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari makanan, suplemen atau sinar matahari. Dengan cara ini, sistem kekebalan tubuh diperkuat sehingga infeksi dapat diatasi dengan lebih mudah.

3. Minyak bawang putih

Apa obat sakit telinga bagian dalam? Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati kuping adalah minyak bawang putih. Bawang putih mengandung sifat antibakteri, antijamur dan antivirus yang efektif melawan infeksi virus dan bakteri penyebab sakit kuping.

Anda dapat membeli minyak bawang putih dari pasar dan kemudian mengoleskannya di kuping Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat mempersiapkan diri dengan mencampurkan bawang putih yang dihancurkan dengan minyak zaitun.

4. Jahe

Seperti yang dilaporkan Singleare.com, jahe apa obat sakit telinga bagian dalam? iya betul, jahe cocok untuk sakit kuping. Ini adalah bahan alami dengan sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan akibat infeksi.

Namun, perlu diingat bahwa jahe tidak boleh digunakan langsung di kuping karena dapat menimbulkan efek samping.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel apa obat sakit telinga bagian dalam? Cuka sari apel tidak boleh diabaikan sebagai salah satu bahan alami dalam pengobatan kuping karena sifat antibakterinya. Pertama, Anda perlu mencampur cuka sari apel dan air hangat proporsi yang sama.

Kemudian oleskan campuran tersebut ke saluran kuping dengan pipet. Selain pipet, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan campuran ini untuk memudahkan cuka sari apel mencapai kuping Anda.

6. Tidur dengan posisi yang tepat

Apa obat sakit telinga bagian dalam? Yaitu atur posisi tidur supaya kuping senantiasa tegak semacam Kamu lagi duduk. Apabila tidur dengan posisi duduk tidak aman untuk Kamu, istirahatlah dengan menganjal kepala di 2 bantal ataupun lebih.

Posisi ini dapat mendesak cairan di kuping buat mengalir lebih mudah sehingga bisa kurangi tekanan serta rasa sakit kuping . Apabila rasa sakit cuma terasa di satu bagian kuping, tidur menyamping bertentangan arah dengan posisi telinga yang sakit pula bisa menolong.

7. Mensterilkan telinga

Apa obat sakit telinga bagian dalam?Sakit kuping bagian dalam bisa diatasi dengan teratur mensterilkan bagian luar kuping dengan kassa ataupun kain bersih yang dicelupkan dengan air hangat. Bilas kuping bagian luar secara lambat- laun.

Kamu tidak butuh mengeduk bagian dalam kuping dengan cotton bud sebab malah hendak mendesak kotoran ke dalam serta berpotensi melukai gendang kuping sehingga menimbulkan peradangan.

Apa Obat Sakit Telinga Bagian Dalam Secara Medis?

Pemberian obat- obatan kedokteran sebaiknya dicoba kala perawatan rumahan di atas tidak membagikan pengaruh pada sakit kuping Kamu. Mayoritas obat kuping di apotik membutuhkan formula dokter buat bisa Kamu pakai sendiri. Indikasi peradangan kuping umumnya hendak membaik dalam sebagian hari awal, serta sebagian besar bisa sembuh sendiri dalam 1- 2 pekan.

Lekas memeriksakan ke dokter bila kuping tidak kunjung lenyap lebih dari waktu ditaksir di atas, terlebih bila diiringi demam yang besar.

Apa obat sakit kuping bagian dalam? secara kedokteran dipecah ke dalam kelompok berikut:

1. Terapi nyeri

Sebagian obat kuping yang masuk dalam kelompok ini, di antara lain:

  • Pereda nyeri

Rasa perih pada sakit telinga kadangkala tidak tertahankan, buat mengatasinya Kamu bisa komsumsi obat pereda perih, semacam paracetamol ataupun ibuprofen, yang dapat didapatkan di apotek. Jauhi pemakaian aspirin pada kanak- kanak serta anak muda sebab dapat menimbulkan sindrom Reye.

  • Anestesi lokal/obat bius tetes

Dokter kadangkala meresepkan anestesi dalam wujud obat tetes buat melenyapkan rasa sakit di kuping, sepanjang gendang kuping di dalamnya tidak mempunyai lubang ataupun robek. Obat tetes tipe ini umumnya memiliki benzocaine selaku zat aktifnya.

Obat ini biasanya digabungkan dengan Antipyrine selaku analgesik buat kurangi rasa sakit serta infeksi, gliserin buat melunakkan penyumbat kotoran kuping, ataupun zinc asetat yang bisa menolong melindungi kulit kuping.

2. Terapi antibiotik

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, pemakaian antibiotik minum buat menyembuhkan peradangan kerapkali tidak diperlukan pada peradangan kuping tengah serta luar.

Antibiotik biasanya direkomendasikan oleh dokter selaku salah satu metode menyembuhkan sakit kuping bagian dalam, semacam amoksisilin ataupun kloramfenikol, dibutuhkan buat menyembuhkan permasalahan parah yang diisyarati dengan peradangan kuping tidak membaik sehabis 3 hari ataupun terdapatnya cairan yang keluar dari kuping.

Antibiotik dalam wujud obat tetes umumnya diresepkan buat menjaga otitis media supuratif kronis, di mana gendang kuping robek ataupun mempunyai lubang. Umumnya dokter hendak menyedot cairan yang terdapat di dalam saluran kuping saat sebelum membagikan antibiotik tetes ini.

3. Pengobatan penimbunan cairan

Apa obat sakit telinga bagian dalam? Apabila sakit kuping bersinambung serta mempunyai komplikasi yang sungguh- sungguh, cairan hendak terus menumpuk di kuping ( otitis media dengan efusi) serta hendak terjalin peradangan yang kesekian dalam jangka panjang( otitis media kronis).

Bila telah begini, dokter hendak melaksanakan pembedahan kecil yang diucap myringotomy. Prosedur ini dicoba buat menyedot cairan keluar dari kuping tengah dengan menempatkan tabung kecil yang bisa jadi ventilasi pada kuping sehingga cairan bisa keluar serta penimbunan cairan bisa dicegah.

Buat mengembalikan kuping pada keadaan yang sehat, Kamu bisa berupaya cara- cara di atas, yang diimbangi dengan senantiasa melindungi kebersihan kuping, jauhi asap rokok, serta tidak memakai cotton bud buat mensterilkan kotoran kuping.

Bisakah Sakit Telinga Dicegah?

Terdapat sebagian aksi yang dapat Kamu jalani buat menghindari sakit kuping. Beberapa upaya apa obat sakit telinga bagian dalam? antara lain:

  • Menyudahi merokok
  • Menjauhi asap rokok
  • Keringkan kuping sehabis berenang ataupun mandi
  • Proteksi kuping dari benda- benda asing yang hendak masuk ke dalamnya
  • Jauhi benda- benda yang bisa merangsang alergi semacam debu ataupun serbuk sari

Bila sehabis melaksanakan upaya penangkalan Kamu senantiasa merasakan sakit kuping, lekas bertanya dengan dokter. Penindakan secepat bisa jadi bisa menghindari keadaan yang Kamu natural terus menjadi parah.

Pemicu Sakit Telinga Bagian Dalam

Anatomi kuping dipecah jadi 3 bagian, ialah:

  1. Telinga luar, yang terdiri dari bagian- bagian yang dapat kalian amati di luar badan, semacam daun kuping, lubang, serta saluran kuping sampai gendang kuping.
  2. Telinga tengah, yang terdiri dari gendang kuping serta tulang rungu( inkus, maleus, serta stapes).
  3. Telinga bagian dalam, yang terdiri dari saluran separuh bundaran berisi cairan, koklea berupa siput, saraf vestibular, serta saraf rungu.

Sakit pada bagian kuping dalam dapat terjalin kala kuping tengah ataupun kuping bagian dalam hadapi permasalahan, semacam peradangan, iritasi, ataupun infeksi.

Peradangan kuping merupakan pemicu sangat universal dari sakit pada bagian kuping dalam. Peradangan dapat terjalin di bagian kuping mana saja, tercantum di telinga tengah serta kuping bagian dalam.

Pemicu peradangan di kuping tengah umumnya merupakan kuman ataupun virus yang kerap disebabkan oleh penyakit lain, semacam pilek, flu, ataupun alergi. Tidak hanya sakit kuping, indikasi lain yang dapat terjalin, antara lain demam serta keluarnya cairan dari saluran kuping.

Peradangan kuping bagian dalam ataupun otitis interna pula dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian telinga dalam. Penyebabnya yang sangat universal merupakan peradangan virus, semacam virus influenza, virus herpes, virus Epstein- Barr, serta polio.

Pada permasalahan yang tidak sering, peradangan kuping bagian dalam pula dapat diakibatkan oleh kuman. Sedikit berbeda dari otitis media, peradangan kuping bagian dalam menimbulkan indikasi, semacam pusing ataupun sensasi berbalik( vertigo), mual serta muntah, permasalahan dengan penyeimbang ataupun berjalan, kendala rungu di satu kuping, demam, serta telinga berdenging.

Inilah penjelasan tentang apa obat sakit telinga bagian dalam secara alami maupun medis dan pemicu sakit kuping bagian dalam. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehatan kuping Anda. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.