Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi Yang Mengeras
cloudinary

Ketahui Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi Yang Mengeras Dengan Benar

Ketauilah cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras dengan benar pada artikel berikut ini. Membersihkan dan menjaga kebersihan kuping bayi sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh lainnya. Membersihkan kuping bayi juga harus dilakukan dengan hati-hati agar bayi merasa paling aman dan nyaman.

Sebelum ibu mengetahui cara membersihkan kotoran kuping baby yang mengeras dengan benar, sebaiknya ibu mengetahui apa tujuan mengorek kuping baby. Salah satunya adalah untuk mengurangi risiko anak Anda terkena infeksi kuping parah. Selain itu, baby merasa lebih nyaman saat telinganya bersih.

Perlu Anda ketahui bahwa penumpukan kotoran kuping dapat menyebabkan banyak hal buruk, seperti:

  1. Telinga tidak nyaman dan gatal
  2. Sakit kuping sulit disembuhkan
  3. Gangguan pendengaran
  4. Tinitus
  5. Infeksi ovarium
  6. Otitis media
  7. Membran timpani robek

Mengerikan tidak efeknya? Itu sebabnya Anda perlu membersihkan telinga anak Anda secara teratur!

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi Yang Mengeras
cas.orami

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi Yang Mengeras

Ikuti petunjuk berikut, cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras dengan benar :

1. Siapkan handuk dan air hangat

Cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan handuk dan air hangat. Celupkan handuk ke dalam air hangat lalu peras sampai tidak ada air yang tersisa.

Kemudian usap bagian luar kuping baby dengan lembut, tetapi jangan meremas atau memutar handuk di dekat saluran kuping bayi, karena Anda takut air masuk ke kuping bab. Selain handuk, Anda juga bisa mengorek kuping bayi menggunakan bola kapas yang dibasahi air hangat.

2. Gunakan minyak zaitun atau minyak bayi

Tak jarang kotoran kuping anak mengering karena jarang dibersihkan. Jadi cara mengorek kotoran kuping baby yang mengeras, Anda bisa melembabkan bagian dalam kuping baby Anda dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil.

Cukup teteskan beberapa tetes minyak ke kuping Anda dan tunggu beberapa menit. Seiring waktu, kotoran kuping melunak dan keluar dari saluran kuping dengan sendirinya. Anda tidak perlu menggertak.

Membersihkan kuping babydengan cara ini membutuhkan waktu yang lama karena minyak zaitun tidak bisa langsung melunakkan kotoran. Untuk itu, Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Gunakan cairan pembersih jika perlu

Cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras, jika kuping anak Anda terlihat kotor dan kotoran telinganya terlihat jelas, Anda bisa menggunakan pembersih kuping. Ini adalah versi lain dari pembersihan kuping bayi.

Pembersih kuping biasanya relatif aman untuk anak Anda, tetapi jika Anda tidak yakin, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Berikut cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras dengan larutan pembersih:

  • Siapkan larutan pembersih terlebih dahulu
  • Baca instruksi pada paket cairan pembersih
  • Cuci tangan sampai bersih di bawah air mengalir
  • Pastikan anak Anda tenang saat mencuci telinganya dengan pembersih
  • Miringkan kepala bayi sehingga telinganya ke atas
  • Untuk meluruskan posisi liang kuping, Anda bisa menarik daun kuping anak.
  • Teteskan larutan pembersih dengan hati-hati ke dalam saluran kuping baby.
  • Jangan biarkan bayi mengubah posisi dan tetap miring selama 5 menit sampai pembersih kuping benar-benar masuk ke kuping.
  • Menutupi saluran kuping bayi dengan kapas untuk mencegah tumpahan cairan pembersih kuping.

4. Bawa anak Anda ke dokter THT secara teratur

Ada cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras, untuk mengorek kuping baby yang cukup efektif, yaitu dengan membawa baby ke dokter kuping, hidung, dan tenggorokan secara rutin. Dengan mengunjungi otolaryngologist. Telinga Anda akan dibersihkan secara profesional.

Oleh karena itu, bawalah anak Anda ke otolaryngologist secara rutin sebulan sekali untuk memudahkan mengorek kotoran di kuping Anda. Gangguan kuping pada baby juga bisa dihindari.

5. Pelembut serumen( cerumenolytics)

Ini diteteskan ke kuping, tercantum berbasis air( asam asetat, hidrogen peroksida, ataupun saline steril), berbahan bawah minyak( minyak zaitun), ataupun non- air, bahan- bahan berbasis minyak( karbamid peroksida dengan nama merk Debrox).

Sebagian besar bisa dibeli di apotek serta kerapkali dengan sebagian tipe perlengkapan penghilang kotoran kuping, semacam perlengkapan suntik bulb.

6. Irigasi ataupun jarum suntik telinga

Buat menghasilkan serumen dari kuping anak, metode ini ialah tata cara terkenal yang dicoba dokter dengan memakai irigasi manual ataupun elektronik.

7. Bersihkan manual

Ini tata cara lain yang terkenal. Pada tata cara ini, dokter anak secara manual melenyapkan kotoran kuping memakai kuret plastik ataupun logam ataupun perlengkapan lain.

Kotoran kuping pula bisa dihilangkan secara manual dengan menyedot keluar, tetapi Bunda bisa jadi wajib menemui spesialis THT buat melenyapkan serumen dengan metode ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Membersihkan Telinga Anak

Kotoran kuping tentu bisa mengganggu aktivitas anak Anda. Terutama ketika kotoran menumpuk terlalu banyak dan menghalangi pendengaran Anda. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkannya. Membersihkan telinga bayi cukup mudah dan sederhana.

Untuk bayi, mereka harus dibersihkan setidaknya setiap 2 minggu dengan handuk dan air hangat. Ibu harus mengorek kuping anak-anak mereka setelah mandi untuk mempersiapkan mereka dengan lebih baik. Jika kotoran tampaknya tidak terlalu menumpuk, Anda cukup mengorek area telinga luar. Tidak perlu membersihkan saluran kuping.

Namun, jika kotoran kuping menumpuk dan anak Anda merasa tidak nyaman di kuping, Anda harus meminta perawatan yang tepat ke dokter. Dokter Anda dapat memberi bayi Anda obat kumur yang aman yang dapat diinfuskan seperti yang diinstruksikan oleh dokter Anda.

Larangan Saat Membersihkan Telinga Bayi

Setelah mengetahui cara membersihkan telinga anak yang benar, Anda juga perlu mengetahui batasan membersihkan kuping anak. Orang tua perlu memperhatikan larangan ini agar tidak melakukan kesalahan fatal saat membersihkan kuping bayinya.

Apa saja larangannya?

1. Memakai kapas untuk membersihkan telinga Anda

Apakah menurut Anda penyeka kapas adalah alat yang efektif untuk membersihkan telinga anak Anda? Jika iya, buang jauh-jauh ide tersebut, Moms. Padahal, kapas diharamkan untuk membersihkan telinga, karena alih-alih membersihkan kuping, bisa menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam ke liang telinga.

Penyeka kapas juga dapat merusak telinga bayi Anda jika Anda menggunakan terlalu banyak tenaga. Karena itu, hentikan membersihkan kuping anak Anda dengan kapas!

2. Mengorek kotoran telinga dengan jari Anda

Mengorek telinga dengan jari, sangat tidak disarankan sebagai cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras. Bunda, hindari juga mengambil kotoran telinga anak dengan jari! Bahkan jika jari Anda bersih. Ini karena membersihkan telinga bayi dengan jari dapat merusak telinga bayi dan menyebabkan peradangan.

Sama seperti kapas, jari-jari Anda menyebabkan kotoran telinga menonjol ke dalam. Jadi kuping anak Anda tidak akan menjadi lebih bersih saat Anda membersihkannya dengan jari, tetapi justru akan menjadi kotor karena kotoran yang masuk.

3. Tidak langsung ke dokter jika mengalami masalah

Saat membersihkan kuping bayi Anda tetapi Anda memiliki masalah seperti kuping bagian dalam bayi Anda sakit setelah dibersihkan atau bayi Anda mudah tersinggung, Anda harus segera membawa bayi Anda ke otolaryngologist. Dokter Anda akan merekomendasikan perawatan yang tepat untuk masalah tersebut. Ibu tidak menunda-nunda!

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membersihkan kotoran telinga bayi yang mengeras dengan baik dan benar. Ketika kotoran dibersihkan dengan benar, gangguan pendengaran anak Anda seharusnya tidak terjadi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.