Peran Industri Kreatif Dalam Kemajuan Ekonomi

Peran Industri Kreatif Dalam Kemajuan Ekonomi

Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia menunjukkan tren yang semakin positif. Salah satu bagian dari ekonomi kreatif yaitu industri kreatif terus mengalami perkembangan yang pesat. Pada 2017, BEKRAF mencatat peran industri kreatif menyumbang 7,28% terhadap produk domestik bruto (PDB). Setidaknya ada 3 subsektor industri kreatif yang memiliki kontribusi penting, yakni kuliner, kerajinan, dan fashion.

Peran Industri Kreatif Dalam Kemajuan Ekonomi
i0.wp.com

subsektor fesyen berhasil menempati posisi pertama. Fashion menghasilkan pendapatan sebesar $11.964 juta, diikuti oleh kerajinan dengan $6.000 juta dan seni kuliner dengan $1.300 juta. Dengan kontribusi pendapatan yang tinggi, tak heran jika pemerintah terus mendorong sektor industri kreatif.

Besarnya kontribusi peran industri kreatif secara tidak langsung menjadikan sektor ini sebagai tulang punggung perekonomian. Potensi pengembangannya dinilai menjanjikan. Hal itu ditunjukkan dengan ketangguhan sektor ini dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Apa itu industri kreatif?

Industri kreatif adalah kegiatan ekonomi yang menggunakan bakat, keterampilan, dan kreativitas yang dimiliki oleh individu. Kegiatan tersebut membuka peluang baru bagi tersedianya lapangan kerja baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan. Di Indonesia, industri kreatif semakin populer.

Fakta bahwa industri kreatif memberikan kontribusi pendapatan yang besar membuat orang lebih tertarik untuk melakukannya. Dalam industri kreatif, setiap orang berhak untuk berpartisipasi. Karena industri ini menitikberatkan pada bakat, ide dan kreativitas seseorang. Sektor industri kreatif umumnya terdiri dari subsektor musik, fesyen, memasak, kerajinan, desain, film, permainan, dan lainnya.

Industri kreatif termasuk dalam subsistem ekonomi kreatif. Setidaknya ada 3 elemen di dalamnya. Elemen-elemen ini meliputi:

  • Industri kreatif dasar yaitu industri yang menggunakan kreativitas sebagai nilai tambah utamanya.
  • Industri kreatif terbelakang merupakan industri yang menjadi input bagi industri kreatif dasar.
  • Forward link industri kreatif yang merupakan output dari industri kreatif utama dan menjadi input bagi industri lainnya.

Kondisi industri kreatif Indonesia saat ini sedang menjadi sorotan. Pasalnya, sektor industri kreatif mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia. Memang, menurut Focus Economy Outlook 2020, ekonomi kreatif mampu menyumbang 1.100 triliun rupiah terhadap PDB Indonesia di tahun 2020. Hal ini juga menunjukkan bahwa industri kreatif mampu bertahan dalam segala dinamika.

Ciri-ciri industri kreatif

Industri kreatif pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 oleh John Howskin yang kemudian melahirkan ide-ide baru dalam sistem ekonomi dunia. Sistem ekonomi dalam industri kreatif memiliki karakter tersendiri. Kegiatan ekonomi dapat dikatakan sebagai industri kreatif jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Hasil kreasi intelektual

Industri kreatif merupakan kegiatan ekonomi yang mengedepankan ide dan pengetahuan. Keberadaan kreasi intelektual menjadi bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia industri kreatif, sebaiknya kuasai atau tingkatkan bakat dan keterampilan yang dimiliki.

2. Produk yang mudah diganti

Dalam industri kreatif, setiap produk memiliki siklus hidup. Oleh karena itu, hal ini mendorong penciptaan dan inovasi yang berkelanjutan. Sehingga produk baru dapat terus diciptakan.

3. Berdasarkan sebuah ide

Industri kreatif adalah kegiatan ekonomi berbasis ide. Oleh karena itu, ide merupakan hal utama yang dibutuhkan untuk mengembangkan sektor industri ini. Melalui ide-ide baru, industri kreatif dapat terus berkembang dengan produk-produk baru yang diluncurkannya.

4. Tak terbatas

Industri kreatif memiliki fitur yang tidak terbatas. Artinya, pengembangan industri kreatif tidak terbatas pada bidang-bidang tertentu saja. Produk yang mereka buat dan kegiatan yang mereka lakukan harus dapat diterapkan di berbagai bidang.

5. Perlu kerjasama

Kerjasama diperlukan untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif, termasuk industri kreatif. Setidaknya dibutuhkan 3 unsur yang dapat mensukseskan pengembangan industri kreatif. Unsur-unsur ini terdiri dari pemerintah, eksekutif perusahaan dan intelektual atau intelektual.

Keuntungan pengembangan industri kreatif

Ide dan kreativitas merupakan unsur utama dalam industri ekonomi kreatif, keberadaannya sangat berpengaruh terhadap perkembangan sektor industri ini. Adanya ide-ide inovatif menyebabkan sektor industri kreatif berkembang pesat. Oleh karena itu, tidak heran jika sektor industri kreatif menjadi penyumbang PDB terbesar.

Keberadaan industri kreatif bukan sekedar solusi baru atas kebutuhan pasar. Namun, keberadaannya juga membantu memperluas kesempatan kerja dan memungkinkan peningkatan perekonomian. Untuk itu, pemerintah sangat ingin mendorong pengembangan sektor ini. Setidaknya ada beberapa manfaat jika sektor industri kreatif dapat terus tumbuh dan berkembang.

1. Melahirkan Bisnis Startup

Munculnya berbagai tren dan gaya hidup baru tidak lepas dari pengaruh teknologi. Teknologi memungkinkan arus informasi dari berbagai belahan dunia menjadi luas. Hal inilah yang pada akhirnya mempengaruhi munculnya tren di beberapa belahan dunia.

Terlepas dari peran teknologi sebagai sarana penyebaran informasi. Teknologi juga harus bekerja untuk memudahkan manusia. Teknologi dapat menjadi solusi atas kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi umat manusia.

Anda perlu memiliki cara pandang terhadap suatu masalah dan kreativitas dalam menggunakan teknologi agar dapat memaksimalkan penggunaannya. Perspektif baru dan kekuatan kreatif inilah yang saat ini menjadi faktor pendorong lahirnya sebuah startup. Perusahaan seperti Gojek, Tokopedia dan Ruang Guru adalah sebagian kecil dari hasil ide, kreativitas dan inovasi manusia yang mampu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Lahirnya berbagai startup yang pada akhirnya menjadi solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Perusahaan mampu membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Baik perubahan pendidikan, penjualan maupun gaya hidup.

2. Menghasilkan individu yang kreatif

Perkembangan industri kreatif tidak lepas dari hasil pemikiran manusia yang kreatif. Pesatnya perkembangan ekonomi kreatif pada akhirnya mendorong masyarakat untuk terus menghasilkan pemikiran kreatif. Secara tidak langsung, kondisi ini dapat melahirkan manusia-manusia kreatif lainnya.

Kelahiran manusia kreatif saat ini juga tidak terlepas dari pengaruh teknologi. Teknologi sebagai sarana penyebaran informasi dalam hal ini berperan positif. Melalui teknologi, manusia dengan mudah memahami informasi dan dapat mempelajari pengetahuan dari mana saja dan kapan saja. Hal ini tentunya sangat membantu dalam melahirkan generasi yang kreatif.

3. Bisa membuka lapangan pekerjaan baru

Pertumbuhan industri ekonomi kreatif ditandai dengan terciptanya sektor-sektor industri di berbagai bidang. Hal ini secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Semakin banyak industri muncul, semakin luas kesempatan kerja.

Adanya peningkatan lapangan kerja, tentunya dapat membantu mengatasi angka kemiskinan sekaligus meminimalisir pengangguran. Dalam hal ini, diperlukan kerjasama pemerintah untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah harus terus mendukung sektor ekonomi kreatif.

Peran industri kreatif dalam ekonomi kreatif merupakan sektor yang potensial untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat dicapai dengan dukungan dari berbagai bagian. Terutama dari pemerintah melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, serta mampu menghasilkan sumber daya manusia yang potensial.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberikan kemudahan penyaluran pinjaman online untuk seluruh masyarakat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk informasi lebih lanjut dan tips bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *