Nama Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya
sehatq

Kenali Nama Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya Berikut Ini!

Mengenal nama organ pencernaan manusia dan fungsinya. Organ sistem pencernaan manusia yang penting bagi kehidupan. Organ pencernaan yang memiliki fungsi berbeda-beda merupakan salah satu faktor penentu kualitas dan kelangsungan hidup manusia. Rongga mulut pada usus halus dan usus besar merupakan contoh organ sistem pencernaan manusia.

Fungsi sistem pencernaan sangat penting karena semua orang membutuhkan makanan untuk hidup. Makanan tersebut dapat menunjang kelangsungan hidup seseorang jika dapat dicerna di dalam tubuh.

Selama pencernaan dalam tubuh manusia, makanan melewati berbagai organ secara berurutan. Artinya, proses pencernaan berlangsung secara bertahap hingga tubuh manusia mampu menyerap nutrisi.

Nama organ pencernaan manusia dan fungsinya dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu mekanis serta kimiawi. Keduanya terjadi melalui mekanisme yang berbeda.

Mengutip laman Sumber Belajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan, pencernaan mekanis adalah proses mengubah makanan dari bentuk besar atau kasar ke bentuk yang lebih kecil dan lebih halus. Proses pencernaan mekanis ini melibatkan gigi di rongga mulut.

Pada saat yang sama, pencernaan kimiawi adalah proses di mana makanan diubah dari bentuk aslinya menjadi zat kompleks menjadi zat yang lebih sederhana melalui enzim. Enzim adalah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk mempercepat berbagai reaksi kimia dalam tubuh manusia.

Pencernaan makanan terjadi melalui beberapa organ dalam tubuh yang membentuk sistem. From Biology 1: Revealing the Secret of Life Essence (2006), fungsi pencernaan adalah menciptakan zat-zat dari makanan yang diserap ke dalam usus halus dan akhirnya masuk ke dalam tubuh.

Nama Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya
kompasiana

Nama Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya

Sistem pencernaan manusia, baik proses mekanis maupun kimiawi, didukung oleh 5 organ utama. Lima organ sistem pencernaan manusia adalah:

  • Rongga mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus halus
  • Usus besar

Apa saja nama organ pencernaan manusia dan fungsinya? Berikut penjelasannya.

1. Fungsi rongga mulut

Nama organ pencernaan manusia dan fungsinya pertama yaitu rongga mulut, gigi bergabung secara mekanis untuk mengubah bentuk makanan kasar dan besar menjadi makanan kecil dan halus. Proses kimia juga terjadi di rongga mulut dengan adanya enzim amilase yang memecah pati menjadi maltosa.

Bagian rongga mulut yang berperan dalam pencernaan adalah gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

2. Fungsi kerongkongan

Kerongkongan adalah nama organ pencernaan manusia dan fungsinya bagian perantara yang mengangkut makanan ke perut. Kerongkongan, juga dikenal sebagai faring, adalah persimpangan jalan dari mulut ke tenggorokan (trakea) dan dari mulut ke kerongkongan.

Tabung ini, dengan panjang rata-rata 25 cm dan diameter 2 cm, tidak mencairkan makanan. Jadi fungsi utama kerongkongan adalah untuk mengangkut makanan dari rongga mulut ke organ selanjutnya.

3. Fungsi lambung

Lambung menjadi tempat berhentinya makanan saat melewati kerongkongan. Letak perut berada di rongga perut sebelah kiri, di bawah septum (selaput) rongga dada. Ini adalah tempat sementara untuk menyimpan makanan.

Ada pencernaan kimiawi di perut. Dinding perut mengeluarkan lendir dan ada cairan lambung di tengah. Cairan lambung mengandung air, asam klorida, dan enzim seperti pepsinogen, renin, dan lipase.

Fungsi beberapa zat lambung dalam pencernaan adalah sebagai berikut:

  • Asam lambung membunuh bakteri dalam makanan atau minuman, kemudian mengubah sifat protein dan mengaktifkan pepsin.
  • Pepsin adalah enzim yang menghidrolisis molekul protein menjadi peptida
  • Renin, enzim yang mengubah kaseinogen menjadi kasein. Kasein pada ion Ca2+ dalam susu menggumpal sehingga dapat dipecah oleh enzim pepsin.
  • Lipase adalah enzim yang menghidrolisis trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol.

Makanan yang disimpan di perut menjadi bubur yang disebut jarum ketika dicampur dengan cairan lambung. Ini sangat asam. Jarum secara bertahap memasuki duodenum melalui otot pilorus lambung.

4. Fungsi usus halus

Nama organ pencernaan manusia dan fungsinya selanjutnya adalah usus halus. Meminjam modul dari Jurusan Biologi Kelas XI (2020) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, usus halus terbagi menjadi duodenum, jejunum dan ileum.

Ada pencernaan kimia di usus kecil. Ini terjadi di usus, yang panjangnya rata-rata 8,25 meter.

Pada saat yang sama, duodenum memiliki pintu masuk dari saluran pankreas dan kantong empedu. Proses kosong kemudian terjadi di usus kosong, dengan enzim keluar dari dindingnya.

Ada beberapa enzim yang berbeda di usus kecil (bagian dari usus kecil) yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Enterokinase mengaktifkan tripsinogen yang diproduksi oleh pankreas menjadi tripsin
  • Laktase mengubah laktosa menjadi glukosa
  • Erepsin berguna untuk mengubah dipeptida atau pepton menjadi asam amino
  • Maltase berguna untuk mengubah maltosa menjadi glukosa
  • Disakaridase mengubah disakarida menjadi monosakarida
  • Peptidase untuk mengubah polipeptida menjadi asam amino
  • Sukrosa terlibat dalam pemecahan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
  • Lipase mengubah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak.

Setelah proses kimia di usus kosong, pencernaan berlanjut ke usus penyerapan. Ada kapiler yang diisi dengan kapiler (melompat) untuk memperluas permukaan usus. Dalam hal ini, penyerapan nutrisi berlangsung sepenuhnya.

5. Fungsi pankreas

Pankreas bisa mengehasilkan enzim ke dalam usus 2 belas jari yang memecah protein, lemak, serta karbohidrat. Pankreas pula memproduksi insulin serta meneruskannya langsung ke aliran darah. Insulin merupakan hormon utama dalam badan buat metabolisme gula.

6. Fungsi hati

Hati mempunyai banyak guna, namun tugas utamanya dalam sistem pencernaan merupakan memproses nutrisi yang diserap dari usus kecil. Empedu dari hati yang dikeluarkan ke usus halus pula memainkan kedudukan berarti dalam mengolah lemak serta sebagian vit. Hati pula berperan mendetoksifikasi bahan kimia beresiko ataupun beracun.

Kantong empedu Kantung empedu berperan menaruh serta memekatkan empedu dari hati, serta setelah itu melepaskannya ke dalam usus 2 belas jari di usus kecil buat menolong meresap serta mengolah lemak.

7. Fungsi usus besar

Nama organ pencernaan manusia dan fungsinya berikutnya adalah usus besar, tempat makanan melakukan perjalanan berikutnya setelah usus kecil. Namun, makanan yang masuk ke usus besar diserap ke dalam nutrisi di usus kecil.

Usus besar memiliki kekuatan tarik yang kuat dan fungsinya untuk menyimpan sisa makanan yang diserap di usus halus dengan kadar air yang tinggi. Air diserap ke dalam usus besar. Jika kandungan air sisa pakan rendah, usus besar akan mengisinya kembali.

8. Fungsi Rektum

Rektum merupakan ruang lurus 8 inci yang menghubungkan usus besar ke anus. Tugas rektum merupakan menerima tinja dari usus besar serta mengirim sinyal terdapat tinja yang wajib dievakuasi( dibuang keluar) serta memegang tinja hingga evakuasi terjalin.

9. Fungsi Anus

Anus merupakan nama organ pencernaan manusia dan fungsinya bagian terakhir dari saluran pencernaan. Organ ini berupa saluran selama 2 inci ataupun 5, 08 centimeter yang terdiri dari otot- otot bawah panggul serta 2 sfingter anal( internal serta eksternal). Anus dikelilingi oleh otot- otot sfingter yang berarti dalam membolehkan mengendalikan pengeluaran tinja.

Otot bawah panggul menghasilkan sudut antara rektum serta anus yang bisa menghentikan tinja keluar kala itu tidak sepatutnya. Sfingter internal senantiasa kencang, kecuali kala feses merambah rektum. Perihal ini berperan supaya seorang dapat menghindari BAB tanpa disadari kala tidur ataupun tidak menyadari kedatangan feses.

Sisa makanan tersebut kemudian membentuk feses dengan Escherichia coli. Feses kemudian dipindahkan ke rektum. Pada saat itu, rektum berkontraksi, menyebabkan buang air besar, yaitu pengeluaran produk limbah dari proses pencernaan melalui anus. Oleh karena itu, setiap orang harus pergi ke toilet atau mengunjungi toilet secara teratur untuk menyelesaikan proses pencairan sisa makanan.

Berikut informasi tentang nama organ pencernaan manusia dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk terus dukung kami, dukungan sobat hawksedges dapat meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat lainnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.