Kurap Ayam Pada Kulit Manusia
cas.orami

Kenali Gejala Kurap Ayam Pada Kulit Manusia Berikut Ini!

Penyakit kurap ayam pada kulit manusia membuat permukaan kulit menjadi kasar, yang disertai dengan muncul bentol-bentol mirip jerawat. Penyakit ini biasanya dialami oleh mereka yang memiliki skin sangat kering. Meski bukan kondisi yang berbahaya, pengidapnya perlu menemui dokter pada kondisi-kondisi tertentu.

Kurap Ayam Pada Kulit Manusia
medkomtek

Kurap Ayam Pada Kulit Manusia

Kurap ayam pada kulit manusia adalah jenis penyakit skin yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil dan keras yang menyerupai daging ayam.

Keratosis pilaris tidak berbahaya dan tidak menyebar dari orang ke orang. Penyakit ini merupakan penyakit bawaan (bawaan).

Meskipun tidak ada cara yang tepat untuk mencegahnya, Anda tidak perlu khawatir tentang penyakitnya. Karena ada banyak pilihan perawatan berbeda yang dapat memperbaiki penampilan skin Anda dan meredakan gejala Anda.

Seberapa umumkah penyakit kurap ayam pada kulit manusia?

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang sangat umum. Diperkirakan sekitar 50-80% kaum muda dan hampir 40% orang dewasa mengalaminya.

Keratosis pilaris adalah penyakit yang dapat menyerang pasien dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada usia muda, terutama pada anak-anak. Tidak perlu khawatir, karena pada kebanyakan kasus parakeratosis pilaris menghilang dengan sendirinya pada usia 30 tahun.

Selain itu, penyakit ini bisa bertambah parah selama kehamilan dan setelah melahirkan atau remaja. Penyakit dermatologis ini paling sering terjadi pada orang dengan skin pucat. Bicaralah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala penyakit kurap ayam pada kulit manusia

Untuk memudahkan identifikasi, tanda dan gejala parakeratosis atau rosacea adalah:

  • Adanya nodul kecil yang tidak nyeri,
  • Kulit kering dan kasar di tempat pembengkakan,
  • Gejala biasanya lebih buruk selama musim kemarau atau ketika kelembaban rendah,
  • Bintil seperti amplas atau pada skin ayam dan
  • Terkadang gatal.

Jerawat datang dalam berbagai warna, mulai dari warna skin, putih, merah, merah anggur (untuk kulit terang) dan coklat tua (untuk kulit gelap).

Jerawat kecil ini dapat muncul di mana saja pada skin, tetapi yang paling umum adalah lengan atas, paha, pipi, atau bokong. Biasanya gejala kutil kelamin tidak muncul di tangan atau kaki.

Biasanya, berbagai gejala menghilang perlahan saat anak mencapai pubertas. Bila terjadi pada akhir masa remaja, kondisi tersebut akan menghilang pada usia 20 tahun. Namun, kondisi ini bisa bertahan lebih lama.

Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda khawatir tentang gejala tertentu, hubungi dokter Anda.

Kapan ke dokter untuk periksa penyakit kurap ayam pada kulit manusia?

Hubungi dokter Anda jika Anda melihat perubahan signifikan pada skin Anda tanpa alasan yang jelas.

Umumnya, dokter dapat membuat diagnosis dengan memeriksa penampilan skin dan adanya nodul bersisik.

Apa penyebab penyakit kurap ayam pada kulit manusia?

Penyebab utama keratosis pilar adalah pertumbuhan berlebih dari keratin. Keratin adalah protein keras yang melindungi skin dari zat berbahaya dan infeksi.

Ketika akumulasi terjadi, gumpalan terbentuk yang mencegah folikel rambut atau pori-pori terbuka. Penumpukan ini membuat permukaan skin tidak rata dengan munculnya benjolan kecil kering dan kasar.

Menurut laporan dari Mayo Clinic, tidak diketahui secara pasti mengapa keratin bisa menumpuk. Penyakit genetik atau kondisi skin lainnya seperti eksim adalah kemungkinan penyebab parakeratosis.

Apa faktor yang meningkatkan risiko kondisi ini?

Karena ini adalah penyakit bawaan, Anda lebih mungkin terkena jika ada anggota keluarga Anda yang menderita keratosis pilaris. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi antara lain:

  • Kamu menderita asma
  • Anda memiliki skin kering
  • Anda memiliki ruam atopik (eksim)
  • Obesitas dan
  • Anda menderita ichthyosis vulgaris, suatu kondisi yang menyebabkan skin Anda menjadi sangat kering.

Hanya karena Anda tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak memiliki masalah skin ini. Periksa dengan dokter Anda jika Anda berisiko terkena kutil kelamin.

Tes apa yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit kurap ayam pada kulit manusia?

Dengan melihat kondisi skin Anda, dokter dapat mendiagnosis masalah skin ini. Keratosis pilaris adalah penyakit yang tidak perlu dipelajari dengan prosedur apa pun selain melihatnya.

Bagaimana cara mengobati penyakit kurap ayam pada kulit manusia?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa parakeratosis dari tiang tidak dapat disembuhkan karena penyebab pastinya belum diketahui.

Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut hilang dengan sendirinya, tetapi prosesnya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Meski demikian, obat tetap diperlukan untuk mengendalikan gejalanya. Berikut adalah beberapa pilihan perawatan skin yang sering direkomendasikan oleh dokter.

1. Pelembab

Krim pelembab adalah salah satu produk yang direkomendasikan untuk digunakan dalam mengatasi penyakit kurap ayam pada kulit manusia. Pelembap yang secara khusus diresepkan untuk mengobati pilar keratosis seringkali mengandung urea dan asam laktat.

Oleskan pelembab segera setelah mandi saat skin masih setengah kering. Jangan lupa untuk mengoleskan produk setidaknya 2-3 kali sehari.

2. Krim pengelupasan sel kulit mati

Krim yang digunakan untuk mengangkat sel skin mati seringkali mengandung bahan aktif seperti:

  • Asam alfa hidroksi (AHA),
  • Asam laktat,
  • Asam salisilat,
  • Asam glikolat dan
  • Urea.

Berbagai bahan aktif ini sangat membantu dalam mengangkat sel skin mati, melembabkan dan melembutkan skin kering. Untuk hasil terbaik, gunakan krim ini sesuai petunjuk.

3. Krim untuk mencegah penyumbatan penyakit kurap ayam

Krim yang digunakan untuk mencegah folikel rambut tersumbat terbuat dari vitamin A. Vitamin A membantu dalam pertukaran sel-sel kulit dan mencegah folikel rambut tersumbat.

Namun, Anda mungkin mengalami iritasi dan skin kering saat menggunakan krim ini. Krim ini tidak dianjurkan untuk orang yang sedang hamil atau menyusui.

Hati-hati dengan bahan-bahan dalam krim ini. Bicaralah dengan dokter Anda tentang hal ini. Beberapa krim untuk pengobatan keratosis pilaris adalah obat-obatan yang memiliki efek samping negatif, antara lain:

  • Kulit kemerahan,
  • Iritasi skin dan
  • Kulit mengering.

4. Laser

Selain krim, laser adalah pilihan lain yang dapat membantu mengobati kurap ayam pada kulit manusia. Laser adalah solusi yang ditawarkan jika salep dan perawatan topikal tidak membantu.

Dokter biasanya menggunakan laser yang berbeda. Beberapa laser digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan, sementara yang lain digunakan untuk memperbaiki tekstur dan perubahan warna skin.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, mikrodermabrasi adalah prosedur yang direkomendasikan oleh dokter selain perawatan keratosis laser pilaris.

5. Perawatan dirumah

Berikut adalah banyak perubahan gaya hidup dan perawatan lain yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengelola kondisi Anda.

6. Mandi air hangat

Berendam dalam air hangat selama beberapa waktu dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuka pori-pori. Dengan demikian dapat mengurangi penyakit kurap ayam pada kulit manusia. Gosok skin dengan sikat kaki untuk menghilangkan benjolan.

Namun, penting untuk membatasi waktu mandi karena terlalu lama menghilangkan minyak alami dari kulit, yang dapat membuat kulit lebih kering.

7. Oleskan krim pelembab

Oleskan krim yang mengandung lanolin, minyak tanah atau gliserin ke kulit setelah mandi. Ini adalah bahan-bahan yang dapat menenangkan kulit kering yang disebabkan oleh pilar keratosis dan membantu mempertahankan kelembapan.

8. Pengelupasan kulit mati

Pengelupasan setiap hari adalah salah satu cara yang dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang terkena keratosis pilaris. Anda dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori ini dengan batu apung atau produk pengelupasan.

9. Hindari pakaian ketat

Mengenakan pakaian ketat dapat menyebabkan gesekan, yang mengiritasi kulit dan menyebabkan pilar keratosis.

10. Humidifier

Humidifier adalah alat yang menambah kelembapan udara di dalam ruangan yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah gatal-gatal yang menyebabkan parakeratosis.

Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi dokter kulit atau dokter kulit Anda untuk menemukan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Nah, itulah gejala yang biasanya dialami oleh pengidap kurap ayam pada kulit manusia. Seperti penjelasan di atas, segera temui dokter bila pengobatan rumahan dan obat tanpa resep dokter tak efektif mengatasi penyakit ini. Semoga penjelasan dari kami dapat bermanfaat, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.