Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Organ Usus Halus
awsimages

Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Organ Usus Halus? Simak Disini!

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Simak penjelasan berikut ini. Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang dimulai dari lambung hingga anus. Jika terjadi masalah pada usus, maka proses penyerapan nutrisi dari makanan juga terganggu dan langsung berdampak pada tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan intestines.

Kesehatan intestines mengacu pada keseimbangan mikroorganisme yang hidup di saluran pencernaan. Menjaga kesehatan usus dan menjaga keseimbangan mikroorganisme yang tepat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental, kekebalan, dll.

Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Organ Usus Halus
media.cancer

Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Organ Usus Halus? 

1. Tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya, sehingga tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Healthline, cairan lengkap dengan efek positif pada selaput lendir dan keseimbangan bakteri usus yang baik, diluncurkan. Jadi tetap terhidrasi adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan intestines Anda.

2. Minum probiotik dan makan makanan fermentasi

Menurut laporan penelitian 2013 yang diterbitkan dalam The Treatment Advances in Gastroenterology, Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? konsumsi probiotik dapat mendukung mikrobioma usus yang sehat dan mencegah penyakit radang intestines dan masalah usus lainnya.

Sumber probiotik alami adalah makanan yang difermentasi seperti sayuran yang difermentasi, kefir, kimchi, kombucha, tempe, dll.

3. Makan serat prebiotik

Prebiotik adalah makanan (biasanya makanan berserat) yang digunakan untuk mengantarkan bakteri baik atau probiotik ke tubuh manusia untuk mempertahankan kadarnya.

Probiotik memakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang disebut prebiotik. Proses ini mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan di intestines.

Untuk menjaga kesehatan intestines Anda, Anda dapat memasukkan sumber makanan kaya prebiotik seperti asparagus, pisang, bawang putih, bawang merah, dan biji-bijian dalam diet harian Anda.

4. Perbanyak asupan sumber makanan nabati

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di HHS Author Manuscripts pada tahun 2014, ada perbedaan yang signifikan dalam mikrobiota intestines vegetarian dan karnivora.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa diet vegetarian dapat meningkatkan kesehatan intestines karena kandungan serat prebiotiknya yang tinggi.

5. Kurangi asupan makanan dan minuman yang tinggi gula dan pemanis buatan

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Saat ini, makan banyak gula atau pemanis buatan dapat menyebabkan dysbacteriosis, yaitu ketidakseimbangan jumlah mikroorganisme di saluran pencernaan.

Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan di PLOS One pada tahun 2014 menemukan bahwa pemanis buatan aspartam dapat meningkatkan jumlah strain bakteri tertentu yang terkait dengan penyakit metabolik. Penyakit metabolik mengacu pada penyakit yang meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 2014 juga menemukan bahwa penggunaan pemanis buatan pada manusia dapat memberikan efek negatif pada kadar gula darah karena mempengaruhi bakteri intestines. Artinya pemanis buatan bisa menaikkan gula darah.

6. Hindari penggunaan antibiotik yang tidak perlu

Meskipun antibiotik sering dibutuhkan untuk melawan infeksi bakteri, penggunaannya yang berlebihan tanpa resep dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Antibiotik juga merusak mikrobioma usus dan resistensi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology pada tahun 2018 menemukan bahwa 6 bulan setelah penggunaan, beberapa spesies bakteri menguntungkan masih hilang dari intestines.

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Oleh karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (USA) merekomendasikan agar kami mendiskusikan antibiotik dan pilihannya dengan dokter kami sebelum meminumnya.

7. Mengurangi tingkat stres

Ada banyak manfaat baik untuk mengelola tingkat stres, terutama dalam hal kesehatan. Salah satu manfaat dari manajemen stres yang baik adalah efek positifnya pada kesehatan intestines.

Merujuk pada Medical News Today, berbagai pemicu stres (stress triggers) yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan intestines manusia antara lain:

  • Stres psikologis
  • Tekanan lingkungan seperti panas yang ekstrim, dingin atau kebisingan
  • Tidak bisa tidur
  • Aritmia sirkulasi

Ada banyak cara berbeda untuk mengurangi tingkat stres, seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, relaksasi otot terus-menerus, olahraga teratur, tidur nyenyak, aktivitas menyenangkan, dan makan sehat.

8. Makan perlahan

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan makan secara perlahan. Mengunyah lebih teliti dan lebih lambat dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Ini dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan mood, kognisi, dan kesehatan usus.

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2014 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa pola tidur yang tidak teratur dan tidur yang terganggu dapat berdampak negatif pada mikrobiota usus mereka, yang dapat meningkatkan risiko penyakit menular.

Oleh karena itu, ciptakan kebiasaan tidur yang sehat dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Orang dewasa harus tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

10. Berolahraga secara teratur

Seperti yang telah kita lihat, olahraga teratur meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta penurunan dan pemeliharaan berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Genomics pada tahun 2014 menemukan bahwa olahraga teratur juga dapat meningkatkan kesehatan usus, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah dan mengendalikan obesitas.

American Physical Activity Guidelines merekomendasikan agar orang dewasa menerima setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang per minggu dan aktivitas penguatan otot setidaknya 2 hari per minggu.

11. Dilarang merokok

Make Medical News Hari ini, merokok mempengaruhi kesehatan usus serta jantung dan paru-paru. Kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Menurut sebuah laporan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Microbiology pada tahun 2018, merokok mengubah mikrobioma usus dengan menambahkan mikroorganisme yang berpotensi berbahaya dan mengurangi jumlah mikroorganisme yang menguntungkan.

Selain itu, tinjauan tersebut juga menjelaskan bahwa efek ini dapat meningkatkan risiko penyakit usus dan sistemik seperti penyakit radang usus.

12. Komsumsi makanan tinggi serat

Santapan semacam buah- buahan, sayur- mayur, serta serealia utuh bisa menolong sediakan serat yang lumayan untuk usus halus. Butuh diingat kalau serat berfungsi berarti dalam berikan makan kuman baik pada usus halus. Tidak hanya itu, serat pula berguna dalam menolong menyapu residu yang bisa jadi dimakan oleh kuman yang kurang berguna pada organ tersebut.

Sebagian besar buah serta sayur- mayur pula bertabiat alkali yang bisa menolong menyeimbangkan pola makan yang besar hendak asam. Butuh dikenal kalau isi asam yang sangat besar pada badan bisa menggerogoti lendir pelindung pada usus.

13. Menghentikan sebagian kerutinan tertentu

Tidak hanya komsumsi santapan besar serat, menghentikan sebagian Kerutinan tertentu pula bisa jadi salah satu upaya buat memelihara kesehatan usus halus. Misalnya semacam menyudahi merokok serta menghalangi minuman beralkohol. Baik antara tembakau serta alkohol, keduanya bisa tingkatkan kandungan asam pada perut serta menggerogoti susunan pelindung pada usus.

Bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus? Nah, asam lambung yang besar akibat merokok serta konsumsi minuman beralkohol bisa bocor ke duodenum serta mulai menggerogoti susunan perut. Susunan perut yang terkikis pula bisa membuat perut lebih rentan terhadap peradangan kuman, semacam H. pylori. Kuman H. pylori sendiri dikenal bisa menginfeksi duodenum.

Sedangkan itu pemakaian obat- obatan Nonsteroidal Anti- inflammatory Drugs( NSAID) semacam aspirin serta ibuprofen pula butuh dibatasi penggunaannya. Karena, tipe obat tersebut pula bisa menggerogoti susunan perut.

14. Mewaspadai munculnya gejala sedari dini

Usus yang sehat berperan buat menyeimbangkan bermacam perihal. Contohnya semacam isi asam pada perut, imunitas serta toleransi terhadap santapan tertentu, sampai menyeimbangkan populasi kuman pada usus. Bila usus halus hadapi kendala, hingga sebagian penyeimbang tersebut hendak tersendat.

Oleh karena itu, berarti buat mewaspadai munculnya sebagian indikasi hendak kendala usus halus sedari dini. Misalnya semacam perut kembung sehabis makan, wasir, asam lambung kerap naik, sampai diare.

Sebagian keadaan tersebut bisa jadi indikasi hendak usus halus yang tidak sehat. Bila kalian kerap kali hadapi sebagian indikasi tersebut, hendaknya segeralah periksakan diri ke dokter. Perihal ini bertujuan supaya perawatan kedokteran bisa lekas dicoba, sehingga kalian bisa meminimalkan resiko komplikasi sungguh- sungguh.

Ini adalah bagaimana cara memelihara kesehatan organ usus halus Anda dan menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat. Usus yang sehat tentu berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang kuat, kesehatan jantung, kesehatan otak, peningkatan mood, tidur yang sehat dan pencernaan yang efisien, serta dapat membantu mencegah penyakit, berbagai penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.