7 Tips Sukses Membangun Bisnis Event Organizer

7 Tips Sukses Membangun Bisnis Event Organizer

Pesatnya perkembangan zaman saat ini membuat tumbuhnya berbagai jenis usaha. Salah satunya adalah corporate event organizer atau disingkat EO. Kegiatan kreatif ini merupakan layanan yang menyelenggarakan atau mengelola suatu acara. Biasanya jasa event organizer digunakan pada acara musik, seminar, pernikahan menggunakan jasa EO.

7 Tips Sukses Membangun Bisnis Event Organizer
strategidanbisnis.com

Bisnis event organizer semakin menjanjikan akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang menggunakan layanan EO untuk berbagai keperluan karena lebih mudah dan praktis menggunakan EO. Bisnis EO saat ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan banyak orang yang akhirnya melakukan bisnis EO. Namun, membuka bisnis EO tidak semudah membalikkan telapak tangan. Beberapa tips diperlukan agar bisnis ini bisa sukses.

Beberapa tips-tips sukses untuk membangun bisnis EO.

Bangun tim yang solid

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membentuk tim inti yang solid. Karena menyelenggarakan acara yang hebat tidak bisa dilakukan sendiri. Bangun tim yang terdiri dari orang-orang yang dapat bekerja keras, kreatif, dan bertanggung jawab dalam tim EO. Tim yang Anda siapkan bisa disesuaikan dengan besar kecilnya acara. Karena semakin banyak orang biasanya semakin sulit mengambil keputusan karena akan semakin banyak ide yang tersampaikan.

Pengalaman yang cukup

Secara umum, perusahaan di bidang jasa akan sangat membutuhkan keahlian khusus dan pengalaman yang kuat, hal ini juga berlaku ketika berencana menjalankan bisnis EO. Penting sekali memiliki pengalaman sebelum akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis EO. Pengalaman yang minim kemungkinan besar akan membawa Anda ke berbagai masalah dalam bisnis EO, mengingat bisnis ini akan membutuhkan penanganan sejumlah tugas yang mungkin memerlukan keahlian khusus yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Modal awal yang cukup

Hampir semua bisnis pasti membutuhkan modal, termasuk bisnis EO yang akan ditangani nantinya. Pastikan Anda memiliki modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini, karena pada umumnya setiap event yang dikelola oleh EO akan melakukan pembayaran secara bertahap dan tidak sekaligus. Sebagian besar acara hanya akan dibayar setengahnya di awal, jadi sisanya akan dibayarkan di akhir acara. Untuk itu perlu diantisipasi dengan baik, dimana diperlukan modal yang cukup untuk terlebih dahulu menutupi berbagai kebutuhan acara tersebut, hingga akhirnya diperoleh pelunasan.

Bangun hubungan yang kuat

Dalam bisnis EO, relasi merupakan hal yang sangat penting dalam mendapatkan pelanggan atau konsumen. Ciptakan jaringan seluas mungkin. Sarannya, kamu bisa sering-sering menghadiri acara yang berkaitan dengan festival musik, pernikahan, dan acara lainnya, lalu berkenalan dengan banyak orang. Dengan memperkenalkan kepada banyak orang, peluang mendapatkan pelanggan akan semakin besar. Plus, Anda juga menggunakan media sosial untuk membangun hubungan.

Jangan berhenti berkreasi

Event organizer merupakan pekerjaan yang kreatif dan inovatif, untuk itu perlu terus menjaga kreativitas dalam pengelolaan kegiatan ini. Tips yang bisa dilakukan adalah memperbarui desain promosi agar calon konsumen lebih tertarik saat proses presentasi.

Buat promosi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perlu dilakukan promosi melalui berbagai media yang tepat. Sangat penting untuk memiliki website dan media sosial resmi, dimana Anda dapat menampilkan dan mempromosikan portofolio acara yang telah Anda selenggarakan sebelumnya. Media ini juga akan sangat membantu untuk bisa mendatangkan lebih banyak klien dan juga relasi yang akan membantu kesuksesan di masa depan.

Evaluasi berkala tim

Dalam bisnis EO, tim adalah aset paling berharga yang Anda miliki. Sangat penting untuk memastikan bahwa tim Anda adalah yang terbaik dan dengan komposisi yang tepat. Lakukan penilaian secara bertahap terhadap tim Anda agar dapat terus bekerja secara maksimal agar event yang Anda alami dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *