Strategi Guerilla Marketing Untuk Suatu Brand Dan Contohnya

Strategi Guerilla Marketing Untuk Suatu Brand Dan Contohnya

Mau mempromosikan produk ataupun layanan bisnis kalian dengan metode unik serta tidak biasa? Bila iya, hingga guerilla marketing sesuai buat kalian coba.

Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing merupakan metode ataupun strategi marketing di mana industri memakai elemen kejutan ataupun interaksi tidak konvensional buat mempromosikan produk ataupun layanan suatu brand.

Istilah ini awal kali diciptakan pada dini tahun 1980- an oleh Jay Conrad Levinson, penulis novel Guerilla Marketing. Tujuan guerilla marketing merupakan menghasilkan buzz tentang produk ataupun brand sehingga tingkatkan mungkin konsumen hendak membeli ataupun membicarakannya dengan calon pembeli lain.

Strategi Guerilla Marketing Untuk Suatu Brand Dan Contohnya
becomealocalleader.com

Salah satu kelebihan yang membuat guerilla marketing masih digunakan sampai dikala ini merupakan sebab strategi pemasaran ini terbilang hemat bayaran sehingga sesuai diterapkan buat bisnis kecil. Tidak cuma itu, apabila diterapkan dengan pas, hingga metode pemasaran ini dapat menghasilkan fenomena viral marketing.

Kelebihan serta kekurangan Guerilla Marketing

Walaupun Guerilla Marketing menawarkan metode kreatif serta unik dalam melakukan kampanye pemasaran, tetapi terdapat sebagian kelebihan serta kekurangan yang butuh kalian pertimbangkan.

Kelebihan Guerilla Marketing

  • Bisa membagikan kesan brand yang trendi, keren, inovatif serta kreatif
  • Dapat memperoleh banyak publisitas sebab kala viral, media sosial serta jaringan kabar bisa mengangkut ceritanya
  • Membolehkan kalian meningkatkan ide secara kreatif

Kekurangan Guerilla Marketing

  • Susah mengukur keefektifan secara aktual dalam kaitannya dengan ROI
  • Tidak bisa diprediksi. Misalnya bila mengandalkan live event, terdapat aspek lain yang tidak dapat diprediksi semacam cuaca
  • Dapat disalahpahami serta bawa respon yang tidak di idamkan apabila dijalankan dengan metode yang salah.

Contoh guerilla marketing

Supaya kalian terus menjadi menguasai Guerilla Marketing ini, perhatikan gimana brand serta industri di bermacam negeri sempat menerapkannya ke dalam metode ini dalam strategi pemasaran mereka.

1. Burger King

Salah satu contoh brand yang sempat mempraktikkan guerilla marketing merupakan Burger King. Strategi pemasaran ini diawali dengan artikel wajar Burger King yang mempromosikan menu makan pagi mereka di Instagram.

Pada bagian kolom pendapat, salah satu user menarangkan kalau pendampingnya memerlukan waktu yang lebih lama cuma buat memesan menu santapan drive in di Burger King pada malam tadinya. Pendapat ini setelah itu dibalas oleh pendamping user tersebut. Keduanya juga ikut serta semacam pertengkaran sampai mengakhiri ikatan di kolom pendapat artikel Burger King tersebut.

2. UNICEF

UNICEF pula sempat memakai metode Guerilla Marketing buat menarik atensi sekalian pemahaman publik hendak realita minimnya akses air bersih yang terdapat di sebagian negeri. Metode UNICEF melancarkan tujuan ini merupakan dengan menjual air kotor dalam vending machine yang ditempatkan di kota New York.

Tiap vending machine menjual 8 rasa air yang berbeda ialah, hepatitis, disentri, malaria, kolera, tifus, demam berdarah, serta salmonella. Metode unik ini sukses menarik atensi masyarakat New York selaku pengingat yang gamblang hendak keadaan yang susah serta beresiko yang dialami banyak orang tiap harinya di segala dunia.

3. Fiji Water

Salah satu contoh guerilla marketing yang lain sempat diterapkan oleh Fiji Water dalam ajang penghargaan Golden Globes sebagian waktu kemudian. Kala red carpet umumnya dipadati dengan tokoh- tokoh Hollywood, Fiji malah menempatkan model Kelleth Cuthbert selaku salah satu Fiji Girl yang berdiri dengan gaun biru sembari bawa nampan berisi Fiji water di tengah- tengah keramaian.

Walhasil, keberadaan para FijiGirl yang turut terpotret dalam sebagian peluang dalam ajang tersebut menciptakan banyak meme yang tidak terhitung jumlahnya di internet. Ini jadi publisitas free untuk industri air tersebut.

4. Promosi film King Kong

Guerilla marketing pula sebagian kali digunakan dalam strategi promosi film semacam King Kong. Dalam promosi film KingKong, regu marketer King Kong Skull Island memutuskan buat menghidupkan keberadaan KingKong ke dunia nyata dengan membuat sebagian adegan di bermacam posisi di Los Angeles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *