9 cara menemukan peluang bisnis baru di daerah
www.barisnis.com

9 Cara Menemukan Peluang Bisnis Baru di Daerah

Setiap orang menginginkan bisnis atau usaha sendiri. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang dapat dengan mudah menemukan peluang bisnis.

Ide bisnis sangat penting sebelum memulai bisnis itu sendiri. Bagi yang bingung mencari ide bisnis, berikut 9 metode OCBC NISP bagi yang sedang mencari ide bisnis.

www.altundo.com

1. Cari tahu pilihan Anda

Cara pertama untuk menemukan peluang bisnis adalah dengan mengenali peluang Anda. Cari tahu di bidang mana Anda terbaik dan gunakan keterampilan ini untuk memulai bisnis.

Misalnya, jika Anda memiliki keterampilan desain grafis, Anda dapat membuka layanan desain sendiri di rumah.

2. Pemantauan kebutuhan masyarakat

Kedua, Anda dapat belajar mengamati kebutuhan orang dan mencoba memenuhinya. Karena cara termudah mencari produk untuk dijual adalah dengan menyelesaikan masalah orang.

Contoh bisnis ojek online. Usaha ini bisa berkembang sebesar sekarang karena masyarakat membutuhkan transportasi yang cepat dan mudah dijangkau. Hanya dengan menggunakan aplikasi, ojek online dapat menjemput pelanggan di mana saja dan kapan saja.

3. Temukan pemasok untuk diajak bekerja sama

Takjil atau penjual makanan buka puasa di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (IDN Times / Helmi Shemi)

Jika Anda membuka perusahaan manufaktur atau perusahaan manufaktur barang fisik, Anda perlu mencari pemasok untuk bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi. Untuk menemukan penyedia terbaik dan paling terjangkau, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Anda kemudian dapat menegosiasikan harga bahan baku dan berkolaborasi dengan pemasok terpilih.

4. Cari peluang bisnis rumahan

Pada Kamis, 13 Agustus 2020, para pekerja membuat sepatu Tori tekstil di Ruang Produksi Terampil Sejahtera di Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO / Novrian Arbi

Riset peluang bisnis dapat dilakukan dengan melihat potensi yang ada di suatu daerah. Anda dapat menjual produk khusus area dan menjualnya di area lain yang tidak memiliki karakteristik yang sama.

Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang memiliki ciri khas tanaman eksotis, Anda bisa membuka usaha yang menjual tanaman eksotis dan menjualnya di wilayah lain.

5. Cari ide di Internet

Tidak dapat disangkal bahwa Internet adalah tempat terbaik bagi mereka yang mencari peluang bisnis sampingan. Ada banyak jenis bisnis online tanpa meninggalkan pekerjaan utama Anda.

Beberapa jenis bisnis online paling populer saat ini antara lain reseller produk, afiliasi, pembuatan konten lepas, dan banyak lagi.

6. Bicaralah dengan teman

Anda juga bisa mencari peluang kerja baru dengan berdiskusi dengan teman. Kunjungi teman Anda dan undang mereka untuk ide bisnis.

OCBC NISP menyarankan sebaiknya membicarakan hal ini dengan teman yang sudah berpengalaman membuka usaha. Selain mendapatkan ide referensi, Anda juga bisa meminta saran bisnis dan mendengar pengalaman mereka selama suka duka memulai bisnis.
7. Bergabunglah dengan komunitas bisnis
ilustrasi komunitas (pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro)

Jika berbicara dengan teman saja tidak cukup, Anda dapat bergabung dengan komunitas bisnis. Saat ini ada banyak komunitas bisnis yang tersedia secara offline dan online.

Anda tidak hanya dapat memperoleh jaringan pertemanan yang berkualitas, tetapi Anda juga dapat memperoleh pengetahuan bisnis dan ide untuk peluang bisnis baru melalui komunitas semacam itu.

8. Baca buku tentang bisnis dan pengembangan bisnis

Ada banyak buku tentang pengembangan bisnis di toko buku saat ini. Selain memberikan sejumlah tips pengembangan bisnis, Anda juga akan mendapatkan referensi bisnis.

Misalnya, jika Anda membeli buku yang diimpor atau diterjemahkan dari negara lain, Anda bisa mendapatkan ide bisnis dari negara lain yang bisa Anda buat di Indonesia.

9. Hadiri acara kreatif

Cara terbaik untuk menemukan peluang bisnis yang direkomendasikan OCBC NISP adalah dengan berpartisipasi dalam acara kreatif seperti pameran, konser, dan bazaar. Acara seperti ini tidak hanya bisa menyenangkan, tetapi juga bisa menginspirasi Anda untuk mewujudkan ide bisnis.

Jadi, apakah Anda siap untuk memulai bisnis Anda dari sekarang?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *