7 Manfaat Financial Planner Dalam Mengelola Keuangan

7 Manfaat Financial Planner Dalam Mengelola Keuangan

financial planner merupakan lapisan rencana yang digunakan buat mengelola keuangan individu seorang buat menggapai tujuan keuangan. Jadi mengapa perencana keuangan itu penting?

Perencanaan keuangan merupakan profesi yang baru mulai dikenal di Indonesia. Profesi ini tumbuh seiring dengan meningkatnya literasi masyarakat untuk mengelola keuangan.

7 Manfaat Financial Planner Dalam Mengelola Keuangan
finoo.id

Indonesia adalah negara berkembang dan kelas menengah memiliki populasi demografis terbesar. Berawal dari pengalaman orang tua masa lalu berjalan dengan kehidupan saat ini, memaksa orang Indonesia untuk mengelola keuangan dengan cara yang memadai untuk saat ini dan terutama untuk masa depan.

Namun penghasilan berapa pun seringkali tidak cukup dan membuat stres, lalu bagaimana seharusnya Anda mengelola keuangan? Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Apa itu Financial Planner?

Saat ini istilah ‘financial planner’ sedang ramai diperbincangkan di lingkungan kita, karena ada perusahaan yang menamakan dirinya financial planner. Namun, banyak pelanggan melaporkan perusahaan itu berbahaya bagi mereka.

Seseorang perencana keuangan merupakan orang ataupun lembaga handal yang penuhi ketentuan buat menolong orang serta bisnis menggapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Tujuannya adalah untuk membangun rencana keuangan untuk membantu klien mencapai tujuan akhir mereka. Seperti definisi di atas, biasanya seorang perencana keuangan bertanggung jawab atas klien. Mereka dapat berupa individu, institusi, atau perusahaan.

Seseorang perencana keuangan bertanggung jawab buat bertanya dengan klien buat menganalisis tujuan mereka, toleransi resiko, kehidupan, tahapan, serta tipe investasi yang sesuai buat mereka.

Dari hasil analisis, perencana keuangan akan merencanakan program yang dapat membantu klien mencapai tujuan keuangan tersebut. Caranya adalah dengan mendiversifikasi investasi yang akan memberikan pendapatan berdasarkan tujuan tersebut.

Ini termasuk strategi perencanaan untuk tabungan pensiun, investasi, pengeluaran kecil dan besar, pajak, dan perencanaan perumahan. Perencana keuangan biasanya merencanakan keuangan secara umum. Namun, ada juga yang berspesialisasi dalam bidang tertentu seperti perencanaan pensiun dan investasi.

7 Manfaat Financial Planner

Membuat anggaran

Perencanaan keuangan tidak sebatas memantau jika kondisi keuangan Anda sehat, tetapi juga tentang membuat anggaran. Dengan anggaran Anda dapat:

  • Tahu persis kemana uang Anda “mengalir”
  • Membatasi pengeluaran Anda
  • Lebih fokus menabung untuk mencapai tujuan keuangan
  • Mencatat keuangan Anda untuk melacak pengeluaran dan pendapatan Anda

Mencegah hutang

Dengan membuat anggaran dan memantau kondisi keuangan, risiko utang akan berkurang. Padahal, pemantauan kondisi keuangan bisa memberi tahu Anda jika kondisi utang Anda sudah melebihi batas yang sehat. Mencatat juga dapat membantu Anda mengatasi ketidakseimbangan yang mungkin disebabkan oleh utang.

Pemantauan kondisi keuangan

Perencana keuangan membantu Anda memantau kondisi keuangan Anda. Apakah itu sehat? Atau apakah Anda juga dalam risiko finansial, seperti utang, risiko tak terduga, dan bahkan kebangkrutan?

Dengan menjadi seorang financial planner, Anda dapat melihat kondisi keuangan Anda saat ini dan melacaknya dengan mudah. Anda dapat melihat apakah kondisi keuangan Anda sehat atau dalam kondisi buruk dengan kriteria sebagai berikut:

  • Menabung minimal 20% dari pendapatan bulanan
  • Utang bulanan (baca: angsuran) tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan
  • Memiliki dana darurat (cair) 6-12 kali pengeluaran bulanan
  • Sisihkan 10% dari pendapatan untuk perlindungan finansial di bentuk asuransi

Rencana investasi

Setelah Anda memiliki dasar keuangan yang kuat dan perlindungan keuangan, Anda dapat memulai rencana investasi. Dengan cara ini, Anda mulai membangun penghasilan pasif secara bertahap.

Dengan investasi, uang yang Anda kumpulkan dapat meningkat dan juga dapat melawan inflasi. Melakukan perencanaan keuangan membantu Anda membuat rencana investasi. Dimulai dengan mengidentifikasi jenis investasi yang tepat untuk Anda, jangka waktu investasi, hingga membantu Anda melacak hasil investasi yang Anda peroleh saat ini.

Aset konstruksi

Tidak hanya untuk fondasi keuangan dasar, memiliki perencana keuangan dapat membantu Anda membangun sumber daya. Baik itu aset pribadi maupun aset perusahaan, perencana keuangan memegang peranan penting.

Dengan fitur seperti pelacakan keuangan, penganggaran, pencegahan utang, asuransi, investasi, Anda dapat menggunakan perencanaan keuangan untuk mencegah “kerugian” dan meningkatkan pendapatan. Secara otomatis, ini akan memudahkan Anda untuk membangun sumber daya Anda sedikit demi sedikit.

Mencapai tujuan keuangan

Ketika Anda telah membangun sumber daya, Anda akhirnya akan dapat mewujudkan tujuan keuangan Anda. Entah itu kehidupan lama yang mapan, bisa menyekolahkan anak-anak, memiliki bisnis atau yang lainnya.

Jenis perencana keuangan

Robo-Advisor

Jika Anda ingin melakukan perencanaan keuangan yang sederhana, Anda dapat mengandalkan robo-advisor. Robo-advisors adalah mereka yang dikelola secara otomatis melalui algoritme komputer. Perencanaan akan disesuaikan dengan tujuan keuangan yang dimasukkan. Biasanya, biaya yang diperlukan untuk robo-advisor lebih rendah daripada jenis pembiayaan lainnya.

In-person Financial Planners

Jenis pembiayaan berikutnya adalah perencana keuangan pribadi. Anda bisa memilih tipe ini jika membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih rumit atau jangka panjang. Pasalnya, perencana keuangan internal perencana dapat memberikan rencana yang lebih sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Online financial planning services

Layanan perencanaan keuangan online adalah kombinasi dari perencana keuangan robot dan manusia. Anda akan mendapatkan rencana keuangan yang dihasilkan oleh algoritma komputer. Namun, Anda juga dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan melalui telepon, email, atau panggilan video.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari seorang financial planner, secara singkat yang dimaksud dengan financial planner adalah suatu lembaga atau individu yang tugasnya membantu klien dalam mencapai tujuan keuangannya.

Tanggung jawab seorang perencana keuangan tidak hanya untuk membuat rencana keuangan, tetapi juga untuk memastikan bahwa klien mampu melaksanakan rencana dengan benar sampai tujuan keuangan mereka tercapai.

Selain itu, perencana keuangan juga memiliki 3 jenis yang berbeda dan masing-masing memiliki peran dan kemampuannya sendiri. Untuk menjadi financial planner yang handal dan kredibel, diperlukan sertifikasi yang mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *