Mengatasi Laptop Tidak Menyala

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power biasanya setelah menekan tombol power pada laptop tentunya laptop harus bisa menyala dan menampilkan gambar sistem operasi. Namun bagaimana jika ternyata laptop tidak menyala saat tombol power ditekan? Apa penyebab laptop tidak menyala saat tombol power ditekan?

Mengatasi Laptop Tidak Menyala

Seringkali tombol laptop bermasalah dimana laptop setelah menekan tombol power laptop seharusnya bisa langsung menyala, namun dalam kondisi tertentu, meski tombol power ditekan beberapa kali tetap tidak bisa untuk menyalakan laptop .

Nah bagi anda yang mengalami masalah seperti laptop tidak menyala saat tombol power di tekan, walaupun sudah di tekan tombol power beberapa kali tetap tidak mau hidup. Mungkin ada masalah dengan laptop Anda.

Penyebab Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Cara menyalakan laptop sebenarnya melalui tombol power seperti biasa. Namun terkadang ada beberapa faktor penyebab laptop tidak mau menyala saat tombol power ditekan, mungkin sebagian orang sering mengalami masalah seperti ini. Di mana Anda berulang kali menekan tombol power untuk menyalakan laptop, tetapi laptop tetap tidak mau hidup.

Masalah laptop yang tidak menyala saat tombol power ditekan bisa membuat Anda panik dan bertanya-tanya apakah laptop yang Anda miliki rusak. Padahal, Penyebab Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power kemungkinan disebabkan pada saklar daya laptop, atau karena softwarenya yang rusak..

Untuk masalah seperti ini sebenarnya tidak banyak dari sekian banyak kemungkinan penyebabnya, jadi anda sebagai pengguna laptop perlu mengetahui secara detail penyebab laptop tidak bisa menyala walaupun tombol power sudah ditekan.

Untuk ini, untuk memudahkan Anda mengatasi masalah ini. Di bawah ini sudah saya tuliskan beberapa alasan kenapa laptop tidak menyala saat tombol power ditekan.

1. Hardware laptop bermasalah

Kemungkinan besar penyebab tombol power tidak bisa menghidupkan laptop adalah karena komponen hardware atau hardware laptop rusak. Dimana ada kemungkinan kerusakan pada komponen hardware pada prosesor, Ram. atau bahkan mobo atau motherboard. Jika memang demikian, Anda harus memeriksa komponen perangkat keras mana yang bermasalah dan mencoba menggantinya dengan komponen baru.

Jika hanya ram yang bermasalah atau rusak, menggantinya sepertinya tidak masalah. Namun masalahnya jika ternyata motherboard atau prosesornya rusak. Karena mengganti prosesor dan motherboard laptop sama saja dengan mengganti laptop itu sendiri dengan yang baru.

2. Baterai Laptop Yang Bocor

Penyebab laptop tidak menyala saat tombol power ditekan selanjutnya adalah karena baterai laptop bocor. Bisa jadi jika baterai laptop bermasalah dengan kebocoran, hal inilah yang membuat laptop tidak bisa menyala meski tombol power sudah ditekan berulang kali. Cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menggunakan charger atau adaptor agar laptop bisa mendapatkan sumber listrik tanpa bergantung pada baterai laptop itu sendiri.

Anda juga bisa mengganti baterai laptop yang bocor dengan yang baru. Untuk itu, coba ganti komponen baterai laptop dengan baterai asli. Meski harga baterai laptop original lebih mahal, namun kualitas dan ketahanan baterai laptop original ini jelas tidak bisa dipungkiri juga.

3. Tegangan listrik tidak stabil

Selanjutnya, penyebab laptop tidak menyala saat tombol power ditekan mungkin karena catu daya yang tidak stabil. Bagi anda yang menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, mungkin salah satu penyebab jelas masalah laptop tidak mau hidup saat tombol power ditekan adalah power supply yang tidak stabil.

Hal ini dikarenakan tegangan listrik yang tidak stabil akan menyebabkan laptop tidak bisa menyala. Karena cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan alat berupa stabilizer yang dapat membantu menstabilkan arus listrik agar tombol power pada laptop dapat berfungsi kembali nantinya.

4. Tombol power rusak

Kemungkinan penyebab lain laptop tidak mau hidup meskipun tombol power sudah ditekan berulang kali adalah karena tombol power sendiri yang rusak. Beberapa kerusakan yang dapat terjadi adalah karena tombol on/off yang berdebu atau kotor atau tombol on/off yang rusak.

Tentu saja, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membongkar laptop dan memeriksa apa masalahnya dengan tombol daya. Apakah tombol on / off bermasalah dengan sakelar? Atau tombol on/offnya rusak?

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Setelah mengetahui penyebab laptop tidak mau hidup saat tombol power ditekan, bagaimana cara mengatasi dan mengatasi masalah seperti ini? Haruskah kita mengganti laptop dengan laptop baru? Atau ada solusi lain untuk masalah ini? Nah dibawah ini saya tuliskan beberapa solusi dan cara mengatasi laptop tidak mau hidup saat tombol power ditekan.

Menggunakan adaptor dan stabilizer arus listrik

Tentunya Anda sudah tahu jika penyebab dari masalah ini adalah karena arus listrik yang tidak stabil dan juga tidak adanya tegangan dari laptop untuk menyalakannya. Oleh karena itu, solusi yang paling tepat tentunya menggunakan adaptor untuk menghidupkan laptop.

Jika sudah menggunakan adaptor tetap tidak bisa, Anda juga bisa menggunakan alat penstabil arus listrik agar arus listrik yang disalurkan dari adaptor ke laptop bisa menjadi lebih stabil lagi.

Membersihkan komponen ram dan motherboard

Setelah itu, Anda bisa membersihkan RAM laptop dan juga bagian motherboard. Kemungkinan besar Anda tidak pernah membersihkan laptop, sehingga ada banyak debu di dalam laptop.

Debu dapat menghambat fungsi laptop, sehingga solusi yang paling tepat selain mengganti setiap komponen adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu.

Ganti Tombol Power

Solusi terakhir adalah dengan mengganti tombol on/off. Sebelumnya, Anda bisa terlebih dahulu membatalkan tombol power kemudian melihat efek laptop bisa menyala atau tidak. Jika ternyata laptop masih tidak menyala, Anda dapat melakukan perubahan sakelar dari tombol power.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala saat tombol power ditekan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak mau hidup saat tombol power ditekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *