Aplikasi Absen Online Karyawan
linovhr

7 Aplikasi Absen Online Karyawan Terbaik Dan Akurat

Saat ini, hampir semua kebutuhan tersedia secara digital. Salah satu yang lebih familiar belakangan ini adalah aplikasi absen online gratis yang melayani kebutuhan mahasiswa dan karyawan.

Aplikasi Absen Online sendiri sudah banyak digunakan sejak awal pandemi. Langkah ini memperkenalkan Anda ke sekolah dari rumah dan praktik Bekerja dari Rumah untuk pekerja kantoran.

Jadi produk mana yang paling populer dari produk aplikasi penunjuk waktu online serbaguna yang ada di pasaran?

Untuk mempermudah penggunaan Qwords, kami telah menyusun daftar lengkap aplikasi absen online dan manfaatnya.

Aplikasi Absen Online Karyawan
cdn.statically.io

Manfaat Aplikasi Absen Online

Sebelum membahas profil masing-masing aplikasi, ada baiknya mengetahui perbedaan keuntungan jika suatu perusahaan menggunakan sistem absen online.

1. Akses Mudah

Aplikasi cap waktu online hampir sama dengan aplikasi generik. Ikuti instruksi perusahaan untuk mengunduhnya secara gratis dari Play Store atau App Store.

Teknologi yang digunakan juga sangat canggih. Selain berjalan secara online, aplikasi absen online ini juga terintegrasi dengan layanan cloud platform lainnya untuk memudahkan pengguna.

Misalnya, aplikasi absen online ESS Gaji ID tidak hanya memenuhi fitur dasar yang dibutuhkan oleh karyawan, tetapi juga mencakup kemampuan untuk menautkan ke dompet digital Dana.

2. Efektif dan Efesien

Selain untuk melayani kebutuhan absensi Anda, aplikasi time-lapse online seringkali dilengkapi dengan berbagai fitur.

Teman-teman Qwords dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa gaji Anda, memantau status promosi Anda, melihat jadwal kerja Anda dan banyak lagi.

Beberapa layanan aplikasi absen online bahkan dapat digunakan untuk memproses izin dan aplikasi liburan sehingga sangat efisien dan efektif bagi karyawan.

3. Sulit Untuk Dimanipulasi

Aplikasi pengaturan waktu online sulit untuk ditangani. Berbeda dengan sistem pelacak waktu lama yang menggunakan kartu nama manual atau pembaca sidik jari.

Setidaknya tiga elemen data dikumpulkan dari proses Absen Online. Pertama kali, lalu lokasi tag GPS dan selfie.

4. Biaya Terjangkau

Pengaturan waktu online berbasis aplikasi bekerja dengan cara yang sama seperti pengaturan waktu manual atau sidik jari.

Namun, perusahaan tidak perlu mempersiapkan kehadiran peralatan khusus seperti pembaca sidik jari atau presensi register.

Yang perlu dilakukan karyawan hanyalah membuka aplikasi di smartphone mereka lalu mengaktifkan fitur GPS dan kamera untuk berfoto selfie.

Tidak ada biaya operasional, karena alat pengatur waktu dan aplikasi tersedia secara gratis.

Rekomendasi Aplikasi Absen Online Terbaik

Selain daftar di bawah ini, sebenarnya ada beberapa aplikasi absen online yang tersedia di pasaran. Namun, sejauh ini berbagai aplikasi berikut menjadi rekomendasi kami.

1. Hadirr

Aplikasi Absen Online pertama yang kami rekomendasikan adalah Present. Dengan menggunakan aplikasi ini, teman-teman Qwords dapat mengambil kehadiran mereka dari lokasi yang disepakati.

Misalnya, jika Anda bekerja dari jarak jauh selama pandemi, Anda mungkin berada jauh dari rumah atau motel yang sebelumnya telah dilaporkan ke HRD.

Selain teknologi Global Positioning System (GPS), layanan Presentr dilengkapi dengan sistem identifikasi biometrik berbasis wajah untuk mengurangi kecurangan karyawan.

2.ESS Gaji ID

ESS Gaji ID adalah aplikasi yang sangat responsif dan dapat diandalkan. Aplikasi ini sudah memiliki fitur untuk pekerjaan waktu online, kalender karyawan, aplikasi liburan / liburan, pencetakan penggajian, data karyawan.

Modus pengoperasian aplikasi ini mirip dengan layanan penunjuk waktu online pada umumnya, yaitu karyawan harus mengaktifkan GPS dan menggunakan kamera depan untuk berfoto selfie.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ESS Gaji ID juga menawarkan kemampuan untuk mengintegrasikan dompet digital Dana untuk memfasilitasi transaksi karyawan.

3. Smart Presence

Aplikasi yang direkomendasikan berikutnya adalah Smart Presence. Aplikasi Smart Presence tidak hanya menyasar pekerja kantoran, tapi juga bisa digunakan oleh pelajar.

Khusus untuk digunakan di lingkungan sekolah atau kampus, aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan guru dan orang tua untuk memantau aktivitas anak secara real time. Sangat menarik bukan?

4. Sleekr

Sleekria saat ini banyak digunakan oleh HR Admin atau HR Manager untuk mengatur manajemen waktu karyawan.

Mereka menawarkan berbagai fitur untuk manajemen dan karyawan sebagai pengguna akhir. Beberapa di antaranya adalah perhitungan gaji, persyaratan lembur, perhitungan SPT untuk memudahkan pajak tahunan.

5. KaryaONE

Fitur terpenting KaryaONE adalah integrasi data yang mudah dari timer tradisional.

Anda dapat secara otomatis mengimpor database dari pembaca sidik jari atau sistem kehadiran berbasis RFID (Radio Frequency Identification) ke dalam aplikasi untuk diproses ulang.

Selain itu, KaryaONE juga menawarkan fitur pengajuan izin/cuti melalui aplikasi sehingga karyawan tidak harus bertemu langsung dengan HRD atau supervisor.

6. Waktoo

Eksperimen yang tak kalah menarik berikutnya adalah Waktoo. Keunggulan dari aplikasi formulir waktu online ini adalah ketepatan waktu dan pelacakan lokasi pengguna secara real-time.

Ada juga laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk memudahkan proses validasi data waktu.

7. Talenta

Talenta adalah aplikasi pelacakan waktu online dengan banyak fitur. Misalnya fitur GPS, manajemen database karyawan, penggajian, untuk keperluan administrasi.

Tampilan bersih dan keramahan pengguna adalah nilai plus berikutnya dari layanan ini. Sebagai supervisor atau manajer sumber daya manusia, Anda dapat menolak dan menyetujui permintaan liburan secara real time berkat database bawaan.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi absen online kurang lebih memberikan solusi manajemen karyawan bagi perusahaan saat terjadi pandemi.

Berkat inovasi yang satu ini, banyak fungsi dan fasilitas yang bisa diraih. Mulai dari efisiensi pendataan karyawan, penghematan biaya operasional hingga mempercepat proses administrasi.

Baik bagi perusahaan maupun karyawan, ini tentu sangat berguna untuk tugas sehari-hari, karena semua masalah dapat diselesaikan dengan satu aplikasi.

Bagaimana? Ingin menggunakan salah satu aplikasi di atas?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *