Samsung Chromebook 4
Samsung Chromebook 4

Laptop Samsung Chromebook 4 yang Bikin Penasaran

Sehabis berupaya fitur ASUS Chromebook C214, aku jadi penasaran pada laptop Samsung Chromebook 4 dari pabrikan lain. Aku penasaran apakah pengalaman yang diberikan melalui fitur Chromebook itu seragam ataupun tidak? Bisakah aku memanfaatkannya buat kebutuhan kerja?

Rasa penasaran itu terjawab kala aku perlu laptop pengganti. Kebetulan laptop Windows aku hadapi kehancuran. Aku juga wajib mencari laptop pengganti. Kala itu, aku memandang terdapat produk Chromebook harga Rp2, 5 jutaan dari 2 brand berbeda. Aku juga memilah produk dari Samsung, ialah Samsung Chromebok 4.

Samsung Chromebook 4
Samsung Chromebook 4

Samsung Chromebook 4 ini ialah produk formal dari Samsung Indonesia. Maksudnya, produk ini dipastikan garansi resminya oleh Samsung Indonesia.

Semata- mata data, Chromebook merupakan fitur laptop dengan Chrome OS, suatu sistem pembedahan besutan Google. Di dalamnya ada browser Chrome yang dapat dioptimalkan buat bermacam pemakaian. Terlebih Chrome OS menawarkan suatu yang menarik, sokongan buat menginstal aplikasi Android.

Walaupun diperuntukan buat pendidikan, Samsung Chromebok 4 ini aku pakai buat bekerja. Gimana hasilnya? Langsung saja ikuti pembahasan aku soal Samsung Chromebook 4 sehabis aku gunakan buat bekerja lebih dari 2 pekan.

Inilahk Spesifikasi Samsung Chromebook 4,mari simak secara seksama

Samsung Chromebook 4

  • Layar: 11. 6″ HD LED Display 1366×768 piksel Anti- Reflective
  • Processor: Intel® Celeron® Processor N4020( 1. 10 Ghz up to 2. 70 Ghz 4 MB L2 Cache)
  • Sistem Pembedahan: Chrome OS
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 600
  • RAM: 4GB LPDDR4 Memory On BD 4 GB
  • Storage: 32GB eMMC 5. 1
  • Konektivitas: 802. 11 ac wave2 2X2 Bluetooth
  • Port: 1 x COMBO audio jack, 1 x Type- A USB 3. 0( USB 3. 1 Gen 1), 1 x Type- C USB 3. 0( USB 3. 1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x micro SD card
  • Baterai: 3- Cell 50 Wh Battery
  • Isi Kotak Penjualan

Samsung Chromebok 4 yang aku beli tiba dengan kardus standar laptop pada biasanya. Kardusnya lumayan simpel serta tidak terdapat perihal menarik yang dapat aku ceritakan dari tampilan kardusnya.

Isi kemasannya pula simpel. Bila Kamu membeli Samsung Chromebok 4, Kamu cuma hendak memperoleh laptop Samsung Chromebook 4, kabel pengisian energi USB Type- C to USB Type- C, charger, serta pula novel panduan. Tidak terdapat bonus tas ataupun pernak- pernik bonus yang lain.

Bodi Desain serta Keyboard

Mempunyai ukuran 287. 9 x 202. 3 x 16. 7 milimeter serta bobot yang lumayan ringan, ialah 1 kilogram, membuat aku lebih bebas bawa Samsung Chromebook 4 kemana- mana. Di tas aku juga, fitur ini terasa ringan. Tidak semacam bawa suatu laptop.

Bodi yang ringan ini dibalut plastik polikarbonat. Bahan yang universal di laptop kelas terjangkau. Yang menarik malah pemilihan warna serta tampilan desain Samsung Chromebok 4 ini. Apabila menilik fitur Chromebook lain di kelas harga murah, mayoritas desainnya seadanya. Para produsen nampak fokus pada build quality.

Samsung Chromebook 4 pula memiliki build quality yang bagus. Tetapi, Samsung pula berikan kesan desain yang berbeda di Samsung Chromebook 4. Melalui varian warna yang diucap Platinum Titan, Samsung Chromebook 4 tampak mempesona bila dibanding Chromebook terjangkau lain yang banyak menawarkan warna gelap.

Perihal yang bisa jadi aku kritisi merupakan tombol power yang menyatu di keyboard. Perihal yang universal buat laptop murah belum lama ini. Pasti sesungguhnya tombol power dapat terpisah. Serperti yang dicoba ASUS di ASUS Chromebok C214.

Kamera

Ngomong- ngomong soal kamera, aku dapat katakan kamera di Samsung Chromebook 4 lumayan oke digunakan buat aktivitas konferensi video. Tidak terdapat kabar soal spesifikasi resolusi kamera Samsung Chromebok 4. Di web formal Samsung, cuma disebutkan bila kamera yang digunakan merupakan 720p HD Camera.

Aku memakai kamera ini buat konferensi video. Sekali di Google Meet serta sekali di Zoom. Mutu kameranya sih terkategori oke. Bukan yang sempurna memanglah namun paling tidak tidak sangat buram. Sinar serta posisi laptop hendak sangat mempengaruhi pada mutu kameranya dikala digunakan, baik di Google Meet ataupun Zoom.

Layar

Samsung Chromebook 4 memperkenalkan ukuran layar 11, 6 inci. Layar yang lumayan kecil buat dimensi orang berusia tetapi lumayan standar serta oke buat dimensi pelajar ataupun kanak- kanak. Mempunyai layar beroslusi HD 1366 x 768 piksel.

Tidak terdapat data perinci tentang panel yang dipakai di laptop ini. Mungkin besar panelnya TN TFT ataupun PLS TFT. Sebab sudut pandang tampilan Samsung Chromebook 4 tidak sangat menonjol.

Yang jelas, di web resminya, disebutkan bila layarnya menawarkan teknologi HD LED Display serta Anti- Reflective. Fitur Anti- Reflective ini mirip semacam Anti Glare. Fitur ini membolehkan layar laptop tidak memperkenalkan pantulan sehingga membuat aman digunakan.

Chrome OS

Aku butuh menegaskan, walaupun laptop ini murah, tetapi ini bukan laptop Windows. Ini merupakan laptop yang menawarkan Chrome OS. Chrome OS merupakan sistem pembedahan besutan Google yang memaksimalkan Google Chrome buat digunakan bermacam kebutuhan. Kebutuhan buat belajar serta produktivitas dapat terakomodir dengan Google Chrome serta layanan Google yang lain.

Sebab itu, bila mau membeli laptop ini, yakinkan terlebih dulu bila Kamu tidak bergantung pada aplikasi yang cuma terdapat di Windows. Buat aplikasi lain, sesungguhnya dapat terdapat alternatif sebab Chromebook telah menunjang aplikasi Android. Hadirnya Google PlayStore jadi opsi menarik sebab banyak aplikasi Android dapat berjalan di Chromebook.

Aplikasi- aplikasi yang lain buat mendukung kegiatan muncul pula di Chrome Website Store. Contohnya merupakan aplikasi Zoom. Aplikasi Zoom muncul di Chrome Website Store selaku aplikasi native yang sesuai digunakan buat kebutuhan konferensi video. Google Meet pula ada di Chrome OS.

Performa CPU

Samsung Chromebook 4 muncul dengan prosesor Intel Celeron N4020. Prosesor ini terbuat dengan fabrikasi 14 nm dengan jumlah 2 inti serta 4 untaian alias 2 core 2 threads. Kecepatan prosesornya cuma 1, 1 GHz namun memiliki frekuensi burst hingga 2, 8 GHz.

Prosesor ini dikeluarkan Intel pada 2019. Di 2020 serta 2021, prosesor ini banyak digunakan di laptop Windows harga terjangkau. Di Windows, performa laptop dengan prosesor ini terkategori kurang kencang buat kebutuhan era saat ini.

Chromebook terjangkau pula banyak yang mengenakan Intel Celeron N4020. ASUS Chromebook C214 salah satunya. Sebagian Chromebook lain yang bisa ditemui di pasaran pula banyak yang memakai

Intel Celeron N4020.

Performa Grafis

Samsung Chromebook 4 memiliki pengolah grafis terintegrasi bernama Intel UHD Graphic yang memiliki 12 unit eksekusi. Aku tidak berharap banyak dengan performa grafis dari laptop ini. Toh laptop ini diperuntukan buat pendidikan.

Tetapi, sebab Chrome OS menunjang aplikasi Android, aku coba jalankan gim terkenal semacam Mobile Legends. Gimnya berjalan dengan baik serta lumayan aman. FPS- nya tidak sangat terasa turun namun pasti FPS yang didapatkan pula tidak tinggi- tinggi amat.

Satu perihal yang tentu, aku tidak berupaya gim Genshin Impact di Samsung Chromebook 4. Jelas hendak percuma. Gim lain semacam PUBG Mobile serta Gratis Fire kayaknya masih dapat jalur sebab kedua gim tersebut sempat aku uji di ASUS Chromebook C214.

Fitur- fitur Lain

Tidak terdapat fitur lain yang menonjol dari Samsung Chromebook 4 yang dapat aku bahas di bagian ini. Laptop ini tidak menunjang WiFi 6, cuma WiFi 5. Lagipula, WiFi 5 sesungguhnya tidak permasalahan sebab belum seluruh tempat ataupun zona WiFi telah mengenakan teknologi WiFi 6.

Soal Bluetooth pula tidak dapat aku jelaskan lebih lanjutkan. Di situsnya tidak terdapat penjelasan Bluetooth tipe apa yang digunakan laptop ini. Mungkin Bluetooth 5. 0.

Baterai

Terdapat satu pengorbanan kala aku mengenakan Samsung Chromebook 4 dengan 2 layar, ialah energi tahan baterai. Pemakaian layar bonus membuat energi tahan baterai Samsung Chromebook 4 lebih kilat habis. Kira- kira kisaran hingga 6 jam.

Jika tanpa layar bonus, Samsung Chromebook 4 ini diklaim bisa bertahan hingga 12, 5 jam. Klaim tersebut tidak kelewatan mengingat aku dapat bawa Samsung Chromebook 4 ke kantor dari pagi hingga sore tanpa mengenakan charger. Apalagi, persen baterainya masih tersisa.

Tidak hanya memiliki energi tahan baterai yang baik, Samsung Chromebook 4 memiliki keahlian pengisian yang kilat. Dari baterai di dasar 20 persen hingga penuh diperlukan waktu dekat 90 menit saja.

Pasti perihal tersebut berkat charger yang menunjang pengisian kilat. Charger tersebut merupakan charger yang ringan. Apalagi, sesungguhnya, charger ini dapat mengisi energi ponsel. Jadi tidak butuh repot membawa 2 charger.

Kelebihan Samsung Chromebook 4

  • Desain Premium
  • Build Wuality yang Baik serta Sertifikasi MILD- STD- 810
  • Harga murah
  • Chrome OS yang membagikan pengalaman baru serta maksimal walaupun dengan spesifikasi yang biasa
  • Keyboard yang aman buat mengetik
  • Baterai awet serta pengisian cepat
  • Ringan

Kekurangan Samsung Chromebook 4

  • Tombol power yang menyatu dengan keyboard
  • Sedikitnya port
  • Arah speaker yang menuju ke dasar.

Samsung Chromebook 4 banyak dijual di toko online dengan harga Rp2, 5 jutaan. Harga yang sangat murah serta dapat jadi opsi menarik untuk banyak orang, paling utama untuk mereka yang perlu laptop terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *