Metode Aman Mematikan Laptop
Metode Aman Mematikan Laptop

Macam-macam Metode Aman Mematikan Laptop Agar tidak Rusak

Halo sahabat kali ini saya akan menyajikan beberapa macam metode aman mematikan Laptop.Kebanayakan orang mematikan perangkat lewat tombol Start. Setelah itu, mengeklik tombol Power serta dilanjutkan dengan memencet tombol Shut Down. Tetapi, gimana jika tombol Start tidak bereaksi ataupun laptop hadapi kendala? Tentu bakal repot banget, kan?

Metode Aman Mematikan Laptop
Metode Aman Mematikan Laptop

Kali ini, saya ingin mangulas seputar bermacam- macam metode aman mematikan laptop yang baik serta benar.

1.Mengeklik Kanan pada Tombol Start

Untuk cyang pertama metode aman mematikan perangkatyaitu melalui tombol star.

Tidak hanya klik kiri, tombol Start pula menimbulkan menu dikala kalian mengeklik kanan pada mouse. Buat mematikan laptop, cari menu“ Shut down or sign out” yang terdapat di posisi kedua sangat dasar. Menu ini hendak menampilkan sebagian opsi, semacam Restart, Sleep, Shut Down, serta Sign Out. Langsung aja klik Shut Down serta laptop hendak mati dengan sendirinya.

2. Memakai Command Prompt

metode aman mematikan Laptop selanjutnya melalui Command Prompt. Ini ia metode mematikan perangkat yang unik, ialah mengenakan Command Prompt ataupun CMD. Aplikasi ini dapat menerima serta melakukan perintah yang kita masukkan dalam wujud tulisan. Saat sebelum membuat perintah, sayaers wajib tau gimana triknya mengakses Command Prompt.

Awal, cari Command Prompt dengan mengetikkan namanya pada kolom pencarian di Start. Sehabis ketemu, tekan tombol Enter. Kalian pula bisa memakai campuran tombol Windows+ R di keyboard- mu. Berikutnya, hendak timbul kolom penelusuran serta tinggal ketikkan“ cmd”, setelah itu klik tombol OK.

Inilah sebagian trik mematikan pc mengenakan Command Prompt:

Trik 1: Membuat perintah supaya pc mati dengan cepat

Ketikkan perintah“ shutdown- s” pada Command Prompt, kemudian tekan tombol Enter. Tunggu kotak diskusi yang berisi penjelasan kalau“ Windows hendak dimatikan dalam kurang dari satu menit”. Berikutnya, klik Close. Perintah“- s” yang tadinya kalian masukkan bertujuan buat men- shutdown fitur.

  • Trik 2: Membuat hitung mundur saat sebelum pc mati

Metode aman mematikan Laptop selanjutnya tidak membuat perangkatmati begitu saja sehabis perintah dijalankan. Misalnya, kalian mau membuat laptopmu ter- shutdown dalam waktu 5 menit. Kita bisa ketikkan“ shutdown- s- t 300” pada kolom Command Prompt. Kata“- t” berperan menyetel waktu dalam wujud detik sebab 300 detik sama dengan 5 menit.

  • Trik 3: Menimbulkan pesan dikala pc mati

Ketik perintah shutdown- s- t 300- c“ isi pesan”. Jangan kurang ingat masukkan ciri kutip buat mengapit kalimat pesan, ya. Cobalah ketik pesan iseng semacam“ Hore! Saya dapat mematikan laptop dengan CMD!”. Setelah tekan tombol Enter, pesanmu hendak ditampilkan saat sebelum pc mati.

Jika ingin membatalkan perintah yang telah dituliskan di Command Prompt, terdapat triknya pula, lo. Saat sebelum laptop mati, ketik“ shutdown- a” biar perintah yang sudah dijadwalkan menyudahi. Tekan tombol Enter pada keyboard. Cek di pojok kanan dasar layar laptop serta kalian hendak menciptakan kotak diskusi bertuliskan“ Logoff is cancelled”.

3. Membuat Shortcut Sendiri

Buat shortcut baru dengan mengeklik kanan mouse pada layar desktop. Masukkan“ Shutdown. exe- s- t 00” pada kolom yang timbul. Setelah itu, klik Next hingga prosedur berakhir. Berakhir, deh! Pintasan Shut Down buatanmu hendak langsung timbul pada layar desktop.

4. Memakai Campuran 3 Tombol

Terdapat 2 trik mematikan laptop dengan keyboard. Awal, memakai tombol alt+ F4 dikala terletak pada desktop. Yakinkan kalian tidak memencet ini kala aplikasi masih terbuka sebab malah hendak menutup aplikasi tersebut. Sehabis itu, tekan tombol U ataupun klik OK supaya proses shutdown berjalan.

Trik kedua merupakan mengenakan campuran tombol Windows+ U+ U. Sama dengan metode tadinya, laptop hendak mati dalam waktu pendek. Jangan kurang ingat buat menutup seluruh aplikasi biar shutdown tidak terhambat.

5. Mengendalikan Ulang Tombol Power

Metode aman mematikan Laptop terakhir ini hendaknya dicoba dikala terletak dalam suasana darurat saja sebab bisa berdampak kurang baik pada laptop. Tombol Power yang biasa ditekan buat menghidupkan laptop dapat disetel selaku tombol Shut Down. Buka Pengaturan, seleksi Control Panel, kemudian klik Hardware& Sound. Pada menu Power Option, sayaers bisa mengganti setelan tombol Power dari Sleep ke Shut Down.

Begitulah metode mematikan laptop yang baik serta benar. Mudah banget, kan? Jika kalian giat mematikan fitur dengan metode Shut Down, usianya dapat lebih awet serta hemat listrik. Tetapi, bila sangat kerap menidurkan laptop sedangkan dengan metode Sleep ataupun Hibernate dapat membuat laptop kilat rusak.

Nah,begitulah sahabat metode aman mematikan laptop yang sangat mudah untuk kita lakukan.Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *