ASUS VivoBook 15 oled K513EA

Mengulas ASUS VivoBook 15 oled K513EA, Laptop dengan Layar OLED Termurah

Kami agak kaget kala kami kehadiran suatu laptop dengan layar OLED dari ASUS. Bukan apa- apa, laptop OLED umumnya muncul dengan harga puluhan juta.

Apalagi, tidak sering ditemui laptop dengan layar OLED yang dibanderol dengan harga belasan juta. Tetapi, di meja kami, terdapat suatu laptop bernama ASUS VivoBook 15 OLED K513a yang nyatanya dibanderol di dasar Rp10 jutaan.

ASUS VivoBook 15 oled K513EA

Perihal ini jelas menarik. Jarang- jarang terdapat laptop OLED dengan harga terjangkau. Nampak jika kedatangan ASUS VivoBook 15 OLED K513 dapat merangsang hadirnya laptop OLED lain dengan harga yang lebih terjangkau.

Sesungguhnya, ASUS telah ASUS VivoBook 15 K513 ke pasaran. Spesifikasi yang ditawarkan mirip. Bersama mengenakan Intel Core generasi ke- 11. Cuman yang ini tuh dapat dibilang tipe refresh dari tadinya. Tetapi bukan cuman refresh biasa sebab ini penyegaran yang bagus berkat panel OLED yang dimilikinya.

ASUS VivoBook 15 OLED K513 sendiri memiliki banyak varian serta SKU. Unit yang kami uji ini merupakan ASUS VivoBook 15 OLED K513EA dengan prosesor i3- 1115G4 Tiger- Lake- U berbasis fabrikasi 10 nm serta memiliki kecepatan 3 GHz. Varian ini dinamakan ASUS VivoBook 15 OLED K513EA.

Lalu, semacam apa ASUS VivoBook 15 OLED K513EA ini? Benarkah OLED yang ditawarkan laptop ini menarik?

Langsung saja ikuti pembahasan ataupun review ASUS VivoBook 15 OLED K513EA berikut ini.

Spesifikasi ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

  • Layar: 15. 6- inch, OLED, FHD( 1920 x 1080) 16: 9, Glossy display, 400nits, DCI- P3: 100%, Screen- to- body ratio: 85%- backlit Full HD( 1920 x 1080) 16: 9 display
  • Processor: Intel® Core™ i3- 1115G4 Processor 3. 0 GHz( 6M Cache, up to 4. 1 GHz, 2 cores)
  • Graphic Card: Intel® UHD Graphics
  • RAM: 4GB DDR4 on board, Memory Max Up to: 16GB
  • Storage: 256GB Meter. 2 NVMe™ PCIe® 3. 0 SSD
  • Konektivitas: Intel WiFi 6 with Gig+ performance( 802. 11ax), Bluetooth V5. 0
  • Port: 1x USB 3. 2 Gen 1 Type- A. 1x USB 3. 2 Gen 1 Type- C. 2x USB 2. 0 Type- A. 1x HDMI 1. 4. 1x Headphone out, Micro SD card reader. Micro SD 4. 0 card reader
  • Baterai: 50WHrs, 3S1P, 3- cell Li- ion

Bodi Desain serta Keyboard

ASUS VivoBook memiliki banyak varian laptop dengan desain yang biasa hingga yang istimewa. ASUS VivoBook 15 OLED K513EA tercantum yang mempunyai desain istimewa. Desainnya memanglah cenderung premium. Sementara itu, desain bodinya ini merupakan campuran aluminium alloy serta plastik.

Campuran desain tersebut menciptakan suatu laptop yang terasa lezat digenggam. Walaupun sayangnya di bagian permukaan laptop ini mudah terserang sidik jari. Tetapi kesan premiumnya tidak lenyap. Paling tidak bagi kami. Terlebih logo ASUS VivoBook di laptop ini jadi membuat laptop ini memiliki nilai lebih.

Bobotnya pula ringan, cuman 1, 7 kilogram. Ringan buat suatu laptop dengan dimensi layar 15 inci. Kala kami menggenggam laptop ini, laptop ini terasa enteng serta membuat kami bebas buat bawa kemana- mana.

Bila dibanding seri Zenbook, laptop ini kalah tipis. Tetapi, perihal ini lumayan normal mengingat kelas biayanya. Buat ketebalannya sendiri merupakan 1, 79 centimeter. Sedangkan seri ASUS ZenBook lain umumnya memiliki kisaran 1, 39 centimeter. Panjang laptopnya sendiri merupakan 35, 9 centimeter serta lebar 23, 5 centimeter. Contohnya semacam ASUS ZenBook 13( UX325).

Mengingat layar laptop ini 15 inci, kami lumayan mengakui jika ukuran yang ditawarkan terkategori menarik. Sebab itu, kami tidak segan menyebut ASUS VivoBook 15 OLED K513EA tidak terasa berat kala masuk ke dalam tas.

Oh yah, ngomong- ngomong soal tas, di kotak penjualan laptop ini tidak ada tas spesial. Di kotak penjualan cuma terdapat laptop, charger, novel manual, serta peralatan slot bonus bila HDD/ SSD 2, 5 inci.

Sedangkan soal charger, laptop ini menawarkan port DC- in, bukan USB Type- C Power Delivery. Posisi lubang DC- in terdapat di sebelah kanan laptop bertepatan dengan port HDMI, satu port USB 3. 2 Gen 1 Type- A, USB- C 3. 2 Gen 1, audio jack, serta microSD card reader.

Sedangkan buat sisi lain alias sisi sebelahnya, terdapat 2 port USB 2. 0 Type- A. 2 port ini dapat digunakan buat mouse eksternal ataupun buat kebutuhan yang lain.

Tidak terdapat tombol power di bagian samping. Tombol power malah terdapat di bagian keyboard. Letaknya sangat atas, tetapi tidak berdekatan dengan tombol” Del”. Soalnya, laptop ini menawarkan layout keyboard secara penuh. Itu maksudnya, terdapat tombol angka- angka di bagian samping yang biasa digunakan buat mereka yang kerap menghitung.

Bicara soal keyboard, kami merasa keyboard laptop ini lezat digunakan. Sesuai untuk yang perlu laptop buat kerja serta perlu tombol angka- angka. Soal pengalaman mengetik, keyboard laptop ini membagikan pengalaman mengetik yang mengasyikkan serta pula tidak membuat pegal.

Tidak hanya itu, hadirnya backlight putih di keyboard ini pula membuat aman mengetik di keadaan kurang sinar. Kecerahan backlight di keyboard ini sendiri bisa dapat diatur dengan tombol F7.

Soal touchpad, kami tidak banyak pendapat sebab tidak sering dipakai. Kami lebih memilah mengenakan mouse. Cuma sesekali kami coba serta kami merasa, touchpad di laptop ini memiliki luas yang terasa kurang. Sementara itu, masih terdapat ruang buat touchpad supaya lebih panjang. Tetapi sekali lagi, kami sih fine- fine aja soal touchpad ini.

Di bagian touchpad, terdapat kotak kecil di sudut atas kanan. Sebelumnya kami pernah berpikir jika unit yang kami uji ini bakalan memiliki fingerprint serta kotak tersebut merupakan lokasinya.

Tetapi, kotak tersebut cuma berperan selaku klik kanan saja. Tidak selaku fingerprint ataupun selaku tombol buat menyalakan nomor- nomor di touchpad yang universal ditemui di laptop ASUS.

Kami lumayan puas soal desain laptop ini. Tidak banyak gimmick tetapi senantiasa terkesan premium buat kelas biayanya. Dapat dibilang, membawa laptop ini tidak hendak sangat malu- maluin. Lumayan oke buat dijadikan andalan buat kerja ataupun dibawa ke kampus ataupun sekolah.

Layar

Cocok namanya, serta telah disebutkan di dini, ASUS VivoBook 15 OLED K513E ini menawarkan layar OLED. Angka 5 di kode nama membuktikan jika laptop ini memiliki layar 15, 6 inci. Layarnya sendiri merupakan layar Full HD 1920 x 1080 piksel dengan rasio layar ke bodi sebesar 85 persen.

Layarnya sendiri tidak terasa lebar berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi ini membuat layar laptop memiliki bezel yang tipis sehingga membuat ukuran bodi dapat lebih ramping seperti laptop 14 inci. Sangat yang agak tebal bagian atas serta dasar.

Jika bagian atas normal sebab terdapat webcam yang dapat dimanfaatkan buat konferensi video online buat kebutuhan kerja maupun belajar online. Mutu videonya sendiri sih lumayan oke sepanjang keadaan ruangan serta sinar lumayan. Bila agak hitam, webcam hendak menciptakan tampilan video yang agak buram serta banyak noise.

Kembali lagi ke soal layarnya, kami telah berulang kali menyebut jika laptop ini menawarkan layar OLED. Tetapi, kami wajib menegaskan kalau layar OLED di laptop ini pasti berbeda dengan layar OLED yang terdapat di laptop kelas premium.

Layar OLED di laptop ini ialah layar spesial besutan ASUS. Sebab itu, layarnya diucap layar ASUS OLED. Teknologi layar ASUS OLED ini hadirkan bermacam fitur serta keahlian yang membuat layarnya memiliki keunggulan dibanding panel IPS pada biasanya.

Keunggulan yang awal terdapat pada mutu tampilan warna laptop yang betul- betul oke. Sederhananya, layar ASUS OLED memiliki warna yang lebih kaya serta lebih jelas dibanding panel layar standar. Ini dapat tercapai sebab laptop ini menawarkan teknologi layar dengan DCI- P3 serta tingkatan kecerahan 400 nits.

Keunggulan kedua merupakan panel layar yang aman buat mata. Berkat sertifikasi TUV Rheinland, layar laptop ini sanggup kurangi sinar biru sehingga membuat mata lebih sehat. Sebab itu, layar ASUS OLED ramah pada mata kanak- kanak berkat pengurangan sinar birunya yang dapat mengusik pertumbuhan serta perkembangan si anak.

Keunggulan ketiga, layar ASUS OLED memiliki keahlian buat menunjukkan foto yang jelas walaupun terletak di keadaan tingkatan kecerahan layar yang rendah. Klaim dari ASUS, layar laptop ini memiliki dapat tampilan warna lebih perinci, meski sekali lagi walaupun diatur dengan tingkatan kecerahan rendah.

Keunggulan keempat, layar ASUS OLED bisa hadirkan warna gelap yang perinci dan memiliki keahlian kontras yang sangat ekstrim. Satu lagi keunggulan yang lain merupakan ASUS OLED ini bisa hadirkan reaksi time luar biasa kilat, diklaim 50 kali lebih kilat dibandingkan panel LCD. Buat keunggulan kelima ini baru terasa dikala bermain gim.

Soal ASUS OLED ini, kami merasa ASUS mau berupaya hadirkan panel yang mendekati OLED. Tujuannya supaya layar laptop bisa membuat aman mata pengguna. Kami pula merasa layar yang ditampilkan laptop ini memanglah menarik serta membagikan kenyamanan pada mata.

Tampilan warna dari laptop ini memanglah betul- betul hidup. Cuma saja terdapat catatan berarti yang butuh pembaca tahu. Meski layar laptop ini menawarkan layar OLED serta memiliki DCI- P3 100%, tidak dan merta laptop ini sesuai buat desain handal.

Alasannya, unit yang kami uji merupakan unit yang layarnya tidak tersertifikasi Pantone Validated. Berita baiknya, ASUS VivoBook 15 OLED K513E ini memiliki varian layar yang menunjang Pantone Validated. Laptop dengan Pantone Validated sendiri ialah laptop yang tersertifikasi industri Pantone yang tujuannya spesial buat desain sebab sanggup hadirkan warna yang mirip aslinya.

Tetapi, sekali lagi, bukan berarti laptop ini tidak boleh digunakan buat mendesain. Mendesain ataupun mengedit di laptop ini masih dapat kok, Semata- mata coret- coret standar masih boleh. Beda cerita pasti, buat desainer yang sangat sensitif dengan keakuratan warna, bisa jadi tidak hendak sangat sesuai dengan laptop ini.

ASUS VivoBook 15 OLED K513E sendiri hadirkan panel layar yang tidak menunjang teknologi sentuh. Tidak hanya itu, layarnya tidak dapat diputar alias bentukan laptop ini merupakan clamshell. Layarnya pula tidak dapat sangat menekuk alias sudut miringnya tidak sangat jauh.

Performa CPU

ASUS VivoBook 15 OLED K513E yang kami uji merupakan varian yang mengenakan i3- 1115G4 Tiger- Lake- U berbasis fabrikasi 10nm serta memiliki kecepatan 3 GHz. Prosesornya ini memiliki 2 core serta 4 threads dengan TDP optimal 28 watt.

Prosesor tersebut ialah prosesor yang telah aman bila digunakan buat kebutuhan produktivitas, semacam kerja kantoran. Contohnya mengetik, mengerjakan tugas, kerjaan edit video serta desain ringan. Jika menilik hasil benchmark Geekbench 5, skor yang didapatkan merupakan 8. 076. Skor yang lumayan besar.

Performa Grafis

Selaku suatu laptop terjangkau, rasanya masuk ide bila ASUS VivoBook 15 OLED K513E tidak meningkatkan kartu grafis bonus. Performa grafis laptop ini cuma mengandalkan Intel UHD Graphics yang memiliki 48 eksekusi unit. Sebab itu, kami tidak sangat berharap banyak buat mengenakan laptop ini buat bermain gim.

Tetapi gak afdol rasanya jika laptop ini tidak kami uji main gim. Dengan sokongan RAM 4GB, kami memilah bermain gim Counter Strike Global Offensive ataupun CSGO. Gim ini kami mainkan di 720p serta terasa aman alias playable. Tetapi, buat resolusi 1080p, gim jadi terasa kurang aman. Lebih nyaman memanglah bermain gim CSGO di 720p bila mengenakan laptop ini.

Sebelumnya, kami pula bakal menguji Genshin Impact. Sayangnya, menilik performa dari CSGO, kami urungkan main gim tersebut, terlebih Genshin Impact perlu RAM 8GB. Pasti tidak elok memainkan gim tersebut.

Bersumber pada perihal tersebut, kami berpikir bila ASUS VivoBook 15 OLED K513E yang kami uji ini kurang sesuai buat bermain gim. Bisa jadi bakal beda cerita bila mengenakan varian lain yang prosesornya lebih kencang serta memiliki kartu grafis bonus.

Performa Harddisk

ASUS VivoBook 15 OLED K513E yang kami uji, muncul dengan SSD 256 GB. Jenis SSD yang digunakan merupakan SSD NVMe PCIE yang pasti dapat hasilkan performa yang kilat. Bersumber pada pengujian kami memakai CrystalDiskMark 8, SSD di ASUS VivoBook 15 OLED K513E ini memperoleh kecepatan baca 1. 777 MB/ s serta kecepatan menulis 374 MB/ s.

Kami agak kaget dengan hasil write ataupun menulisnya yang lumayan jauh dari membacanya. Umumnya rentangnya setengahnya. Sebab itu, kami uji lagi mengenakan CrystalDiskMark tipe 7. Hasilnya, kecepatan bacanya 1. 781 MB/ s serta kecepatan menulisnya kisaran 960 MB/ s.

Fitur

Tidak banyak fitur lain yang ditawarkan laptop ini, yang bagi kami dapat betul- betul istimewa. Tetapi, terdapat 2 perihal yang pantas kami bicarakan, yang awal merupakan soal teknologi AI noise- canceling mic.

Teknologi ini, membuat laptop memiliki keahlian tingkatkan performa mikrofon headset dengan meminimalkan kebisingan di latar balik buat memperkenalkan komunikasi suara online sebening kristal.

Review ASUS VivoBook 15 OLED K513EA, Laptop dengan Layar OLED Paling murah 51

Dengan teknologi tersebut, jelas membuat laptop ASUS VivoBook 15 OLED K513E ini terus menjadi maksimal digunakan buat konferensi video online. Tidak butuh takut terdapat suara bising lagi yang dapat mengusik kenyamanan berbicara dalam rangka bekerja serta belajar jarak jauh.

Review ASUS VivoBook 15 OLED K513EA, Laptop dengan Layar OLED Paling murah 53

Fitur kedua yang kami butuh angkat merupakan mutu suara. Percayalah, kami terkesima dengan mutu audio di laptop ini. Suara yang dihasilkan terasa keluar dari suatu speaker berkelas.

Perihal ini pasti saja berkat sertifikasi Harman/ Kardon yang dipunyai laptop ini. Suaranya sangat lezat serta jernih sehingga menikmati konten multimedia mengenakan laptop ini betul- betul mengasyikkan.

Baterai

ASUS VivoBook 15 OLED K513E dibekali baterai lithium- ion 42Wh 3- cells. Baterainya ini dapat dibilang memiliki energi tahan lama sepanjang pemakaian mengetik standar. Cuma saja digunakan menyaksikan video sembari tersambung internet, entah mengapa terasa boros. Menyaksikan video 20 menit 720p saja berkurangnya kisaran 9 persen.

Untungnya, perihal yang kami suka dari laptop ini merupakan waktu pengisiannya yang kilat. Dari energi 15% ke 75%, cuma memakan waktu dekat satu jam alias 60 menit. Sementar buat penuh diperlukan waktu bonus nyaris satu jam.

Simpulan

ASUS VivoBook 15 OLED K513E muncul selaku suatu laptop yang bisa penuhi kebutuhan hendak laptop terjangkau dengan layar yang menawan. Kedatangan laptop ini dapat jadi jawaban untuk mereka yang perlu laptop buat kerja sekalian menikmati konten multimedia.

Nilai jual utama laptop ini jelas merupakan layar ASUS OLED yang dapat jadi bawa standar baru laptop harga terjangkau. Betapa tidak, dengan harga di dasar Rp10 juta, kita dapat memperoleh laptop dengan layar seragam OLED. Suatu nilai plus pastinya. Tetapi, pasti terdapat nilai minus lain dari laptop ini yang dapat disimak rincian kelebihan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan ASUS VivoBook 15 OLED K513E

  • Desain bodi aluminium kuat, ringan, serta terasa premium
  • Layar ASUS OLED yang memanjakan serta menyehatkan mata
  • Performa terkategori oke
  • Keyboard dengan backlit warna putih yang terang
  • Mutu audio Harman Kardon yang juara
  • Sokongan upgrade RAM serta slot 2, 5 inci
  • Sokongan pengisian energi lumayan cepat

Kekurangan ASUS VivoBook 15 OLED K513E

  • Gambut warna yang kurang bersahabat dengan desainer
  • Kecepatan SSD NVME standar
  • Zona Touchpad yang kurang besar
  • Energi tahan baterai bukan yang terbaik

Kami menilai kalau ASUS VivoBook 15 oled K513EA ini sangat sesuai digunakan buat mereka yang perlu laptop dengan layar luas, memanjakan mata, ringan, serta pasti lezat dibawa kerja. Pelajar serta mahasiswa pula sangat sesuai buat membeli laptop ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *