7 Ide Menjanjikan Untuk Pengusaha Muda Ini Layak Untuk Dicoba!

7 Ide Menjanjikan Untuk Pengusaha Muda Ini Layak Untuk Dicoba!

Saat ini minat seseorang untuk menjadi seorang wirausaha sangat tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya bisnis baru yang bermunculan dan diperkenalkan setiap harinya. Terutama perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, seperti memasak, fashion (fashion), event creator, custom kendaraan, pariwisata.

Munculnya berbagai jenis usaha baru tentu menjadi kabar gembira bagi Indonesia. Karena apa lagi faktor utama yang bisa membuat perekonomian tumbuh lebih dari jumlah pengusaha yang terus bertambah?

7 Ide Menjanjikan Untuk Pengusaha Muda Ini Layak Untuk Dicoba!
image.cermati.com

Berbicara tentang wirausahawan, ShopBack yakin ada juga dari Anda yang berniat menjadi wirausahawan atau wiraswasta. Terutama Anda anak muda masa kini yang menyukai tantangan dan memiliki semangat juang yang tinggi.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi seorang wirausahawan tetapi bingung ingin memulai bisnis yang mana, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel kali ini ShopBack akan memberikan daftar 10 ide bisnis anak muda yang layak untuk dicoba. Ayo, lihat!

1. Blogger atau penulis lepas

Salah satu ide bisnis muda yang layak untuk dicoba saat ini adalah menjadi seorang blogger. Cuma dengan bekal jaringan internet, Komputer/ laptop, web blogging serta keahlian menulis yang baik, Kamu telah bisa menciptakan duit yang baik dari bisnis ini.

Ada juga berbagai metode yang digunakan untuk menghasilkan uang dari bisnis ini, yaitu:

  • Penempatan iklan (adsense atau mandiri)
  • Kolaborasi dengan beberapa merek
  • Menjadi Afiliasi
  • Menjual produk/jasa pribadi
  • Kursus penjualan
  • dan lainnya
  • Meskipun kebanyakan bisnis blogging dijalankan sendiri atau oleh beberapa orang, namun potensi pendapatannya tidak boleh dianggap remeh, lho. Karena sekarang sudah banyak contoh blogger sukses berpenghasilan diatas 1 milyar sebulan.

Salah satunya adalah seorang blogger asal Amerika Serikat alias Pat Flynn dengan blognya smartpassiveincome. Sedangkan di Indonesia, ada tokoh Raditya Dika yang kini dikenal luas sebagai penulis, sutradara, selebriti, komedian dan lain-lain. Dan semuanya menjadi mungkin berkat bisnis blogger yang ia alami di awal karirnya.

2. Toko online

Kehadiran internet telah membuka banyak peluang baru bagi kita untuk berbisnis. Salah satunya adalah kesempatan untuk membuka toko tanpa harus membayar pajak yang mahal untuk menyewa gedung dan mempekerjakan beberapa karyawan.

Peluangnya tidak lebih dari sebuah toko online. Toko online atau yang biasa disebut dengan E-commerce merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi bagi Anda anak muda yang memiliki banyak ide segar, baru dan kreatif.

Di toko online Anda bisa menjual berbagai jenis produk atau merchandise. Mulai dari baju, aksesoris, sepatu, sandal, topi, handphone, makanan dan minuman, hingga barang antik bisa kamu jual. Dan semua itu bisa kamu lakukan hanya dengan mengandalkan modal minimal lho.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis toko online, ada tiga alternatif cara yang bisa dilakukan:

Pertama, buat website Anda untuk menjual produk/jasa Anda. Contohnya adalah toko online Berrybenka.
Kedua, membuat toko online dengan mengandalkan platform e-commerce yang ada. Contohnya termasuk mendirikan toko online di Tokopedia dan Bukalapak.
Terakhir, Anda bisa menggunakan platform media sosial untuk berjualan, seperti Facebook dan Instagram.

3. Menjadi reseller atau dropshipper

Jika bisnis toko online terutama membutuhkan stok barang untuk dijual. Jadi, dalam industri reseller atau dropshipper, Anda sebenarnya tidak ada hubungannya jika tidak memiliki produk untuk dijual.

Pasalnya, dalam industri ini Anda hanya dituntut untuk memasarkan produk orang lain ke sebanyak mungkin orang. Dan jika ada produk yang berhasil dijual melalui Anda, otomatis Anda akan diberikan sebagian dari komisi penjualan. Oleh karena itu, bisnis reseller dan dropshipper ini juga cocok untuk anak muda.

Omong-omong, meskipun pada prinsipnya bisnis reseller dan dropshipper adalah bisnis yang secara eksklusif menjual produk orang lain, namun pada kenyataannya kedua bisnis tersebut memiliki cara kerja yang berbeda.

Jika di sistem retailer Anda menjual produk ke orang lain dengan tetap menggunakan nama perusahaan produk, di dropshipper Anda justru menjual barang menggunakan nama toko/perusahaan Anda. Artinya ketika Anda menjalankan bisnis reseller, Anda akan dianggap kurang lebih seperti agen.

Sedangkan ketika menjalankan bisnis dropshipper, Anda akan dianggap kurang lebih sama dengan pemilik toko. Meskipun mereka berdua tidak memiliki dan menjual produk mereka sendiri.

4. Bisnis binatu

Bagi Anda anak muda yang tinggal di perkotaan, terutama Anda yang berada di sekitar area kampus, membuka usaha laundry atau laundry mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Pasalnya, sebagian besar siswa menginginkannya praktis. Mereka tidak lagi ingin istilah khawatir tentang memberikan waktu untuk mencuci pakaian setiap 2-3 hari. Apalagi di tengah bayang-bayang PR kampus yang menumpuk hari demi hari. Ups!

Oleh karena itu, sebagian besar mahasiswa lebih cenderung memilih menggunakan fasilitas laundry di kampus daripada mencuci pakaian sendiri. Nah, sebagai anak muda yang pandai melihat peluang, kondisi ini seharusnya bisa dijadikan lahan potensial untuk digarap.

Dengan modal jaringan dan pelayanan yang baik, percayalah, Anda pasti bisa menghasilkan banyak uang dari bisnis ini. Tidak perlu takut dengan saingan!

5. Warkop atau kafe kecil

Anak muda jaman sekarang suka jalan-jalan. Entah itu nongkrong di halaman sekolah atau kampus, di rumah teman, atau mampir ke beberapa kafe yang menarik perhatian mereka.

Nah, munculnya tren seperti ini seharusnya menjadi peluang bagi Anda untuk membuka bisnis hangout yang bisa memenuhi harapan anak muda tersebut. Seperti memiliki warkop atau kafe kecil yang memiliki fasilitas Wi-Fi gratis, tempat yang nyaman, serta menu makanan dan minuman yang enak dan terjangkau.

Tidak punya modal? Mudah! Anda bisa joint venture dengan beberapa teman atau kerabat yang memiliki minat yang sama. Lagi pula, siapa bilang bisnis harus berdiri sendiri?

6. Layanan les privat

Jika Anda merasa memiliki kemampuan akademis yang layak, Anda juga bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk dijadikan bisnis. Seperti menjadi guru privat yang mengajar anak SD/SMP/SMA di rumah.

Bayarannya juga tidak kecil, guys. Bahkan jika Anda seorang mahasiswa salah satu universitas terbaik di Indonesia, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga 150 / ribu per siswa per jam. Bayangkan mengajar 5 siswa sekaligus. Hmm, dalam satu jam Anda berhasil mengantongi Rp. 750.000. Jadi bagaimana jika ada 6, 7, 10 atau 15 siswa?

7. Menjadi fotografer

Terakhir, ada juga ide bisnis anak muda yang patut dicoba. Ide bisnisnya adalah menjadi fotografer. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai fotografi dan memiliki spek kamera yang mumpuni. Meski tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka studio, itu tidak menjadi masalah.
Karena bisnis ini tetap bisa dijalankan dengan menawarkan pemotretan prewedding kepada teman atau kenalan yang akan menikah atau dengan menawarkan pemotretan ke sejumlah sekolah untuk keperluan buku tahunan sekolah. Intinya, selama ada kemauan, akan selalu ada jalan!

Nah berikut ini adalah penjelasan 7 ide wirausaha muda yang patut untuk dicoba. Pilih kegiatan yang sesuai dengan minat atau hobi Anda, selain itu Anda juga perlu mengetahui risikonya. Selamat menjadi Pengusaha ShopBackers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *