Kelebihan dan Kekurangan smartphone Vivo V23 5G yang Perlu Perhatikan

Halo sahabat kali ini saya akan sampaikan kelebihan dan kekurangan smartphone vivo V23 5G.Pastinya para sahabat pasti penasaran kan,,,jangan khawatir di sini saya akam membahas mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone vivo V23 5G.Dengansaya menuliskan artikel ini semoga para sahabat bisa terobati rasa penasarannya,yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan smartphone Vivo V23 5G

Tidak semua orang yang menginginkan ponsel yang tampak bagus memiliki sumber keuangan yang selangit. Produsen ponsel seperti Vivo juga tidak asing dengan segmentasi ini. Itu sebabnya mereka memiliki seri vivo V, yang tidak mahal tetapi terlihat seperti ponsel jutawan.

Pada Januari 2022, produsen ponsel asal China ini memperkenalkan Vivo V23 5G. Ponsel cantik ini merupakan penerus langsung dari vivo V21 5G yang akan diluncurkan di Indonesia pada Mei 2021. Kemunculan vivo V23 5G terlihat di situs resmi Vivo Indonesia.

Ponsel ini juga merupakan ponsel 5G kedua dari seri Vivo V yang hadir di Indonesia. Desain memang menjadi nilai jual utama dari Vivo V23 5G. Namun, HP ini memiliki hal menarik lainnya. Simak pembahasannya sampai habis!

Spesifikasi Vivo V23 5G

LayarAMOLED 6.44 inci
ChipsetMediaTek Dimensity 920
RAM8 GB, 12 GB
Memori Internal128 GB
Kamera64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
BateraiLi-Po 4200 mAh
Harga Saat RilisRp 5.999.000

Nah berikut ini saya uraikan Kelebihan dan Kekurangan smartphone Vivo V23 5G,silahkan di simak

1. Desain

Saat pertama kali melihat vivo V23 5G, Anda mungkin mendapati bahwa tampilan ponsel ini benar-benar mewah. Bezel layar tipis, bezel aluminium datar tipis, dan penutup belakang kaca menegaskan kemewahannya. Namun, karakter-karakter ini tampaknya telah menjadi arus utama karena digunakan oleh produser lain juga.

Apalagi kehadiran desain notch panjang di bagian depan ponsel ini membuatnya terlihat seperti smartphone lawas. Namun, ada satu hal yang mungkin mengejutkan Anda. Ini adalah kemampuan bagian belakang ponsel ini untuk berubah warna.

Hanya Vivo V23 5G varian Sunshine Gold yang memiliki kemampuan ini. Berdasarkan penjelasan Michael Josh di kanal YouTube GadgetMatch, ada proses kimiawi yang terjadi saat kaca pelindung belakang kaca fluorit anti-reflektif ponsel terkena sinar ultraviolet matahari.

Dalam waktu 30 detik, warna ponsel yang semula berwarna warm (dalam hal ini emas), tiba-tiba berubah menjadi biru (cool hue). Josh kemudian melakukan sedikit eksperimen dengan menempelkan stiker di bagian belakang V23 5G. Setelah stiker dilepas, stempel sementara akan terbentuk di bagian belakang ponsel.

Perubahan warna pada cover belakang Vivo V23 5G juga terjadi jika dilihat dari sudut yang berbeda. Punggung ini tidak hanya bisa berubah warna seperti bunglon, tapi juga terlihat mengkilat. Meskipun demikian, ia tidak meninggalkan sidik jari karena buram.

Vivo V23 5G juga tersedia dalam warna Stardust Black. Varian ini merupakan pilihan yang aman bagi orang yang tidak ingin terlihat mencolok. Pasalnya, varian ini tidak mengalami perubahan warna yang ekstrim seperti Sunshine Gold.

Stardust Black hanya tampak kebiruan bila terkena sinar matahari. Varian warna ini juga bersinar seperti bintang di langit dan memiliki hasil akhir matte.

Dimensi ponsel ini adalah 157,20 x 72,42 x 7,39 mm dengan berat 179 g untuk varian warna Stardust Black. Varian warna Sunshine Gold, sebaliknya, memiliki dimensi 157,2 × 72,42 × 7,55 mm plus bobot 181 g. Ukurannya cukup tipis dan tidak berat.

2. Tampilan

Sektor tampilan bukanlah kelebihan ponsel ini. Namun, Vivo tidak menyertakan layar yang pas-pasan. Layar V23 5G merupakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Ini mengukur 6,44 inci dan memiliki kerapatan piksel 409 ppi. Layar rasio aspek 20:9 mendukung kecepatan refresh 90Hz untuk pengalaman menggulir yang mulus. Selain itu, layar HP ini juga mendukung pemutaran video berformat HDR10+ layaknya bioskop.

Menurut GSM Arena, layar Vivo V23 5G akan dilindungi oleh kaca Schott Xensation Up. Kaca ini dikatakan sepuluh kali lebih tahan benturan daripada kaca pelindung berbasis aluminosilikat tradisional.

Dilihat dari spesifikasi layarnya, kualitas layar yang bagus sedikit banyak sudah diketahui. Michael Josh setuju, karena layar Vivo V23 5G memang menyenangkan. Baginya, warna-warna yang tampil sangat cerah, nyaman dipakai saat menonton film.

Anda tidak perlu khawatir mata Anda akan perih saat menonton film dengan Vivo V23 5G ini. Ini karena layar HP ini telah menerima sertifikasi emisi cahaya biru rendah dari TÜV Rheinland.

Sementara itu, Vivo tidak menyebutkan kecerahan layar HP ini. Namun, menurut Tom Bedford dari Tech Radar, layar ponsel ini cukup cerah. Layar Vivo V23 5G mendukung pemindaian sidik jari. Jenis sidik jari HP di bawah layar ini bersifat optik.

3. Kinerja

Vivo V23 5G ditenagai oleh SoC mid-range dari MediaTek, Dimensity 920. SoC ini merupakan upgrade minor dibandingkan dengan Dimensity 900. Lokasi upgrade ada pada performance core dan GPU.

Ada dua core performa di SoC ini, kecepatannya 2,5 GHz dengan arsitektur Cortex A78. Sedangkan enam inti CPU dari SoC ini adalah inti efisiensi. Ini berisi Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz.

Selain delapan inti CPU, Dimensity 920 mengemas GPU Mali-G68 MC4 quad-core (950 MHz), modem 5G internal, dan banyak komponen lainnya. Semuanya dirakit dalam produksi 6nm. Produksi kecil ini juga berpotensi meminimalkan konsumsi daya SoC.

Pada dapur pacu vivo V23 5G, Dimensity 920 didukung oleh penyimpanan 8/128 GB atau 12/256 GB. Berkat Dimensity 920, vivo V23 5G juga menunjukkan identitasnya sebagai SoC kelas menengah ke atas. Dalam pengujian CPU yang dilakukan Jagat Review, skor multi-core Dimensity 920 mencapai 2114, dengan skor single-core 735. Pengujian ini menggunakan aplikasi GeekBench 5. Menurut Jagat Review, skor multi-core SoC bukankah itu setinggi SoC lain dengan empat core berkinerja tinggi.

Namun, skor single-core Dimensity 920 cukup tinggi. Itu membuat penggunaan telepon sehari-hari begitu nyaman. Selain itu, Jagat Review mencapai Skor Loop Terbaik 2304 dalam stress test 3DMark Wild Life.Skor kemampuan GPU ini tinggi di kisaran menengah hingga tinggi.

Hasil yang dihasilkan oleh aplikasi benchmark sintetis di atas tidak selalu menggambarkan kinerja ponsel dalam kondisi nyata. Oleh karena itu, kami juga mengacu pada pengalaman menggunakan ponsel ini. Seperti pengalaman dengan Michael Josh. Josh mengatakan bahwa semua tugas sehari-hari dapat diselesaikan dengan cepat dengan vivo V23 5G. Meskipun ponsel ini tidak secepat ponsel andalan, ia menyelesaikan pekerjaannya.

Referensi kedua adalah Prateek Pandey dari 91Mobiles.com. Vivo V23 5G diklaim dapat menjalankan game kompetitif yang membutuhkan grafis intens. Contohnya adalah PUBG: New State, yang bisa dijalankan pada pengaturan grafis maksimal.

Sementara itu, Prateek Pandey juga menjalankan Battlegrounds Mobile India (BGMI) atau dikenal di Indonesia sebagai PUBG Mobile di vivo V23 5G. Gim ini berfungsi dengan pengaturan grafis HDR dan Ultra. Gim ini juga dapat berjalan pada 60fps jika pengaturan grafis diatur ke “Smooth” tanpa penurunan fps.

4. Kamera

Ada tiga kamera dalam modul kamera belakang Vivo V23 5G. Semuanya fungsional terdiri dari kamera utama, kamera ultrawide dan kamera makro. Kamera utama ponsel ini memiliki resolusi 64MP dengan aperture f/1.9, panjang fokus 26mm dan didukung oleh PDAF (Phase Detection Autofocus).

Kamera ultrawide tersebut memiliki resolusi 8 MP, aperture f/2.2, bidang pandang 120˚ dan lensa 16mm. Sementara itu, kamera makronya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Tiga kamera di bagian belakang disertai dengan dua lampu kilat LED.

Nah, untuk kamera depannya, ponsel ini memiliki dua lensa. Itu sebabnya layar HP ini memiliki poni, tidak ada satu lubang pun yang bentuknya berbeda. Kamera depan vivo V23 5G pertama memiliki lensa wide-angle dengan resolusi 50 MP, aperture f/2.0 dan didukung dengan fungsi autofocus.

Sedangkan kamera depan memecahkan keduanya dengan aperture 8 MP, f/2.3. Kamera depan ini menggunakan lensa ultrawide dengan bidang pandang 105˚. Menariknya, Vivo menawarkan kamera depan V23 5G dengan dual dual color LED flash.

Hebatnya lagi, baik kamera depan maupun belakang ponsel ini bisa merekam video dengan resolusi maksimal 4K pada 30 fps. Bagaimana hasil rekamannya?

Jawabannya bagus. Secara keseluruhan, kamera Vivo V23 5G dapat mengambil foto yang bagus dalam kondisi yang berbeda. Mode malam sangat mampu meningkatkan kualitas rekaman. Menurut laman Gamerbraves, foto malam yang diambil dengan mode malam terlihat seperti malam hari.

Bagi Michael Josh, kemampuan kamera belakang Vivo V23 5G bukanlah hal yang mengejutkan. vivo memiliki banyak pelajaran terbang dalam mengembangkan ponsel kamera yang hebat. Seri HP X Anda adalah salah satu ponsel kamera terbaik.

Kehadiran lensa ultrawide pada kamera depan HP ini memungkinkan penggunanya untuk berfoto selfie di tengah keramaian. Hasilnya memuaskan bahkan saat foto diambil dalam gelap atau malam hari.

Berdasarkan pengalaman penguji Michael Josh dan Gamerbraves, intensitas lampu kilat LED pada kamera depan ponsel ini dapat disesuaikan untuk menciptakan nada warna yang berbeda. Pengguna dapat memilih hue default, warm dan cool. Fitur ini unik!

Berikut beberapa contoh cuplikan kamera Vivo V23 5G:

5. Baterai

Sektor tenaga Vivo V23 5G diperkuat baterai lithium polymer berkapasitas 4.200 mAh. Kapasitas baterai ini normal, tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil. Untuk penggunaan normal, baterai ini cukup untuk membuat ponsel menyala sepanjang hari.

Inilah yang dikatakan Michael Josh. Baterai tersebut didukung oleh teknologi pengisian cepat 44W. Josh mengatakan baterai HP ini dapat diisi hingga 26% setelah 10 menit pengisian. Kapasitas 65% dicapai dengan mengisi daya selama 35 menit, sedangkan pengisian penuh hanya membutuhkan waktu 50 menit. Cukup cepat, bukan?

6. Fitur tambahan

Ada beberapa fitur tambahan yang disematkan vivo ke dalam ponsel ini. Tiga yang paling menarik adalah Ultra Game Mode, Dual 5G, dan Extended RAM 2.0. Kami telah menyebutkan mode Ultra Game sedikit dalam hal poin kinerja. Fitur ini akan diaktifkan secara otomatis saat pengguna bermain.

Pengguna memiliki opsi untuk memilih mode keseimbangan atau performa di fitur Ultra Game Mode. Ketika mode kinerja dipilih, itu berarti telepon ditingkatkan. Namun, konsumsi energi menjadi boros.

Sementara itu, ponsel ini mendukung fungsi ganda 5G. Artinya, dua slot SIM khusus dapat memperoleh sinyal 5G secara bersamaan, baik itu 5G SA (standalone) atau NSA (non standalone). Jaringan 5G NSA, yang juga dikenal dengan frekuensi di bawah 6 GHz, saat ini tersebar di Indonesia.

Fitur Extended RAM 2.0 memungkinkan ponsel untuk meminjam ruang kosong di memori internal. Ruang kosong yang dipinjam diubah menjadi RAM maksimal 4 GB. Fitur ini mungkin sedikit berlebihan karena vivo V23 5G RAM sudah lebih dari cukup, apalagi jika memang seharusnya mendukung tugas multitasking.

Kekurangan vivo V23 5G

Tidak ada telepon yang sempurna untuk semua orang. Klaim ini benar karena produsen menargetkan segmen tertentu dengan masing-masing ponsel buatan mereka. Namun, Anda mungkin dapat memahami ketidaksempurnaan, tetapi Anda mungkin tidak. Berikut adalah hal-hal yang membuat Vivo V23 5G tidak sempurna.

1. Sisi gambar

Desain vivo V23 5G keren banget. vivo juga sepertinya berusaha menghadirkan hal baru ke dalam tren desain smartphone yang memang seperti itu. Vivo Solo sepertinya sudah melupakan fitur desain yang agak mendasar.

Fitur ini adalah peringkat IP, juga dikenal sebagai sertifikasi tahan debu dan air. Vivo V23 5G tidak memiliki peringkat IP, meskipun mungkin memberikan sedikit kelegaan bagi sebagian orang. Apalagi jika orang tersebut sering kehujanan atau tidak sengaja melempar ponsel ke dalam kolam suatu hari nanti.

Catatan kecil berikutnya pada desain HP ini adalah bezelnya yang rata. Menurut situs web Gamerbraves, bingkai ini membuat pengalaman laptop yang canggung. Apalagi jika ponsel digunakan dalam waktu lama, misalnya saat bermain game.

Menurut Gamerbraves, tombol di sisi kanan Vivo V23 5G masih terlalu dangkal, yaitu agak dangkal, dan kurang umpan balik. Oleh karena itu, mungkin suatu hari nanti Anda akan menekan tombol yang salah – Anda ingin menekan tombol volume bawah, tetapi malah menekan tombol daya.

2. Bloatware

Vivo V23 5G dilengkapi dengan sistem operasi Android 12. Sistem operasi terbaru ini terintegrasi dengan antarmuka pengguna Funtouch 12. Antarmuka ini menawarkan lebih banyak fitur untuk menyesuaikan tampilan, termasuk widget untuk mendukung berbagai tugas.

Namun, banyak penguji mengeluh bahwa Funtouch OS 12 hadir dengan banyak bloatware (aplikasi pra-instal). Juga, tidak semua bloatware dapat dihapus. Antarmuka ini juga dinilai oleh sejumlah penguji untuk membuat penggunaan telepon untuk tugas sehari-hari terkadang menjadi rumit. Namun, hal ini juga tidak terasa ketika ponsel digunakan untuk bermain game.

3. Speaker Mono

Tampilan vivo V23 5G dianggap cukup oleh para penguji. Melihat konten film dari Netflix, Disney+, dll tidak masalah. Selain itu, video format HDR10 + dengan kontras dramatis didukung.

Sayangnya, pengalaman menonton film terbaik lewat ponsel ini belum maksimal. Hal ini dikarenakan speaker HP ini masih berkonfigurasi single, bukan dual (stereo). Sayang sekali mengingat sudah banyak ponsel entry level yang sudah mendukung dual speaker.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan pengalaman yang baik saat menonton film adalah dengan menggunakan headphone. Anda dapat menikmati audio resolusi tinggi (24bit / 192kHz) melalui headphone.

4. OIS tidak ada

Ada hal yang dikorbankan saat Vivo memutuskan untuk memasang kamera depan ganda di ponsel ini. Hal yang dikorbankan adalah OIS alias optical image stabilization. Fitur ini, meski tergabung dalam pendahulu vivo V23 5G, yakni vivo V21 5G. Vivo V21 5G juga memiliki dual OIS untuk kamera depan dan belakang.

Nah sekarang bisa menilai apakah ini downgrade atau tidak? Yang jelas, minimnya OIS tak membuat Vivo V23 5G bisa diandalkan seperti Vivo V21 5G, terutama dalam fotografi low light. Saat memotret dalam kondisi kurang cahaya, kamera membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Prosesnya jelas rawan goncangan, apalagi bila ponsel hanya dipegang dengan tangan kosong. Nah, OIS bertanggung jawab untuk meminimalisir getaran agar foto tidak blur. Sayangnya, vivo V23 5G hanya memiliki Gyro-EIS, fitur stabilisasi video.

Kesimpulan

vivo tampaknya telah menunjukkan bahwa seri V adalah jajaran ponsel mereka yang memiliki kamera canggih, terutama kamera selfie. Ini menjadi tanda bahwa DNA vivo V23 5G berasal dari seri vivo V sebelumnya. Namun, Vivo kini sepertinya tidak hanya fokus pada area kamera saja.

Karena mereka juga menampilkan desain premium yang mampu memukau mata orang ketika melihatnya. Area inti dari Vivo V23 5G juga sesuai dengan standar komunikasi seluler kelas menengah saat ini. Tidak ada yang perlu dikeluhkan dalam hal kinerja, baterai, dan layar.

Namun, penggemar Vivo V23 5G harus memperhatikan beberapa detail yang tidak dimiliki ponsel tersebut. Detail yang belum dimiliki antara lain rating IP, speaker stereo, dan OIS. Selain itu, permukaan HP ini juga bukan yang terbersih. Namun, detail tersebut tidak mendevaluasi Vivo V23 5G sebagai ponsel yang menarik.

Apa pendapat Anda tentang ponsel ini, apakah Anda menyukainya? Silakan berikan pendapat Anda dengan bijak di kolom komentar!

Nah itu dia sahabat kelebihan dan kekurangan smartphone vivo V23 5G yang bisa saya sajikan untuk sahabat di mana pun berada.terimakasihh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *