5 Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel

5 Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel yang Perlu diketahui

Halo sahabat saya akan mengulas mengenai Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel,agar kalian tidak penasaran mari kita simak secara menyeluruh.
dibawah ini saya akan menyampai mengenai Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel yang perlu kita ketahuai sahabat.

Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel

Intel adalah merek prosesor yang paling umum digunakan di laptop atau PC gaming. Pangsa pasar Intel juga sangat besar, sekitar 70% di seluruh dunia. Saking banyaknya sehingga kita tidak akan kesulitan mencari laptop dengan prosesor Intel. Dari Alienware, HP Omen hingga Asus ROG, sebagian besar model laptop terbaru ditenagai oleh Intel Core terbaru. Karena mendominasi, pasti ada alasan mengapa Intel lebih banyak digunakan di laptop gaming. Itulah kelebihan dan kekurangan Intel.

Tidak usah lama mari kita ulas satu per satu Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel

5 Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel

1.Processor tidak cepat panas

Salah satu keunggulan prosesor Intel adalah tidak cepat panas. Intel memiliki teknologi canggih yang dapat mengatur suhu atau temperatur prosesor. Saat suhu mulai naik, prosesor secara otomatis mengurangi kecepatan clock untuk menghindari kemungkinan panas berlebih. Hal ini membuat cukup nyaman digunakan di laptop tipis. Laptop gaming tipis juga banyak menggunakan nya karena relatif mudah dingin dibandingkan AMD.

 

Temperatur prosesor memiliki dampak besar pada kenyamanan pengguna. Jika prosesor cepat panas, maka akan cepat rusak dan palm rest serta keyboard akan terasa panas. Produsen laptop juga tidak perlu khawatir untuk membuat sistem pendingin yang rumit di laptop.

2.Merek Intel lebih baik dari AMD

Intel memiliki reputasi yang baik dalam hal prosesor komputer. Karena pengalaman manufaktur prosesor lebih lama, Intel memiliki banyak peluang untuk menarik perhatian konsumen di seluruh dunia. Varian prosesor yang berbeda diperkenalkan untuk menangani banyak segmen secara bersamaan. Bagi Anda yang sedang mencari laptop gaming, Intel memiliki 3 varian model prosesor yang cocok yaitu Core i5, Core i7 dan Core i9.

Varian Core i9 memiliki spesifikasi paling tinggi dibandingkan varian lainnya. Prosessor ini cocok untuk para gamer hardcore dan penggemar PC yang membutuhkan performa gaming tinggi dan tidak cepat panas. Laptop gaming dengan Core i9 banyak tersedia di pasaran. Misalnya, MSI GT75 8SG Titan dilengkapi dengan Core i9-8950HK 6-core/12-thread dengan clock hingga 4,8 GHz, cache 12 MB, dan TDP 45 W.

3. kinerja keseluruhan yang lebih baik

Berlawanan dengan keunggulan prosesror AMD, yang mendukung grafis, Intell memiliki kinerja keseluruhan yang lebih baik. Kekuatan prosesor ini tidak hanya terlihat di satu sisi, tapi secara umum. Dari segi grafis memang masih kalah dengan AMD, namun masih lebih baik dari AMD dalam hal efisiensi energi dan multimedia. Karena itu, banyak orang lebih memilih Intel karena menawarkan kinerja yang lebih seimbang.

4. Grafis yang hilang

Kualitas grafis masih lebih rendah dari AMD. Karena itulah banyak gamer yang mulai beralih ke AMD. Bagi pengguna PC atau laptop yang tidak hanya tertarik dengan gaming, kebanyakan masih memilih Intell karena performanya lebih seimbang untuk berbagai kebutuhan. Untuk memaksimalkan grafis, tidak jarang laptop bertenaga memiliki grafis diskrit tambahan untuk visual yang lebih baik. Berbeda dengan AMD Ryzen yang sudah hadir dengan Radeon Vega yang sudah handal untuk gaming.

5. Kurangnya dalam kaitannya dengan harga

Membandingkan harga prosessor Intel dengan pesaing terberatnya AMD bisa berlipat ganda. Misalnya, Core i7 6900K dengan 8 core/16 thread, clock 3,2 GHz hingga 3,7 GHz, cache 20 MB, dan TDP 140 W berharga $1089. Masih jauh lebih mahal daripada AMD Ryzen 7 1800X: 8 core/16 thread, clock pada 3,6 GHz hingga 4,0 GHz, cache 20 MB, dan 95 W TDP, yang dijual seharga $499. Masalah harga ini membuat laptop dengan prosessor Inttel lebih mahal daripada laptop dengan AMD Ryzen. Namun, kualitasnya terasa lebih baik dan harga jual kembali masih cukup tinggi.

Nah itulah sahabat Kunggulan dan Kelemahan Prosesor Gaming Intel yang bisa saya sampaikan untuk kalian semoga bisa menambah wawasan kalian ya…apabila ada kritik dan saran saya tunggu komentarnya,terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *