Memilih Laptop Gaming

5 Tips Jitu Memilih Laptop Gaming Murah dan Berkualitas

Halo sob kali ini saya akan membagikan tips-tips memilih laptop gaming murah,jika kalian yang sedang mencari laptop gaming harap membaca dulu tips dari saya ini ya ,,
Dibawah ini saya ada 5 tips memilih laptop gaming murah untuk sahabat,semoga bisa bermaanfaat untuk sahabat semuanya di mana pun berada.
Mau beli laptop gaming bagus tapi budget terbatas? Tenang saja, kali ini Sobat Game ingin berbagi tips cara memilih laptop gaming murah namun berkualitas. Model baru perangkat gaming diluncurkan setiap tahun. Tidak seperti konsol, PC dan perangkat diperbarui setiap tahun. Pengguna laptop dan PC juga bisa mendongkrak performa laptop game mereka agar gambar lebih hidup dan performa lebih mulus.

Memilih Laptop Gaming

Buat kamu yang sangat ingin membeli laptop gaming tapi tidak punya cukup uang, berikut 5 tips memilih laptop gaming murah dan berkualitas

1. Beli laptop gaming dengan prosesor AMD atau Intel Core i5

Jika Anda menginginkan perangkat gaming yang murah, Anda bisa mencari perangkat gaming yang menggunakan prosesor AMD. Misalnya AMD Ryzen seri 5 atau 7. Harga prosesor AMD lebih murah dari Intel, sehingga harga perangkat lebih murah. Namun, jika Anda masih menginginkan perangkat dengan prosesor Intel, Anda bisa mencari perangkat gaming yang menggunakan Intel Core i5. Dari segi performa memang Intel Core i5 memang tidak sehebat Intel Core i7, tapi setidaknya harga laptop lebih murah dan performanya tidak jauh tertinggal.

 

Prosesor Intel yang direkomendasikan untuk gaming setidaknya adalah Intel Core i5 dengan label HQ. Sementara itu, untuk prosesor AMD, disarankan menggunakan prosesor seri A10, FX atau Ryzen.

2. Cari laptop gaming lama

perangkat gaming yang dirilis tahun 2017 atau 2018 ini dinilai masih cukup mumpuni untuk memainkan game-game PC terbaru di tahun 2019. Juga, harganya pasti lebih murah dibandingkan saat diluncurkan. Meski agak sulit menemukannya di pasaran, Anda bisa mencoba membelinya di laptop atau mall barang elektronik. Biasanya harga laptop model lama di tempat-tempat tersebut bisa lebih murah dari harga di luar.

3. Pilih GPU/VGA yang tepat

GPU atau VGA merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah perangkat game selain prosesor. perangkat game harus memiliki kartu grafis diskrit karena proses pengolahan datanya lebih kompleks dan tidak bisa hanya mengandalkan grafis terintegrasi prosesor. Grafik yang halus juga membuat grafik game lebih halus dan lebih hidup.

 

Untuk bermain game di tahun 2019, Anda bisa mencari laptop game lawas yang menggunakan grafis NVIDIA atau Radeon. Untuk grafis NVIDIA, disarankan untuk memilih seri GTX 900, seperti: GTX 950M, GTX 960M dan GTX 980M. Kemudian Anda dapat memilih seri R7 ke atas atau seri R9 ke atas untuk grafis Radeon.

4. Beli perangkat game dengan RAM minimal 4GB

Agar bisa memainkan game PC terbaru 2019 dengan cukup lancar, sebaiknya belilah perangkat game murah yang dilengkapi dengan kapasitas RAM minimal 4 GB. Jika lebih besar, lebih baik. Pastikan juga laptop game tersebut memiliki slot RAM tambahan agar bisa menambah kapasitas RAM atau mengupgrade RAM di kemudian hari.

 

Untuk jenis RAM yang digunakan minimal yang disarankan adalah DDR3, dan jika ada DDR4 lebih baik. Game PC berat seperti GTA 5, Watch Dog dan sebagainya membutuhkan setidaknya kapasitas RAM 8GB. Jadi pastikan Anda sudah menghitung kapasitas RAM untuk game yang ingin Anda mainkan.

5. Pastikan Anda menggunakan hard drive yang cepat

Laptop gaming dengan penyimpanan SSD tentu saja lebih mahal daripada yang memiliki HDD. Jika budget Anda terbatas, Anda tetap bisa membeli perangkat game yang masih menggunakan HDD asalkan kapasitasnya minimal 500GB.

Untuk kelas perangkat gaming, disarankan 1TB. Maka kecepatan hardisk sendiri disarankan 7200 RPM atau minimal 5400 RPM. Baca: Perbedaan HDD dan SSD.

Rekomendasi perangkat gaming murah dibawah 10 juta rupiah

Jika Anda memiliki anggaran terbatas tetapi tetap menginginkan laptop gamie yang berkualitas. Di bawah ini adalah rekomendasi perangkat game murah dengan harga kurang dari Rp 10 jutaan, yaitu:

1. Acer Aspire 5″

Harga: Rp 8.300.000
Prosesor: AMD FX9800P
Memori: 8GB
Penyimpanan: hard drive 1TB
Layar: IPS 15,6 inci HD 1366 x 768 piksel
Kartu grafis: AMD Radeon RX 540 2GB.

2. Asus X550VX

Harga: Rp10.000.000
Prosesor: Intel Core i7 6700HQ
Memori: 8GB
Penyimpanan: hard drive 1TB
Layar: IPS 15,6 inci HD 1366 x 768 piksel
Kartu grafis: NVIDIA GeForce GTX 950M.

3. HP Pavilion 15

Harga: Rp10.000.000
Prosesor: Intel Core i5 8300HQ
Memori: 8GB
Penyimpanan: hard drive 1TB
Layar: IPS 15,6 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
Kartu grafis: NVIDIA GeForce GTX 960M.

Begitulah sahabat 5 tips memilih laptop gaming murah dan berkualitas yang bisa saya sajikan untuk sahabat semuanya.Semoga dapat membantu sahabat dalam hal memilih laptop gaming murah sesuai budget sahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *