Obat Kulit Terbakar Matahari
cloudfront

Rekomendasi Obat Kulit Terbakar Matahari Sembuh Secara Alami

Pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan obat kulit terbakar matahari.

Kulit terbakar, juga dikenal sebagai sunburn, adalah penyakit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) mentari yang berlebihan.

Kondisi ini bisa ditandai dengan kulit merah, panas dan perih.

Selain itu, juga bisa terkelupas setelah beberapa hari.

Jika Anda terkena sengatan mentari, Anda tidak perlu panik.

Dengan perawatan yang tepat, penyakit ini biasanya hilang dalam 7 hari.

Obat Kulit Terbakar Matahari
doktersehat

Obat Kulit Terbakar Matahari

Berikut ini beberapa obat kulit terbakar matahari yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Kompres Dingin

Salah satu obat kulit terbakar matahari yaitu dengan diluncurkannya Health Line, sunburn pada dasarnya adalah peradangan.

Pada saat yang sama, salah satu cara paling sederhana untuk mengobati peradangan adalah dengan mendinginkan daerah yang terkena.

Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk merawat yang terbakar sinar mentari.

Namun, jangan gunakan es untuk mengoleskan dingin dengan mengoleskannya langsung ke yang terbakar.

Meskipun mungkin terlihat menarik, mengoleskan es secara langsung sebenarnya dapat lebih berbahaya bagi yang terbakar sinar mentari yang terlalu sensitif.

Sementara itu, ketika Anda berada di luar ruangan, cara yang efektif untuk membantu Anda dari terbakar sinar mentari secara instan adalah dengan melompat ke dalam air, entah itu laut, danau, atau sungai.

Masuk ke dalam air dapat membantu mencegah kulit terbakar menjadi lebih buruk.

Berhati-hatilah dengan kolam renang, karena air yang mengandung klor dapat semakin mengiritasi.

2. Gunakan Soda Kue dan Oatmeal

Obat kulit terbakar matahari kedua yaitu dengan menambahkan beberapa sendok makan soda kue ke dalam bak mandi air dingin dan berendam selama sekitar 15 hingga 20 menit dapat membantu meminimalkan kerusakan akibat sinar mentari.

Menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi juga dikatakan dapat mengurangi iritasi dan membantu mempertahankan kelembapan alaminya.

Berhati-hatilah untuk tidak menggosok yang terbakar sinar mentari setelah mandi atau keluar. Ini bahkan dapat menyebabkan cedera.

3. Gunakan Lidah Buaya

Gel dari tanaman sukulen ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati segala macam penyakit mulai dari kolik hingga radang ginjal.

Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk menenangkan yang terbakar sinar mentari tanpa terkecuali.

Memecah lidah buaya dan mengoleskan gel dapat memberikan bantuan langsung dari sengatan mentari ringan.

Jika Anda tidak dapat menemukan tanaman aslinya, Anda dapat membeli 100% gel lidah buaya, yang biasanya tersedia di apotek.

Ingat, jangan memilih krim atau lotion yang terbuat dari lidah buaya.

4. Gunakan Teh Kamomil

Teh chamomile dapat digunakan sebagai obat kulit terbakar matahari.

Tip, buat teh seperti biasa dan biarkan dingin.

Setelah selesai, celupkan handuk ke dalamnya dan oleskan ke area yang rusak.

Jika Anda alergi terhadap serbuk sari, Anda sebaiknya tidak menggunakan perawatan ini.

Hal ini karena dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda.

5. Gunakan Cuka

Ada banyak pendapat tentang penggunaan cuka untuk obat kulit terbakar matahari.

Beberapa orang mengatakan menambahkan dua cangkir cuka ke dalam bak mandi air dingin dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar, sementara yang lain mengatakan bahwa keasaman cuka yang tinggi hanya memperburuk situasi.

Jika Anda belum pernah menggunakan perawatan ini untuk luka bakar ringan, jangan mencobanya untuk luka bakar yang lebih besar dan lebih parah.

6. Kenakan Pakaian Yang Longgar

Saat Anda sembuh, pastikan Anda mengenakan pakaian ketat yang tidak menempel di kulit Anda.

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh, jadi sebaiknya beri ruang untuk bernafas saat menyembuhkan cedera serius seperti terbakar sinar mentari.

Serat alami, seperti kapas, adalah bahan pelindung terbaik bagi tubuh setelah terbakar sinar mentari.

7. Banyak Minum Air Putih

Saat Anda melawan kerusakan akibat sinar matahari, ia membutuhkan kelembapan, yang akan hilang saat terkena sinar matahari.

Jika Anda tidak minum delapan gelas air sehari, sengatan matahari yang parah harus menjadi alasan yang baik untuk memulai kembali secara teratur.

8. Gunakan Krim Pelembab

Setelah perawatan pertama, kulit Anda masih membutuhkan perawatan tambahan.

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau setidaknya meminimalkan pengelupasan Anda adalah dengan mengoleskan pelembab secara teratur ke area yang terbakar sinar mentari.

Gunakan pelembab yang tidak mengandung pewangi dan pewarna untuk meminimalkan iritasi kulit.

9. Minum Obat Pereda Nyeri

Membuka Mayo Clinic, analgesik dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk menghilangkan rasa sakit setelah terpapar sinar matahari.

Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang diresepkan seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau naproxen sodium (Aleve).

Beberapa obat penghilang rasa sakit adalah gel yang dioleskan ke kulit Anda.

10. Minum Obat Anti Gatal

Antihistamin oral, seperti diphenhydramine, dapat digunakan sebagai obat kulit terbakar matahari, meredakan gatal saat mulai mengelupas jika perlu.

11. Perlindungan Sengatan Matahari Tingkat Lanjut

Jika Anda memiliki kulit yang terbakar sinar mentari, yang terbaik adalah menghindari paparan sinar matahari.

Ini bisa memperburuk keadaan.

Saat Anda sembuh, jauhi sinar mentari atau lindungi kulit Anda jika Anda perlu keluar.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter jika luka bakar akibat sinar matahari tidak kunjung membaik setelah beberapa perawatan obat kulit terbakar matahari di atas.

Berapa Lama Waktu Buat Sembuh Dari Luka Kulit Terbakar Matahari?

Indikasi kulit dibakar matahari umumnya hendak timbul dalam sebagian jam sehabis terpapar cahaya matahari. Tetapi, kehancuran akibat paparan matahari ini hendak nampak sehabis 24 jam.

Kehancuran pada waktu jangka panjang semacam kenaikan resiko penyakit kanker kulit mungkin besar hendak timbul sehabis bertahun- tahun terpapar cahaya matahari.

Lama waktu sembuh dibakar matahari bergantung dengan tingkatan keparahannya. Berikut tingkatan keparahan kulit dibakar matahari serta ditaksir waktu sembuhnya semacam yang dikutip dari web Healthline.

  • Kulit terbakar matahari ringan.

Terpapar cahaya matahari hendak nampak kemerahan serta terasa sakit, waktu yang diperlukan buat sembuh ialah 3– 5 hari. Kamu pula hendak nampak mengelupas dalam sebagian hari. Perihal ini ciri kamu lagi meregenarasi kulit baru.

  • Kulit terbakar matahari sedang.

Dalam tingkatan ini, yang dibakar matahari hendak nampak lebih merah serta terasa sangat sakit dibanding dengan kulit dibakar matahari dalam tingkatan ringan. Waktu yang diperlukan buat sembuh ialah dekat satu pekan. Kamu hendak mengelupas dalam sebagian hari.

  • Kulit terbakar matahari parah.

Bila Kamu hadapi dibakar matahari dalam tingkatan ini, Kamu wajib lekas menemui dokter ataupun berangkat ke rumah sakit buat memperoleh penyembuhan serta perawatan yang pas. Yang tersengat matahari pada tingkatan parah hendak nampak sangat merah serta menyakitkan. Bila tidak butuh dirawat di rumah sakit, dokter hendak menganjurkan Kamu buat istirahat di rumah hingga cedera Kamu sembuh. Waktu yang diperlukan buat sembuh dari cedera bakar sebab matahari dalam tingkatan ini ialah 2 pekan.

Jangan Jalani Perihal Ini Sepanjang Proses Pemulihan

Selain obat kulit terbakar matahari, terdapat sebagian perihal yang dapat dicoba buat menanggulangi dibakar matahari dan memesatkan pemulihannya semacam mandi dengan air dingin, memakai pelembap yang tidak memiliki pewangi, serta menjauhi dahulu terserang cahaya matahari.

Walaupun telah mulai pulih, terdapat sebagian perihal yang hendaknya dihindari supaya infeksi betul- betul sembuh. Di dasar ini daftarnya.

1. Memakai Baju Ketat

Sehabis kulit dibakar, perkenankan Kamu“ bernapas” dengan menjauhi mengenakan baju ketat sebab proses infeksi masih terjalin.

Bagi dokter. Shereene Idris, seseorang pakar dermatologi berkata kalau badan berupaya merespon trauma dengan tingkatkan aliran darah ke zona yang dibakar buat memesatkan pemulihan.

Keadaan ini membuat zona jadi merah, hangat, serta terdapat infeksi. Mengenakan pakaian ketat hendak memperbesar reaksi ini sehingga terus menjadi bengkak.

2. Pakai Produk Pewangi Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya memanglah memiliki zat anti radang serta berakibat baik untuk kulit sehabis dibakar cahaya ultraviolet( UV).

Walaupun begitu, mengenakan produk yang memiliki pewangi lidah buaya dapat menimbulkan iritasi meningkat parah. Bila Kamu senantiasa mau memakai lidah buaya, hendaknya langsung gunakan tumbuhan lidah buaya buat mendinginkan kulit.

3. Jarang Minum

Kamu wajib senantiasa ingat buat minum air putih sebab ini ialah kebutuhan badan yang berarti.

“ Dikala kulit dibakar cahaya UV, bukan cuma terasa sakit di permukaan namun pula cairan turut terserap. Jadi, gantilah cadangan cairan itu dengan komsumsi banyak air sepanjang sebagian hari sehabis sunburn,” kata dokter. Keith LeBlanc, pakar dermatologi.

4. Menggunakan Kosmetik

Walaupun kulit wajah yang dibakar matahari nampak kurang baik, namun jangan sekali- kali menutupinya dengan produk kosmetik. Metode sangat kilat buat mengobati luka terbakar matahari ialah membiarkannya.

Produk kosmetik semacam spons bedak ataupun kuas yang tidak bersih pula dapat jadi fasilitas peradangan ataupun respon alergi. Jadi, buat sedangkan waktu perkenankan kulit tampak apa terdapatnya.

5. Menggaruk kulit

Dikala mulai mengelupas, itu maksudnya mulai sembuh. Jangan ganggu proses tersebut dengan menggaruk ataupun menyikatnya. Jauhi pula melaksanakan produk pengelupas yang memiliki retinoid, asam salisilat, ataupun asam glikolik.

Inilah beberapa rekomendasi obat kulit terbakar matahari. Semoga membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.