Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu
cloudinary

7 Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu Secara Alami

Hallo sobat otobiez semua, apakah gigi anda sering mengalami ngilu? simak artikel berikut ini tentang cara menyembuhkan gigi ngilu. Toothache merupakan salah satu masalah yang menimpa sebagian orang. Jika Anda ingin kehilangan sepenuhnya, Anda perlu menemui dokter. Namun, Anda bisa mencoba obat penghilang rasa sakit gigi berikut ini untuk meredakan rasa sakitnya.

Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu
medkomtek

Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu

Berikut ini cara menyembuhkan gigi ngilu, antara lain :

1. Pasta Gigi Untuk Sensitive Teeth

Cara menyembuhkan gigi ngilu yang pertama yaitu dengan toothpaste. Penting untuk menggunakan toothpaste yang tepat untuk masalah Anda. Untuk menghilangkan rasa sakit, Anda bisa menggunakan toothpaste untuk sensitive teeth. Meminjam dari Healthline, toothpaste yang mengandung potasium nitrat bisa melindungi ujung saraf.

Ketika digunakan secara teratur, potasium nitrat mencegah rasa sakit menyebar dari saraf ke tooth dan otak. Coba juga sikat dengan sikat lembut dan obat kumur rendah asam.

2. Air Garam dan Madu

Cara menyembuhkan gigi ngilu selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah berkumur dengan air garam. Garam bertindak sebagai antiseptik yang efektif dan mengurangi peradangan.

Caranya adalah dengan mencampurkan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk merata lalu gunakan selama 30 detik untuk berkumur. Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari.

Selain air garam, bisa diredakan dengan berkumur dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan luka mulut. Campurkan 1 sendok teh madu ke dalam secangkir air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

3. Teh Hijau

Tidak hanya cocok digunakan sebagai minuman penurun berat badan, teh hijau juga merupakan salah satu cara menyembuhkan gigi ngilu. Ini karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi teh hijau.

Gunakan teh hijau untuk berkumur dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit dan memperkuat toothAnda. Namun, jangan gunakan pemanis yang ditambahkan ke teh hijau, oke?

4. Hidrogen Peroksida

Metode lain yang direkomendasikan oleh Healthline untuk mengobati toothache adalah penggunaan hidrogen peroksida. Bahan ini berfungsi sebagai antiseptik dan desinfektan untuk mencegah infeksi.

Pertama, campurkan hidrogen peroksida dan air hangat dalam jumlah yang sama, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa hidrogen peroksida.

5. Kunyit

Tidak hanya buat masak, kunyit nyatanya pula dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan gigi ngilu akibat tooth sensitif. Isi senyawa curcumin dalam kunyit dikenal mempunyai watak anti radang, antiseptik, serta antibiotik.

Buat menanggulangi toothache, panggang kunyit kemudian tekan- tekan pada bagian yang terasa ngilu ataupun bengkak. Kamu pula dapat membuat toothpaste dari kunyit. Triknya gampang. Haluskan 1 ruas jari kunyit. Kemudian, gabungkan denganĀ½ sendok teh garam serta 1 sendok makan minyak kelapa. Sehabis seluruh bahan tercampur rata, oleskan pasta ini ke gusi yang hadapi permasalahan. Pakai pasta kunyit paling tidak 2 kali satu hari hingga rasa sakit Kamu mereda.

6. Bawang Putih

Semenjak ribuan tahun kemudian, bawang putih telah digunakan buat menanggulangi bermacam berbagai penyakit. Salah satunya meredakan ngilu serta gusi bengkak akibat sensitive teeth. Tidak hanya sanggup menewaskan kuman pemicu plak, senyawa allicin yang tercantum dalam bawang putih pula bisa menolong dan meredakan.

Kamu dapat mengunyah bawang putih mentah sepanjang sebagian detik di sisi mulut yang bermasalah. Bila tidak suka mengunyah secara langsung, Kamu dapat menghaluskan bawang putih serta dijadikan pasta. Triknya, ambil satu siung bawang putih serta tambahkan sejumput garam. Haluskan sampai berupa semacam pasta serta oleskan langsung yang sakit ataupun yang terasa nyut- nyutan.

7. Minyak Cengkeh

Sama semacam bawang putih, minyak cengkeh pula sudah lama digunakan sebagai cara menyembuhkan gigi ngilu. Eugenol, senyawa kimia yang tercantum dalam cengkeh dikenal mempunyai watak analgesik, antiseptik, serta antibakteri. Rempah satu ini pula mempunyai watak anti radang serta anti kuman yang bisa menolong melawan peradangan pada gusi.

Metode menggunakan cengkeh selaku obat natural buat gusi bengkak serta ngilu dapat dicoba dengan meneteskan minyak cengkeh serta minyak zaitun pada bola kapas. Setelah itu tempelkan bola kapas tersebut sepanjang sebagian menit di bagian gusi yang terasa sakit. Kala melekatkan kapas, upayakan supaya tidak terserang lidah sebab minyak cengkeh mempunyai rasa yang begitu kokoh. Anda pula dapat kumur- kumur dengan kombinasi air hangat serta sebagian tetes minyak cengkeh.

Bahan- bahan natural di atas ialah bahan- bahan yang dapat Kamu temukan secara gampang serta hendak efisien menolong menanggulangi perkara sensitif tooth Kamu. Buat hasil yang terbaik, rajinlah menggosok minimun 2 kali dalam satu hari pakai toothpaste Pepsodent Sensitive Expert Segar yang sangat jitu menanggulangi gigi ngilu serta menyegarkan mulut serta napas Kamu.

Penyebab Gigi Ngilu

Terdapat sebagian keadaan yang bisa jadi pemicu gigi ngilu serta sensitif. Sebagian besar di antara lain mengaitkan hilangnya susunan enamel gigi yang melindungi dentin. Sebagian pemicu gigi ngilu seketika di antara lain:

1. Penyusutan Gusi

Gusi merupakan jaringan bercorak merah muda yang menutupi tulang serta mengelilingi pangkal gigi. Gunanya buat menolong melindungi ujung saraf gigi.

Bersamaan bertambahnya umur, jaringan gusi kerap mulai hadapi penyusutan( resesi gusi). Resesi ini membuat pangkal gigi terekspos.

Dampaknya, Kamu lebih rentan terhadap rasa ngilu, penyakit gusi, serta peradangan gigi. Bila gigi seketika terasa lebih sensitif dibandingkan tadinya, resesi gusi dapat jadi salah satu penyebabnya.

2. Susunan Enamel Terkikis

Terdapatnya hipersensitivitas dentin menimbulkan rasa tidak aman kala makan ataupun minum.

Kepekaan semacam ini bisa diakibatkan oleh seringnya komsumsi santapan yang sangat asam ataupun menggosok gigi sangat keras. Dampaknya, enamel yang menyelimuti serta melindungi gigi terkikis sedikit demi sedikit.

Perihal ini pasti bisa menimbulkan rasa sakit yang tajam serta menusuk. Keadaan tersebut terjalin paling utama dikala komsumsi santapan ataupun minuman dingin, serta menggigit santapan.

3. Gigi Berlubang

Gigi berlubang pula dapat jadi alibi mengapa gigi ngilu seketika. Pada sesi dini, kehancuran ini dapat saja cuma sebatas susunan email gigi tanpa dikenal sepanjang sebagian waktu.

Tetapi, sehabis pembusukan mulai tumbuh jadi peradangan, Kamu bisa jadi mulai hadapi rasa ngilu pada gigi.

4. Peradangan Gusi

Penyakit gusi ataupun penyakit periodontal bisa melanda lebih dari 47 persen orang berusia di atas umur 30 tahun. Pada sesi dini, penyakit ini diucap gingivitis.

Sebagian orang apalagi bisa jadi tidak mengenali mereka sudah mengidap keadaan ini. Timbulnya keadaan gigi serta gusi yang sensitif tersebut dapat jadi ciri terdapatnya penyakit gusi.

5. Gigi atau Mahkota Retak

Keadaan mahkota gigi yang retak bisa memunculkan rasa ngilu serta sensitivitas di gigi. Penyebabnya dapat sebab trauma terjatuh, kerap komsumsi santapan keras, sampai Kerutinan menggigit es batu.

Walaupun gigi yang retak cuma sedikit ataupun apalagi tidak kasat mata, rasa sakit senantiasa bisa timbul paling utama dikala makan ataupun minum.

6. Tambalan Gigi Aus

Bersamaan bertambahnya umur, tambalan bisa melemah, retak, ataupun bocor di dekat tepinya.

Kesimpulannya kuman gampang menumpuk di celah- celah kecil ini. Keadaan ini menimbulkan penimbunan asam serta kehancuran email.

Yakinkan buat menemui dokter tooth bila Kamu mengalami tambalan yang rusak ataupun gigi seketika ngilu.

7. Sangat Kerap Memakai Obat Kumur

Memakai obat kumur sangat kerap pula dapat menimbulkan tooth terasa ngilu selalu.

Ini diakibatkan sebab sebagian produk obat kumur yang dijual leluasa memiliki alkohol serta bahan kimia lain yang bisa membuat toothlebih sensitif.

Buat mengatasinya, ubah obat kumur dengan produk leluasa alkohol. Batasi penggunaannya sekali satu hari.

Bila toothmasih terasa ngilu, lekas memeriksakan ke dokter tooth buat pengecekan lebih lanjut.

8. Kerap Komsumsi Santapan serta Minuman yang Bertabiat Asam

Sangat banyak menikmati santapan serta minuman yang kaya asam semacam kopi, juice, serta minuman bersoda bisa menggerogoti susunan luar tooth.

Keadaan tersebut bisa menimbulkan susunan lunak yang terdapat di bawahnya terekspos. Kesimpulannya, timbullah rasa ngilu di tooth.

9. Pemutih Gigi Serta Pasta Gigi Tertentu

Mempunyai tooth putih serta senyum terang merupakan impian seluruh orang. Hingga, tidak sedikit dari mereka yang memakai pasta spesial bleaching ataupun melaksanakan perawatan memutihkan tooth( pemutih).

Salah satu dampak samping pemutih yang kerap timbul merupakan tooth hendak terasa lebih sensitif. Perihal ini diakibatkan oleh isi peroksida di dalamnya yang bisa menimbulkan seketika ngilu.

10. Pasca Perawatan Gigi

Sebagian prosedur perawatan semacam pencabutan ataupun pembersihan scalling pula bisa membuat lebih sensitif setelahnya.

Tetapi, Kamu tidak butuh takut. Umumnya keadaan ini bertabiat sedangkan. Yakinkan melaksanakan perawatan tersebut dengan dokter.

Bila indikasi ngilu tidak lenyap dalam sebagian waktu, lekas jalani pengecekan kembali dengan dokter buat perawatan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa cara menyembuhkan gigi ngilu. Jika kamu ingin melakukan penanganan ngilu, ada baiknya untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter tooth. Dengan begitu, diagnosis masalah pada bagian mulut tersebut jelas, sehingga tidak melakukan penanganan yang salah. Terimakasih, Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.