Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati
asset.kompas

Daftar Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati, Simak Disini!

Tahukah sobat otobiez apa saja makanan untuk penderita pembengkakan hati?

Liver atau hati, merupakan organ yang memegang peranan penting. Ini adalah minuman dan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan hati.

Hati atau liver sangat penting untuk kesehatan secara umum.

Pasalnya, gangguan fungsi hati dapat menyebabkan heart disease mulai dari gangguan metabolisme hingga diabetes tipe 2.

Meski tidak semua faktor risiko dapat dikendalikan, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Mari kita simak daftar makanan untuk penderita pembengkakan hati, berikut ini.

Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati
cas.orami

Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

1. Kopi

Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Liver International pada tahun 2013 menemukan bahwa kopi merupakan salah satu minuman atau makanan untuk penderita pembengkakan hati, karena melindungi dari berbagai masalah seperti perlemakan hati.

Kajian tersebut juga menyatakan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati kronis dan kanker hati.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Gastroenterology juga melaporkan bahwa kopi mengurangi akumulasi lemak di hati dan menambahkan antioksidan untuk melindungi hati.

Senyawa dalam kopi juga membantu enzim hati menghilangkan karsinogen dari tubuh.

2. Oatmeal

Makanan untuk penderita pembengkakan hati seperti oatmeal adalah cara mudah untuk menambahkan serat ke dalam diet Anda. Serat itu sendiri merupakan bantuan pencernaan yang penting, dan serat oat sangat bermanfaat bagi hati.

Gandum dan oatmeal kaya akan senyawa yang disebut beta-glukan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2017 menyatakan bahwa beta-glukan sangat bioaktif dalam tubuh.

Zat ini membantu mengatur sistem kekebalan dan melawan peradangan. Selain itu, beta-glukan dapat sangat membantu dalam memerangi diabetes dan obesitas.

Jika Anda ingin menambahkan gandum atau oatmeal ke dalam makanan Anda, Anda mungkin ingin mencari biji-bijian utuh daripada oatmeal kemasan.

Karena olahan oatmeal mungkin mengandung bahan pengisi seperti tepung atau gula, maka tidak baik untuk tubuh.

3. Teh Hijau

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology pada tahun 2015 menyatakan bahwa makanan untuk penderita pembengkakan hati seperti teh hijau dapat membantu menurunkan kadar lemak secara keseluruhan, memerangi stres oksidatif, dan mengurangi penanda heart disease berlemak non-alkohol (NAFLD).

Penting juga untuk dicatat bahwa teh hijau mungkin lebih baik daripada ekstrak teh hijau karena beberapa ekstrak teh hijau dapat merusak hati alih-alih memperbaikinya.

Studi tahun 2015 juga menyatakan bahwa masih belum ada rekomendasi khusus bagi penderita penyakit ini untuk mengonsumsi teh hijau atau ekstrak teh hijau, namun hubungannya dengan heart health cukup menjanjikan.

4. Bawang Putih

Menambahkan bawang putih ke dalam makanan untuk penderita pembengkakan hati Anda juga dapat membantu merangsang fungsi hati. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Advanced Biomedical Research menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mengurangi berat badan dan kandungan lemak pada orang dengan NAFLD.

Hal ini berguna karena kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor predisposisi adanya NAFLD pada seseorang.

5. Sayuran dan Buah-buahan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa makan banyak sayuran dan buah-buahan dapat membantu menjaga heart health.

Sayuran dan buah-buahan yang direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita pembengkakan hati, meliputi:

  • Alpukat
  • Pisang
  • Jelai
  • Jus bit dan bit
  • beras merah
  • Wortel
  • Tina atau Ara
  • Sayuran hijau seperti kangkung dan bok choy
  • Lemon kuning
  • Mengais
  • Semangka

6. Anggur

Anggur nyatanya pula jadi santapan sehat yang baik buat liver. Riset yang dilansir dalam World Journal of Gastroenterology memberi tahu kalau anggur, juice anggur, serta biji anggur kaya hendak antioksidan yang bisa menolong liver dengan kurangi infeksi serta menghindari kehancuran liver.

Makan anggur berbiji utuh merupakan metode simpel buat meningkatkan senyawa ini ke dalam santapan. Suplemen ekstrak biji anggur pula bisa membagikan antioksidan.

7. Ikan Berlemak

Suatu riset di World Journal of Gastroenterology menampilkan, komsumsi ikan berlemak serta suplemen minyak ikan bisa menolong kurangi akibat keadaan semacam NAFLD.

Ikan berlemak kaya hendak asam lemak omega- 3, ialah lemak baik yang menolong kurangi infeksi. Lemak ini bisa jadi sangat menolong organ liver, sebab nyatanya menghindari penimbunan lemak berlebih serta melindungi tingkatan enzim di liver.

Riset tersebut merekomendasikan makan ikan berminyak 2 kali ataupun lebih tiap pekan. Bila tidak gampang memasukkan ikan berlemak semacam herring ataupun salmon ke dalam menu santapan, coba mengkonsumsi suplemen minyak ikan tiap hari.

8. Juice Bit

Juice bit nyatanya pula ialah santapan sehat yang baik buat liver. Juice bit merupakan sumber nitrat serta antioksidan yang diucap betalains, yang bisa berguna untuk kesehatan jantung serta kurangi kehancuran oksidatif serta pembengkakan.

Masuk ide buat berasumsi kalau makan bit itu sendiri hendak mempunyai dampak kesehatan yang seragam. Tetapi, mayoritas riset memakai juice bit. Kamu bisa membuat juice bit sendiri.

Sebagian riset pada tikus menampilkan kalau juice bit kurangi kehancuran oksidatif serta infeksi di hati, dan tingkatkan enzim detoksifikasi natural.

Walaupun riset pada hewan nampak menjanjikan, riset seragam belum sempat dicoba pada manusia.

Dampak kesehatan berguna yang lain dari juice bit sudah diamati dalam riset hewan serta direplikasi dalam riset manusia. Tetapi, dibutuhkan lebih banyak riset buat membenarkan khasiat juice bit pada kesehatan hati manusia.

9. Berry

Banyak buah beri gelap, tercantum blueberry, raspberry, serta cranberry memiliki antioksidan yang diucap polifenol, yang bisa menolong melindungi hati dari kehancuran.

Suatu riset tahun 2013 yang dicoba pada tikus menampilkan kalau suplemen juice blueberry bisa tingkatkan keahlian antioksidan di hati. Riset ini pula menampilkan kalau juice blueberry bisa menolong meringankan fibrosis hati. Tetapi, lebih banyak riset pada manusia dibutuhkan buat memverifikasi khasiat ini.

10. Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki 2 antioksidan utama ialah naringin serta naringenin. Santapan sehat yang baik buat liver ini bisa menolong melindungi hati dari luka dengan kurangi infeksi serta melindungi sel- sel hati.

Suatu riset tahun 2019 menampilkan kalau naringin bisa melindungi terhadap steatosis hati yang diinduksi alkohol dengan kurangi tekanan pikiran oksidatif.

Tetapi, sebagian obat yang dimetabolisme di hati bisa berhubungan dengan jeruk bali, jadi orang wajib periksakan diri ke dokter saat sebelum meningkatkan jeruk bali ataupun juice jeruk bali ke dalam santapan mereka.

11. Kacang-kacangan

Makan kacang bisa jadi ialah metode simpel yang lain buat melindungi kesehatan liver serta melindungi dari NAFLD.

Kacang biasanya memiliki asam lemak tidak jenuh, vit E, serta antioksidan. Senyawa ini bisa menolong menghindari NAFLD serta kurangi infeksi serta tekanan pikiran oksidatif.

12. Kunyit

Tidak hanya digunakan selaku bumbu serta melamin, kunyit sudah digunakan di India buat tujuan penyembuhan sepanjang berabad- abad.

Curcumin merupakan bahan aktif dalam kunyit, serta mempunyai watak biologis yang kokoh. Bumbu ini menolong enzim yang menghasilkan toksin serta memiliki antioksidan yang membetulkan sel- sel liver. Ini pula menolong hati dalam mendetoksifikasi logam, sekalian tingkatkan penciptaan empedu tulis halaman mitoq. com.

13. Sayur-mayur Cruciferous

Sayur- mayur yang diartikan meliputi brokoli, kembang kol, kubis brussel, kubis serta kangkung. Santapan sehat yang baik buat liver ini ialah sumber utama glutathione, yang merangsang enzim pembersih toksin di liver sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita pembengkakan hati.

Makan sayur- mayur silangan hendak tingkatkan penciptaan glukosinolat dalam sistem Kamu, yang menolong membuang karsinogen serta toksin yang lain.

Makanan Yang Wajib Dihindari

Secara universal, menciptakan penyeimbang dalam diet hendak melindungi kesehatan liver. Tetapi, terdapat pula sebagian santapan serta kelompok santapan yang susah diproses oleh liver. Ini meliputi:

  • Makanan berlemak: Ini meliputi santapan yang digoreng, santapan kilat saji, serta santapan dibawa kembali dari banyak restoran. Santapan ringan kemasan, keripik, serta kacang- kacangan pula sangat besar lemaknya.
  • Makanan bertepung: Ini meliputi roti, pasta, serta kue ataupun santapan yang dipanggang.
  • Gula: Kurangi gula serta santapan manis semacam sereal, santapan yang dipanggang, serta permen bisa menolong kurangi tekanan pikiran pada hati.
  • Garam: Metode simpel buat kurangi konsumsi garam tercantum makan lebih sedikit, menjauhi daging ataupun sayur- mayur kalengan, serta kurangi ataupun menjauhi daging serta bacon yang diasinkan.
  • Alkohol: Siapa juga yang mau mengistirahatkan liver wajib memikirkan buat kurangi konsumsi alkohol ataupun sama sekali menghilangkannya dari santapan.

Demikian rekomendasi makanan untuk penderita pembengkakan hati, dan makanan apa saja yang wajid dihindari bagi penderita pembengkakan hati. Semoga penjelasan dari kami bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.