Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi
ners.unair

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi Agar Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi adalah hal yang harus diprioritaskan setiap orang. Hal ini karena virus COVID-19 menginfeksi orang dengan daya tahan tubuh yang lebih lemah. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat selama normal baru tidak sesulit kelihatannya.

Bahkan, Anda tidak perlu repot mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. Sebaliknya, Anda perlu mengambil langkah-langkah sederhana untuk tetap sehat. Berikut cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi
cms.sehatq

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi

1. Rajin berolahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi yaitu dengan rajin berolahrga. Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk melakukan semua aktivitasnya di rumah. Mulai dari sekolah, pekerjaan, seminar, konsultasi, dan lainnya. Jika tidak terdeteksi, maka akan mengurangi pergerakan tubuh karena sebagian besar aktivitas sehari-hari dilakukan dalam posisi duduk di depan layar.

Namun, tahukah Anda bahwa kurangnya aktivitas fisik ini ternyata dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah?

Meski sebagian besar aktivitas di masa pandemi ini hanya bisa dilakukan di rumah, sebaiknya sisihkan waktu untuk aktivitas fisik dan olahraga. Tidak ada gerakan dan latihan intensif, membuat Anda lelah dan tak berdaya.

Di sisi lain, aktivitas fisik dan latihan intensitas ringan atau sedang sebenarnya cukup untuk membuat tubuh Anda lebih kuat dan langsing. Kuncinya satu, usahakan lebih aktif setiap hari.

Pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah antara lain Zumba, yoga, lari treadmill, lompat tali, bersepeda stasioner, dan angkat besi.

Jika Anda bosan di rumah, tidak ada salahnya berolahraga selama Anda mengikuti praktik kesehatan yang tepat.

2. Perhatikan asupan makanan

Cara lain agar tubuh tetap sehat di masa new normal adalah dengan memperhatikan pola makan sehari-hari. Ini karena setiap makanan yang Anda makan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Pastikan piring Anda penuh dengan makanan bergizi dan seimbang setiap saat, termasuk karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Juga, pastikan Anda bijak dalam memasak. Daripada menggoreng banyak dalam minyak, siapkan makanan yang lebih sehat, seperti dengan memasak, mengukus, atau menggoreng. Hindari juga makanan yang terlalu manis, berminyak dan tinggi garam.

Tak kalah pentingnya, cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi jangan lupa untuk memperhatikan ukuran porsi. Lebih baik makan porsi kecil sering daripada makan porsi besar sekaligus. Selain mengenyangkan perut, makan berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas yang pada akhirnya menyebabkan berbagai penyakit kronis di kemudian hari.

Anda dapat menggunakan piring yang lebih kecil untuk membantu Anda mengukur porsi makan Anda. Selain menggunakan sendok, Anda juga bisa menggunakan sendok untuk menghindari nasi yang terlalu banyak.

3. Tidur yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Ini bukan tanpa alasan. Menurut Cheri Mahi, pakar gangguan tidur di Stanford dan University of California, tidur adalah dasar dari pikiran dan tubuh yang sehat.

Bisa dibayangkan jika pondasi ini bergetar, bahkan runtuh, tentunya kesehatan Anda juga akan terpengaruh. Efek ini tidak main-main karena dapat memengaruhi suasana hati, nafsu makan, energi, dan berat badan. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Agar hal-hal buruk ini tidak terjadi pada Anda, pastikan Anda cukup tidur setiap malam. Idealnya, orang dewasa harus tidur setidaknya 7-9 jam semalam agar tetap sehat.

Jika Anda kesulitan mencapai waktu tidur yang ideal, Anda bisa memulainya dengan memperkenalkan waktu tidur dan waktu bangun yang seragam setiap hari. Ini adalah bagaimana tubuh Anda terbiasa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Atau, buat ruangan senyaman mungkin. Tidur di lingkungan yang damai, jauh dari suara yang mengganggu. Gunakan kasur dan bantal yang empuk. Usahakan juga untuk mengganti sprei, sarung bantal dan syal secara rutin minimal setiap tiga hari sekali.

Jika memungkinkan, tidurlah dalam gelap dan sesuaikan suhu ruangan agar tidur Anda lebih nyaman.

4. Minum air putih yang cukup

Cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi bisa sesederhana mendapatkan cairan yang tepat. Ini karena tubuh kita sangat bergantung pada air.

Tubuh membutuhkan air untuk melancarkan peredaran darah yang membawa nutrisi ke sel-sel tubuh. Tidak hanya air juga berperan dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan melindungi jaringan sensitif di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan air, yang terjadi bukan hanya dehidrasi. Anda akan lebih sulit berkonsentrasi dan energi Anda juga akan habis, membuat Anda semakin lemah dan lesu.

Cairan memang tersedia dari mana saja, namun air tetap menjadi pilihan terbaik karena tidak mengandung kalori dan gula, sehingga lebih baik untuk tubuh. Para ahli merekomendasikan minum 8 gelas atau 2 liter air sehari.

Namun demikian, kebutuhan cairan yang sebenarnya sangat bervariasi dari orang ke orang. Yang terpenting, minumlah setiap kali Anda merasa haus. Karena rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh membutuhkan air.

5. Hindari stres

Padahal, stres berkepanjangan sangat mempengaruhi suasana hati, sikap dan perilaku, serta kesehatan secara umum. Saat seseorang mengalami stres, tubuh melepaskan hormon stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika stres berlanjut, dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan berbagai penyakit kronis.

Karena itu, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari apa pun yang mungkin membuat Anda stres. Tidak ada salahnya beristirahat sejenak untuk menenangkan pikiran dan tubuh dari segala cara hidup yang dijalani.

Isi waktu luang Anda dengan hal-hal positif untuk membantu Anda rileks, seperti bermeditasi, melakukan aktivitas yang Anda minati, bermain dengan hewan peliharaan Anda, dipijat, dan mandi air hangat. Atau sangat menyenangkan membiarkan tubuh Anda beristirahat sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa.

Pada dasarnya, cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi, biarkan diri Anda rileks dan merasa nyaman dengan cara yang benar-benar Anda nikmati. Namun, jika Anda merasa tidak mampu mengatasi stres sendiri, jangan ragu untuk berbicara dengan teman yang dipercaya atau bahkan berkonsultasi dengan psikolog. Seorang psikolog dapat membantu Anda mengatasi stres secara profesional.

6. Berhenti merokok dan minum alkohol

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa merokok memiliki lebih banyak bahaya daripada kebaikan. Merokok tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga banyak organ tubuh lainnya. Ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit serius lainnya di kemudian hari.

Yang lebih mengerikan adalah bahaya merokok tidak hanya berlaku untuk perokok aktif, tetapi juga perokok pasif yang hanya menghirup asap pasif memiliki risiko yang sama.

Di sisi lain, konsumsi alkohol yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan tubuh secara umum, terutama di masa pandemi saat ini, lebih baik menghindari atau bahkan berhenti merokok dan minum alkohol. Menyingkirkan dua hal ini memang tidak mudah bagi mereka yang sudah kecanduan. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan.

Mulailah mengurangi jumlah rokok dan gelas alkohol setiap hari. Lakukan ini sampai Anda benar-benar bisa berhenti. Selain niat dan komitmen Anda pada diri sendiri, jangan takut untuk meminta dukungan dari lingkungan Anda, seperti keluarga, pasangan, dan teman dekat Anda. Dukungan orang yang dicintai adalah insentif terbaik untuk mengubah kebiasaan buruk.

7. Bijaksana bermedia sosial

Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan penyebaran segala macam informasi di jejaring sosial dengan mudah, termasuk informasi terkait pandemi COVID-19. Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar di media sosial diamankan. Banyak juga penipuan yang mengandung informasi yang tidak jelas asal dan kebenarannya.

Meluasnya penggunaan penipuan COVID-19 di media sosial telah menyebabkan kecemasan dan ketakutan yang tidak semestinya di masyarakat. Padahal, bagi orang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental, memublikasikan berita berbeda di media sosial tentu bisa memperburuk kondisinya.

Cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi, agar tetap sehat mental selama pandemi, bijaklah dalam bermedia sosial. Tidak semua informasi tentang penyebaran pandemi COVID-19 tersedia di media sosial, tetapi Anda berhak memilih atau membatasi informasi tersebut. Jangan langsung percaya pada informasi tanpa terlebih dahulu memeriksa faktanya. Juga, jangan menyebarkan informasi yang Anda terima dari sumber yang tidak dikenal.

8. Menjaga kebersihan diri

Last but not least, cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda adalah dengan memastikan kebersihan pribadi dan lingkungan.

Di masa pandemi, seruan untuk sering cuci tangan pakai sabun sepertinya terdengar di mana-mana. Secara kasat mata, tangan kita mungkin terlihat bersih, namun jika dilihat dengan alat khusus, tangan kita sebenarnya adalah gudangnya bakteri.

Ya, karena bagian tubuh yang biasa digunakan untuk kontak dengan berbagai benda dan permukaan mudah menularkan bakteri melalui tangan. Jika Anda tidak mengerti ketika Anda makan dengan tangan atau menyentuh wajah Anda, bakteri dapat masuk ke tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penyakit.

Cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan setelah bersin dan batuk. Sabun dapat membersihkan kotoran dan menghilangkan bakteri. Tanpa sabun, kotoran dan bakteri akan tertinggal di tangan Anda.

Selain mencuci tangan dengan sabun yang keras, Anda juga harus membiasakan diri sering mandi dengan air bersih, terutama setelah beraktivitas di luar keluarga. Aktivitas yang berat dan berada di luar rumah akan membuat pakaian yang Anda kenakan menjadi kotor, berkeringat, kotor, dll.

Jika Anda tidak segera mandi, banyak bakteri dan bakteri penyebab penyakit akan menempel pada kulit Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin mandi dengan air bersih agar tubuh tetap bersih dan sehat.

Untuk membantu menjaga kesehatan tubuh di masa new normal, Anda bisa menggunakan Lifebuoy Mild Care Liquid Soap yang telah terbukti secara klinis membunuh bakteri dan menghilangkan bakteri. Komposisi khusus Lifebuoy Mild Water Soap mengandung bahan susu dan oat alami yang membantu menghaluskan, melembutkan dan melindungi kulit dari bakteri.

Demikian cara menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi yang bisa sobat otobiez terapkan dirumah masing-masing. Tetap patuhi protokol yang berlaku untuk memutus rantai covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.