Cara Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak
cloudfront

Tips Aman Cara Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak

Mengetahui berbagai cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak secara alami sangatlah penting. Paru-paru dapat membersihkan dirinya sendiri, tetapi tidak efektif jika pemiliknya berusaha keras. Seiring waktu, banyak produk limbah, bahan kimia, jamur, bakteri, dan virus menumpuk di lungs manusia.

Akumulasi zat beracun di paru-paru ditandai dengan fakta bahwa saluran pernapasan menghasilkan banyak dahak. Tanda-tanda lain dari lungs kotor termasuk ketombe, kulit kering, pori-pori membesar, bau badan, bengkak, dan radang lungs. Di sini penting untuk mempraktikkan pembersihan alami paru-paru.

Kumpulan cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak ini berupaya mengeluarkan lendir, racun, karsinogen dan mencegah peradangan. Ini bukan hanya tentang kebiasaan sehat seperti olahraga. Namun dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan, flavonoid, antivirus, antibakteri dan antiseptik.

Cara Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak
baktos

Cara Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak

Berikut otobiez merekomendasikan cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak :

1. Teh Hijau

Teh hijau dapat digunakan sebagai cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan lungs dari efek berbahaya dari menghirup asap rokok.

Teh hijau mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami. Antihistamin membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa Korea melaporkan bahwa mereka yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau sehari memiliki fungsi lungs yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum. Air panas juga menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mendorong keluar selaput lendir.

2. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan blackberry tidak hanya enak untuk dimakan. Buah-buahan ini sangat cocok untuk pembersihan alami paru-paru. Juga aman digunakan kapan saja.

Manfaat ini karena tingginya kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu menghilangkan karsinogen dari lungs, mencegah kanker dan mengurangi infeksi paru-paru.

3. Jahe

Jahe dapat menjaga dan membersihkan paru-paru. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membersihkan saluran udara dan membersihkan tubuh dari racun.

Ini membantu menghilangkan racun dari saluran udara. Selain itu, cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak menggunkan jahe juga mengandung kurkumin yang dapat meredakan radang lungs. Dapat dikonsumsi dengan membuat ramuan hangat seperti bumbu jahe.

4. Ikan salmon

Salmon merupakan makanan super yang dapat mencegah kerusakan paru-paru. Ikan salmon juga bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru. Cara alami membersihkan paru-paru dengan mengonsumsi ikan salmon juga sangat mudah digunakan.

Manfaat pembersihan ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang terkait dengan sifat anti-inflamasi di seluruh tubuh. Inklusi lungs dapat mengurangi risiko asma.

Makan salmon secara teratur dikatakan dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Bukan hanya salmon, tetapi makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 termasuk tuna, kacang-kacangan, dan biji rami juga merupakan cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak.

5. Madu

Madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tak heran madu juga biasa digunakan untuk mengeluarkan lendir dari lungs dan mengeluarkannya secara alami.

Sebuah studi tahun 2007 melihat efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas anak-anak. Menurut laporan, anak-anak yang minum madu secara teratur mengalami peningkatan gejala yang signifikan.

Cobalah mengkonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 atau 4 jam. Lakukan ini sampai lendir di dada atau paru-paru Anda lega. Hindari memberikan madu kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena dapat berbahaya bagi anak-anak.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan madu dengan campuran lemon. Campur keduanya dalam air hangat. Dimungkinkan untuk mengatasi iritasi dan penumpukan lendir di tenggorokan dengan menelannya. Saat tertelan, itu juga memperlancar saluran udara.

6. Apel

Apel adalah sumber yang kaya akan antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenat, dan floridin). Dengan bahan-bahan tersebut, apel sangat direkomendasikan sebagai cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak.

Efeknya mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular. Apel kaya akan asam fenolik dan flavonoid, yang dikenal dapat mengurangi peradangan saluran napas, yang merupakan penyebab umum asma dan mengi.

Apel merupakan makanan yang tinggi nutrisi, tinggi energi, tinggi serat dan rendah kalori. Flavonoid dan berbagai vitamin serta antioksidan, terutama vitamin C, membantu tubuh menjaga kesehatan sistem kekebalan dan sistem pernapasan. Saat bernapas sehat, tubuh bisa melawan penyakit lungs dan mencegahnya secara alami.

7. Air Hangat

Cairan hangat tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi tetapi juga mampu mengatasi lendir atau penumpukan lendir di lungs. Cara membersihkan paru-paru ini membantu lendir keluar dari tenggorokan saat batuk.

Selain biasa menggunakan air hangat, Anda bisa merasakan manfaat cairan hangat dalam mengeluarkan lendir dari payudara Anda dengan meminum kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal. Meski demikian, konsumsinya yang berlebihan juga tidak dianjurkan, hanya secukupnya saja.

8. Kacang-kacangan

Kacang mengandung makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan paru-paru. Kacang tanah rendah folat dan dapat membantu menjaga kesehatan lungs Anda.

Kacang yang mengandung folat juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit paru-paru. Berbagai kacang-kacangan dapat dikonsumsi, seperti kacang polong, almond, dll.

9. Olahraga dan Menepuk Dada

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Tidak hanya jantung tetapi juga membantu paru-paru berfungsi lebih baik dan dapat dikatakan sebagai cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak.

Para ahli merekomendasikan pelatihan setidaknya 30 menit sehari, lima hari seminggu. Pilih olahraga yang cukup intens seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Olahraga ini juga cukup bermanfaat bagi perokok.

Hal ini terutama berlaku untuk orang yang telah mengembangkan lendir atau memiliki penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) akibat merokok. Caranya adalah dengan menepuk dada dan punggung dengan posisi berbaring miring untuk mengeluarkan lendir atau slime.

10. Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan membersihkan paru-paru. Cara membersihkan paru-paru secara alami dengan mengonsumsi bawang putih berasal dari kandungan flavonoidnya. Bawang putih juga dapat merangsang produksi enzim yang meningkatkan kemampuan tubuh dan lungs untuk mengeluarkan racun dan karsinogen.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang disebut allicin. Zat ini berguna dalam mencegah asma, melawan infeksi dan mengurangi pneumonia. Terlepas dari sifat antioksidannya, ia memiliki kemampuan untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

11. Uap Panas

Uapnya bisa diandalkan untuk membersihkan paru-paru dengan mengeluarkan lendir. Udara lembab sangat efektif mengencerkan lendir.

Siapkan panci berisi air atau panci, handuk dan air mendidih untuk air biasa. Tutupi kepala Anda dengan handuk, tekan wajah Anda ke air panas dan hirup uapnya.

Selain air putih biasa, Anda bisa mencoba sup herbal hangat atau teh herbal beraroma, seperti aromaterapi, yang bisa membantu meredakan nyeri.

12. Rempah

Pembersihan lungs secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan rempah-rempah. Hal ini karena bumbu ini mengeluarkan lendir dari paru-paru. Rempah-rempah ini termasuk bawang putih, jahe, lemon dan cabai rawit.

Cara menghilangkan lendir di paru-paru dengan bumbu memang aman, tapi tetap perlu konsultasi ke dokter ya. Bumbu yang paling umum digunakan adalah jahe. Jahe dikenal sebagai dekongestan alami.

Ketika jahe dicampur dengan kunyit, campuran tersebut memiliki sifat antiseptik. Sehingga bakteri jahat penyebab peradangan bisa segera dihilangkan. Coba tambahkan jahe dan kunyit ke dalam teh hangat, tambahkan madu jika perlu untuk meningkatkan rasanya.

13. Hindari Rokok dan Polusi

Cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak, harus dimulai dengan menghindari atau berhenti merokok. Menghindari dan berhenti akan membantu mencegah kerusakan paru-paru lebih lanjut.

Bagi perokok pasif, mewajibkan anggota keluarga di rumah atau rekan kerja untuk berhenti merokok. Bahkan jika mereka harus merokok, pergi keluar dan berganti pakaian segera setelah mereka tiba di rumah.

Selain merokok, menghindari polusi udara juga merupakan bagian dari membersihkan paru-paru. Pembersihan paru-paru alami ini terdengar mudah, tetapi olahraga membutuhkan lebih banyak komitmen.

Polusi udara dapat memiliki sejumlah efek buruk pada tubuh manusia, termasuk paru-paru. Hindari berlama-lama di tempat yang padat, seperti tempat parkir, gunakan masker saat keluar, terutama di jalan raya, dan gunakan transportasi umum jika memungkinkan.

14. Mengontrol Batuk

Batuk ialah metode badan menghasilkan toksin yang terperangkap dalam lendir. Mengendalikan batuk pula bisa dicoba buat mensterilkan paru- paru.

Dilansir dari Medical News Today, mengendalikan batuk bisa dicoba dengan duduk dikursi dena bahu santai. Yakinkan kedua kaki rileks serta memegang tanah. Lipat lengan di atas perut, kemudian lama- lama tarik nafas lewat hidung. Lama- lama buang nafas sembari bersandar ke depan serta mendesak lengan ke perut.

Batuk 2 ataupun 3 kali dikala mengembuskan nafas. Posisikan mulut sedikit terbuka serta lambat- laun nafas lewat hidung, rehat serta ulangi seperlunya. Senantiasa terapkan etika batuk serta bersin supaya droplet tan menula kepada orang lain.

15. Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih dapat menolong membuang racun- racun badan yang mengendap, tercantum yang terdapat di dalam paru- paru. Dikala minum banyak air Kamu hendak lebih tertib buang air kecil. Setelah itu, nikotin yang menumpuk pada paru- paru sedikit demi sedikit hendak dikeluarkan oleh badan lewat air kemih.

Melindungi badan senantiasa terhidrasi hendak menolong melenyapkan lendir serta toksin di dalam paru- paru. Tidak hanya itu, minum banyak air pula menolong melindungi kesehatan serta guna organ supaya bisa bekerja dengan optimal.

Inilah informasi tentang cara membersihkan paru-paru agar tidak sesak yang bisa anda coba. Semoga informasi dari kami bermanfaat dan membantu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.